Kode Warna Resistor 1 Ohm dan Spesifikasinya

Posted on

Kode warna resistor 1 Ohm dan spesifikasi lengkapnya. Resistor merupakan komponen elektronika yang sering digunakan di dalam berbagai perangkat elektronika. Komponen ini diproduksi dalam bentuk dan nilai hambatan yang bervariasi. Salah satunya adalah resistor dengan nilai hambatan 1 Ohm.

Fungsi resistor dengan nilai hambatan 1 Ohm banyak digunakan sebagai pembatas arus yang akan masuk ke rangkaian atau blok sirkuit elektronika. Dengan adanya resistor pembatas arus ini diharapkan tidak terjadi over arus listrik yang dapat menyebabkan kerusakan.

Resistor 1 Ohm tersedia dalam dua jenis yang berbeda berdasarkan kandungan bahan pembuatnya, jenis resistor karbon dan resistor metal film. Resistor karbon lebih banyak ditemukan dan digunakan untuk berbagai keperluan proyek elektronika. Ciri dari resistor karbon biasanya mempunyai 4 gelang warna di tubuhnya.

Sementara resistor dari jenis metal film merupakan resistor yang mempunyai nilai toleransi yang lebih rendah dan tingkat noise yang tinggi. Resistor 1 Ohm metal film biasa digunakan pada sirkuit pembangkit frekuensi radio karena memiliki stabilitas yang baik.

Peringkat daya yang dimiliki jenis resistor ini berkisar antara 1/4 watt hingga 2 watt. Sementara harga yang ditawarkan biasanya antara Rp.300 sampai Rp.1000 tiap satu pcs.

Kode warna resistor 1 ohm

Terkadang cukup sulit untuk menentukan warna resistor 1 Ohm terlebih bagi pemula yang belum begitu hafal kode warna resistor. Karena komponen dengan nilai resistensi 1 Ohm ini memiliki warna yang sedikit membingungkan.

Pos Terkait:  Jenis Resistor dan Fungsinya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, resistor 1 Ohm saat ini diproduksi dalam dua varian yang berbeda, jenis karbon dan metal film. Kedua jenis resistor tersebut memiliki cara jumlah kode warna yang tidak sama.

Resistor karbon mempunyai kode gelang warna 4 buah, sementara resistor jenis metal film memiliki kode gelang warna berjumlah 5 buah. Sehingga ada sedikit perbedaan cara membacanya. Berikut ini adalah rincian kode warna resistor 1 Ohm dalam bentuk gambar dan tabel :

Warna resistor 1 ohm
Jumlah gelang warnaGelang 1Gelang 2Gelang 3 Gelang 4 Gelang 5
4 Gelang warnaCoklatHitamEmas Emas
5 Gelang warnaCoklatHitamHitamPerakCoklat

Spesifikasi dan datasheet

  • Nilai hambatan : 1 Ohm
  • Peringkat daya : 0.25 watt
  • Toleransi : 1 % metal film, 5% karbon
  • Jenis : metal film, karbon
  • Suhu kerja :  -55 – 150° C
  • Koefisien suhu : 100ppm/ ° C
  • Polaritas : non polar

Penggunaan

  • Pembatas arus rangkaian
  • Pembatas arus emitor transistor
  • Menurunkan tegangan
  • Sirkuit audio
  • Sirkuit power amplifier

Demikan penjelasan tentang kode warna resistor 1 Ohm dan data spesifikasinya. Beberapa jenis resistor lainnya adalah : resistor 100 Ohm, 1k Ohm, 10 Ohm dan 0,47 Ohm bisa dilihat pada artikel lainnya.

Pos Terkait:
Pos Terkait:  Cek Harga dan Warna Resistor 10k

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *