Rangkaian Resistor Campuran Seri Paralel

Posted on

Resistor dapat disususun secara bersama sama dalam jumlah yang banyak dengan konfigurasi rangkaian seri, paralel ataupun rangkaian campuran yang merupakan gabungan dari kedua konfigurasi rangkaian resistor seri dan paralel .

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas bagaimana cara menyusun beberapa resistor sehingga membentuk rangkaian seri resistor atau pun rangkaian paralel resistor. Kita pun telah belajar menggunakan rumus Ohm untuk menghitung besar aliran arus listrik dan tegangan yang melintasi rangkaian resistor tersebut.

Di artikel ini kita akan membahas sebuah bentuk konfigurasi rangkaian resistor baru yang menggabungkan kedua jenis rangkaian resistor yang sudah kita bahas sebelumnya sehingga membentuk suatu rangkaian resistor yang lebih rumit dan kompleks. Selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara menghitung arus listrik dan tegangan yang ada di dalam rangkaian yang kompleks tersebut.

Buat anda yang tertarik ingin mempelajari lebih dalam tentang rangkaian resistor, silahkan melanjutkan membaca artikel ini.

Cara menghitung rangkaian resistor campuran

Jenis konfigurasi rangkaian resistor yang menggabungkan antara rangkaian resistor seri dan paralel dikenal dengan nama rangkaian resistor campuran atau rangkaian resistor seri paralel. Cara menghitung besar hambatan total atau resistor pengganti untuk jenis rangkaian resistor ini pada dasarnya sama saja seperti kita menghitung hambatan total pada rangkaian resistor seri atau paralel secara individu.

Pos Terkait:  Warna Resistor 220 Ohm (Dilengkapi Gambar)

Dimana kita harus lebih dulu mengidentifikasi rangkaian campuran tersebut sehingga bisa dipisahkan antara yang mana rangkaian resistor seri dan mana rangkaian resistor paralel. Agar lebih mudah memahami, silahkan perhatikan contoh rangkaian resistor campuran berikut ini.

Rangkaian resistor campuran

Kalau dilihat sekilas mungkin kita akan sedikit bingung dengan model rangkaian resistor diatas. Namun jika kita perhatikan lebih cermat, kita bisa mengidentifikasi bahwa susunan resistor R2 dab R3 sebenarnya adalah rangkaian seri. Kita bisa menghitung nilai hambatan total dari R2 dan R3 tersebut sehingga kita akan mendapatkan satu buah resistor pengganti yang menggantikan resistor R2 dan R3.

R_2 + R_3 = 10 + 4 = 14 Ω

Jadi sekarang kita mendapatkan sebuah resistor pengganti dari R2 dan R3 yang bernilai hambatan 14 Ohm. Karena R2 dan R3 sudah diganti dengan sebuah resistor pengganti maka bentuk rangkaian ressitor campuran diatas akan terlihat seperti ini dibawah ini :

Rangkaian resistor seri paralel

Kini kita mempunyai resistor pengganti RP yang bernilai hambatan 14 Ohm. Nilai hambatan 14 Ohm ini merupakan nilai hambatan total dari R2 dan R3 pada rangkaian sebelumnya.

Dari gambar rangkaian resistor yang baru diatas, kita lihat terdapat dua buah resistor yang dirangkai secara paralel, yaitu resistor RP dan R4. Selanjutnya, kita bisa mencari nilai hambatan total dari konfigurasi susunan RP dan R4 sehingga bisa dihasilkan satu buah resistor pengganti yang baru.

Pos Terkait:  Harga dan Warna Resistor 10 Ohm

Kita bisa menggunakan rumus hambatan total pada rangkaian resistor paralel untuk mendapatkan nilai resistensi atau hambatan resistor pengganti yang baru.

R_{eq} =\frac{1}{RP} + \frac{1}{R4} = \frac{1}{14} +\frac{1}{12} = 0,15 \\
=\frac{a}{0,15}=  6,7Ω

Jadi sekarang kita punya resistor Req yang merupakan resistor pengganti dari RP dan R4 yang memiliki nilai hambatan sebesar 6,7 Ohm. Sehingga bentuk rangkaiannya pun menjadi seperti di bawah ini :

Rangkaian resistor seri

Rangkaian resistor seri paralel yang kita lihat di awal artikel tadi, kini sudah terlihat lebih ringkas dan hanya menyisakan dua buah resistor R1 dan Req. Jika kita perhatikan, kedua susunan resistor pada rangkaian diatas merupakan konfigurasi rangkaian resistor secara seri.

Karena susunan kedua resistor tersebut (R1 dan Req) terhubung dalam sambungan seri, maka kita bisa menghitung resistor pengganti untuk susunan kedua resistor tersebut.

R_P = R1 + R_{eq} = 2 + 6,7 = 8,7 Ω
Resistor seri

Dengan demikian untuk menggantikan sejumlah resistor pada rangkaian campuran yang kompleks diatas dapat diganti hanya menggunakan satu buah resistor saja. Kemudian kita bisa menghitung besar arus listrik yang mengalir pada rangkaian menggunakan rumus Ohm di bawah ini :

I = \frac{V}{R}= \frac{12}{8,7} = 1,3A

Demikian penjelasan tentang rumus menghitung rangakaian resistor campuran.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *