Pengertian Band Stop Filter

Posted on

Band stop filter merupakan rangkaian yang berfungsi untuk melemahkan atau memblokir rentang frekuensi tertentu dan meloloskan frekuensi lainnya. Cara kerja band stop filter ini adalah kebalikan dari band pass filter yang sudah kita bahas sebelumnya.

band stop filter dibentuk oleh gabungan dua buah filter frekuensi, yaitu low pas filter dan high pass filter yang terhubung dalam konfigurasi rangkaian paralel. Konfigurasi ini tentu berbeda dengan bentuk konfigurasi band pas filter yang menggunakan koneksi seri dalam menggabungkan rangkaian low pass filter dan high pass filter.

Sama seperti pada filter band pass, pada jenis stop band filter ini mempunyai dua buah titik cut off atau titik batas frekuensi atas dan bawah. Kedua titik ini akan membatasi rentang frekuensi tertentu sehingga dapat menyaring frekuensi dalam rentang tertentu agar diblokir.

stop band filter

Pada gambar diatas menunjukkan diagram karakteristik cara kerja rangkaian stop band filter. Dua titik cut off fc1 dan fc2 merupakan batas frekuensi atas dan bawah sinyal yang masuk ke rangkaian. Rentang frekuensi diantara titik cut off fc1 dan fc2 akan dilemahkan sehingga tidak bisa lolos ke output rangkaiian filter.

Sementara semua frekuensi dari 0Hz hingga ke titik cut off fc1 dan frekuensi diatas titik cut off fc2 akan diloloskan oleh rangkaian filter ini.

Daftar Isi

Rangkaian stop band filter pasif

Contoh bentuk rangkaian filter stop band yang sederhana diperlihatkan pada gambar di bawah ini. Rangkaian filter ini dibangun menggunakan komponen resistor, kapasitor dan induktor, sehingga biasa dikenal dengan nama sirkuit filter RCL.

Pos Terkait:  8 Jenis Induktor dan Fungsinya

Kita tahu bahwa induktor dan kapasitor memiliki karakteristik perilaku yang berbeda ketika dialiri arus listrik. Sinyal input yang dimasukkan ke rangkaian filter akan melintasi induktor dan kapasitor yang terhubung dalam rangkaian seri. Dengan hubungan seperti ini, memungkinkan terjadinya seleksi frekuensi dari sinyal yang masuk.

Rangkaian band stop filter pasif

Induktor dan kapasitor yang menjadi komponen utama dalam memfilter frekuensi akan bertindak seperti saklar yang terbuka dan tertutup merespon frekuensi yang melewatinya.

Ketika arus dengan frekuensi rendah memasuki induktor, maka induktor akan berperilaku seperti saklar dalam kondisi tertutup sehingga arus tersebut akan diloloskan. Namun perilaku berbeda ditunjukkan oleh kapasitor, dimana ketika arus dengan frekuensi rendah memasukinya, maka kapasitor akan berada dalm kondisi seperti saklar terbuka. Sehingga aliran arus listrik yang berfrekuensi rendah tidak bisa melewati kapasitor.

Sebaliknya, kapasitor hanya bisa dilewati oleh arus dengan frekuensi tinggi. Batas frekuensi rendah dan frekuensi tinggi yang bisa diloloskan oleh induktor dan kapasitor ditentukan oleh nilai dari kedua komponen tersebut.

Perilaku induktor dan kapasitor saat merespon frekuensi yang memasukinya ini efektif untuk menciptakan filter yang dapat menahan arus listrik dengan rentang frekuensi tertentu.

Penggunaan band stop filter

  • Dalam teknologi telepon, filter ini digunakan untuk mengurangi tingkat derau atau noise pada saluran telepon dan teknologi layanan internet DSL. Jenis filter ini akan membantu menghilangkan intterfensi frekuensi pada saluran yang akan mengurangi kinerja DSL.
  • Filter stop band banyak digunakan dalam amplifier atau penguat audio gitar listrik. Sebenarnya gitar elektrik yang kita petik menghasilkan suara ‘hum’ pada frekuensi 60 Hz. Dengan menggunakan filter ini kita dapat mengurangi suara dengung tersebut. Sehingga amplifier hanya akan memperkuat sinyal yang dihasilkan oleh gitar saja dan menjadikan membuat peralatan lebih baik. Sistem filter ini juga digunakan pada beberapa aplikasi instrument akustik lainnya.
  • Dalam sistem komunikasi elektronika, sinyal komunikasi dapat terdistorsi karena beberapa gangguan dari gelombang harmonis yang bisa menyebabkan sinyal asli terganggu oleh sinyal lain sehingga menyebabkan kesalahan pada gelombang output. Filter ini digunakan untuk menghilangkan gelombang harmonis yang tidak diinginkan tersebut.
  • Filter band stop digunakan untuk mengurangi gangguan sinyal statis pada radio yang biasa digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.
  • Jenis filter ini juga digunakan pada teknologi komunikasi Optik. Pada ujung serat optik terkadang ada beberapa frekuensi cahaya yang mengganggu sehingga mendistorsi berkas cahaya. Distorsi ini dapat dihilangkan dengan filter band stop. 
  • Dalam pemrosesan gambar dan sinyal, filter ini sering digunakan untuk menghilangkan nosie yang mengganggu.
  • Filter ini digunakan dalam perangkat sistem audio berkualitas tinggi seperti sound sistem lapangan.
  • Banyak juga digunakan pada instrument peralatan elektronika bidang medis, misalnya pada perangkat ECG untuk menghilangkan noise.
Pos Terkait:  Pengertian dan Cara Kerja Induktor

Demikian penjelasan tentang pengertian dan cara kerja dari band stop filter.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *