Kompor induksi adalah

Kompor Induksi Adalah, Ini penjelasan Cara Kerja Dan Kelebihannya

Posted on

Kompor induksi adalah salah satu dari jenis kompor listrik yang cara kerjanya tidak menggunakan api untuk memanaskan makanan. Karena itu relatif aman dari bahaya kebakaran. Bukan hanya itu, dengan kompor induksi ruangan dapur pun bisa terlihat lebih bersih.

Jenis kompor listrik induksi ini mulai ramai dibicarakan ketika pemerintah berencana untuk mengganti kompor gas yang selama ini banyak dipakai oleh masyarakat menjadi kompor induksi. Pasalnya, penggunaan gas elpiji yang menjadi bahan bakar kompor gas kian hari membebani APBN pemerintah.

Lalu seperti apa sih kompor induksi tersebut dan apa saja kelebihannya ? Silahkan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Pengertian kompor induksi

Kompor induksi adalah

Kompor induksi adalah termasuk jenis kompor listrik yang menggunakan prinsip induksi magnet untuk memanaskan makanan yang dimasak. Berbeda dengan kompor gas yang masih menggunakan api sebagai sumber panas untuk memasak makanan, pada jenis kompor induksi kita tidak lagi melihat adanya api pada kompor sebagaimana biasanya.

Penggunaannya pun cukup mudah karena tidak memerlukan pemantik api. Operasional kompor induksi sama seperti peralatan elektronika pada umumnya yang menggunakan tombol tombol dan knop untuk mengatur tingkat panas dan durasi panas yang diinginkan.

Pos Terkait:  Cara Menyalakan Kompor Listrik

Dari sisi penampilan, kompor induksi terlihat lebih terkesan mewah dan bersih. Perawatannya pun relatif lebih mudah. Dan yang pastinya kita tidak perlu takut lagi akan bahaya terhadap kebocoran gas.

Cara kerja kompor induksi

meskipun masih termasuk ke dalam kelompok kompor listrik, namun kompor induksi memiliki cara kerja yang berbeda dengan kompor listrik konvensional yang selama ini kita ketahui. Dimana, pada kompor listrik konvensional, pemanasan masakan dilakukan dengan cara memindahkan panas yang dihasilkan oleh elemen pemanas melalui panci atau wajan tempat masak.

Pada jenis kompor induksi, proses pemindahan panas ini tidak terjadi. Bahkan, elemen pemanas yang menjadi sumber panas kompor tidak akan lagi ditemukan pada kompor induksi. Lalu darimana sumber panas tersebut timbul ?

Prinsip kerja kompor induksi adalah dengan cara menghasilkan induksi elektromagentik yang akan menimbulkan panas. Pada kompor induksi terdapat kumparan tembaga yang akan menghasilkan medan elektromagnet saat dialiri arus listrik.

Medan magnet yang terjadi pada kumparan termbaga ini akan mengakibatkan munculnya arus eddy. Arus eddy ini akan bergabung dengan resistensi yang terdapat pada peralatan masak. seperti panci atau wajan khusus, sehingga menghasilkan panas.

Akibatnya adalah peralatan panas tersebut akan memanas yang bisa digunakan untuk memasak makanan atau minuman. Dengan kata lain, kompor melalui kumparan tembaga tersebut akan menginduksi peralatan masak sehingga bisa memanas.

Karena itu, kompor induksi akan tetap dingin karena yang panas yang terjadi hanya pada peralatan masak saja, seperti wajan atau panci tadi.

Pos Terkait:  Berapa Watt Kompor Listrik ? Ini Jawabannya

Perlu Anda ketahui pula, peralatan masak yang digunakan pada kompor induksi harus terbuat dari bahan khusus ferromagnetik, agar dapat menghasilkan arus induksi. Jadi peralatan masak Anda yang terbuat dari stainless steel atau baja ttidak bisa dipergunakan untuk memasak dengan kompor induksi ini. Hal ini berbeda dengan jika Anda menggunakan kompor listrik biasa.

Kelebihan kompor induksi

Setelah Anda mengetahui apa itu kompor induksi dan bagaimana cara kerjanya, selanjutnya admin akan mengulas apa saja kelebihan dari jenis kompor listrik ini. Kelebihan kompor induksi adalah sebagai berikut :

Cara kerja kompor induksi adalah

1. Lebih efektif

Panas yang dihasilkan oleh kompor induksi lebih merata di semua area panci atau wajan. Karena itu proses pematangan masakan menjadi lebih cepat dan lebih baik. Sehingga waktu untuk memasak makanan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kompor biasa selama ini.

2. Lebih aman

Pada pengoperasiannya, kompor induksi tidak melibatkan api untuk memasak makanan. Karena itu bisa relatif lebih aman dari bahaya kebakaran akibat kebocoran gas. Selain itu, sumber panas yang dihasilkan oleh jenis kompor ini pun tidak melibatkan proses pembakaran oksigen seperti pada jenis kompr gas gas. Sehingga kondisi ruangan dapur menjadi lebih bersih dan sehat karena oksigen masih tersedia cukup melimpah di ruangan dapur.

3. Lebih praktis

Dari segi bentuk, kompor induksi terlihat lebih ringkas dan kompak dan dapat dibersihkan dengan mudah. selain itu, kita pun tidak khawatir kehabisan gas saat sedang enak enaknya memasak. Selama aliran listrik di rumah kita tidak padam, kompor listrik masih tetap bisa digunakan dengan lancar.

Pos Terkait:  Berapa Watt Kompor Listrik ? Ini Jawabannya

4. Terdapat pengatur suhu

Pengaturan suhu panas yang dihasilkan oleh kompor induksi lebih mudah dan efisien jika dibandingkan dengan kompor gas. Dimana, pada kompor gas, pengaturan suhu bergantung pada besar kecilnya api pada kompor, sehingga ada kemungkinan terjadi makanan gosong.

Pada kompor induksi, kita dapat menyetel suhu maksimal panas sesuai dengan kebutuhan, sehingga meminimalisir kemungkinan gosong akibat terlampau panas.

5. Peralatan masak tetap bersih

Pada jenis kompor gas, sering kali kita lihat peralatan memasak menjadi kotor menghitam akibat adanya abu atau bekas pembakaran yang menempel. Hal ini tidak terjadi pada kompor induksi. Peralatan masak kita jadi lebih awet dan masih tetap terlihat bersih meski habis dipakai untuk memasak.

6. Desain menarik

Kompor induksi di desain dalam bentuk yang menarik dan mewah. Selain itu, kompor listrik induksi ini dilengkapi pula dengan berbagai fitur yang berguna untuk membantu Anda dalam memasak.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai pengertian dan cara kerja kompor induksi. Kompor induksi adalah salah satu bentuk terosbosan teknologi masa kini yang memungkinkan peralatan dapur bisa dibuat lebih praktis dan aman.

Bagaimana ? Anda tertarik untuk beralih ke kompor induksi setelah mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kompor induksi tersebut ? Semua terserah Anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *