Frekuensi K Vision Ku Band : Update Desember 2022

Posted on

Hingga saat ini frekuensi k vision ku band masih tetap berada di transponder satelit measat 3a milik Malaysia. Di satelit ini, k vision tetap menggunakan dua unit transponder untuk mentransmisikan frekuensi siarannya ke seluruh wilayah di Indonesia.

Kualitas sinyal milik k vision terbilang cukup besar sehingga mudah sekali diterima meskipun menggunakan antena parabola mini dengan ukuran yang paling kecil 45cm. Asalkan anda sudah tahu arah satelit k vision, maka dengan cepat anda bisa mendapatkan frekuensi siaran k vision dengan mudah.

Bagi anda yang belum tahu frekuensi transponder k vision ku band, artikel berikut ini akan memberikan informasi frekuensi k vision terbaru dan cara tracking untuk mendapatkan siaran k vision.

Baca Juga : Transponder k vision ku band terbaru

Frekuensi transponder k vision ku band

Selain memiliki frekuensi siaran ku band, k vision juga menyiarkan siarannya melalui frekuensi c band yang ada di satelit telkom 4.

Silahkan baca artikel tentang : Frekuensi siaran k vision c band untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Frekuensi k vision ku band

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, k vision menggunakan 2 unit transponder measat 3a untuk menyebar luaskan siarannya. Kedua transponder tersebut mempunyai frekuensi yang berbeda dan memiliki susunan channel sendiri.

Sebagian channel yang ada di transponder k vision ku band bisa dinikmati secara gratis. Namun khusus untuk channel premium, anda harus berlangganan paket k vision agar bisa mengaksesnya.

Jangan lupa untuk isi saldo k vision Anda lebih dulu sebelum membeli paket k vision yang diinginkan.

Pos Terkait:  Paket K Vision Gol 2023 Terbaru

Silahkan Baca :

Berikut ini data frekuensi transponder k vision yang ada di satelit measat 3a yang di dapat dari situs lyngsat.com :

Frekuensi transponder k vision 12396 H 31000

Frekuensi Transponder12396
PolaritasHorizontal ( H )
Symbol Rate31000
SystemDVB-S2
FEC2/3
Tipe FrekuensiKu Band
Frekuensi LNBUniversal
ChannelFox Indonesia
Fox Live
National Geographic
Kids TV
Fox Movies
Fox Crime Asia
National Geo. Wild
Fox Sport Asia
Fox Family Movies
Fox Sports 3
Fox Sports 2
Fox Action Movies
RCTI
Bein Sports 1
Bein Sports 2
Fight Sport
On Channel
Vision Prime
My Kidz
My Cinema
My Family
Soccer Channel
Rock Extreme
Rock Entertainment
Zoo Moo Asia
Nick Jr
MTV
MTV Live
Nickelodeon
Zee Bioskop
Celestial Movies Indonesia
Celestial Classic

Frekuensi transponder k vision 12436 H 31000

Frekuensi12436
PolaritasHorizontal ( H )
Symbol Rate31000
SystemDVB-S2
FEC2/3
Tipe FrekuensiKu Band
Frekuensi LNBUniversal
ChannelSCTV
Indosiar
Trans 7
Trans TV
ANTV
NET TV
Rajawali TV
Kompas TV
Metro TV
TV ONE
TVRI
Bali TV
JTV
Da Ai TV
Reformed TV
TV MU
TV 9 Nusantara
Qur an TV
RCTI
MNC TV
INews
GTV
MNC Sport
Cahnnel Dangdut
OK TV
Muslim TV
M Shop TV
HBO Asia
HBO Hits
Cinemax Asia
Life TV
IDX Channel
Music Information

Arah satelit k-vision ku band terbaru 2022

Saat ini arah satelit k vision berada di garis bujur 91.4°E. Posisi koordinat ini berada di sebelah barat pulau Sumatera. Jadi kita harus mengarahkan antena parabola ke arah barat agar dapat menerima frekuensi k vision ku band.

Pos Terkait:  5 Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang

Sudut kemiringan atau elevasi disk antena parabola untuk tiap daerah berbeda beda. Hal ini tergantung letak daerah tersebut.

Dimana, semakin ke timur posisi daerah Anda, maka sudut elevasi disk antena parabolanya akan semakin kecil. Karena itu tidak ada patokan pasti sudut kemiringan antena parabola untuk tiap lokasi.

Cara pasang parabola mini k vision

Dibandingkan dengan jalur frekuensi c band, kebanyakan pelanggan k vision memakai frekuensi ku band untuk mendapatkan siaran k vision. Ini dikarenakan, frekuensi k vision ku band mudah didapatkan meskipun hanya menggunakan parabola mini saja.

Agar bisa menerima sinyal k vision ku band, Anda tidak perlu menggunakan parabola yang besar. Cukup dengan disk parabola ukuran 45cm, sudah bisa menangkap sinyal k vision dengan baik. Namun hal itu tentu saja harus dilakukan pemasangan parabola mini k vision dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips cara pasang parabola mini k vision yang benar :

  • Pastikan posisi pemasangan disk parabola mini mudah dijangkau dan tidak terganggu oleh pohon atau bangunan tinggi.
  • Pastikan Anda memasang tiang penyangga disk dengan kuat dan tegak lurus.
  • Setelah tiang parabola terpasang dengan kuat dan lurus, selanjutnya Anda bisa mulai merakit disk parabola.
  • Rakit disk parabola mini k vision dengan benar, kemudian pasang lnb dan kabel antena parabola.
  • Pastikan Anda memasang dengan kuat konektor kabel antena ke lnb agar air hujan tidak mudah masuk.
  • Setelah dirakit, mulai pasang parabola mini k vision ke tiang penyangganya. Baut dan mur penyetel sudut jangan dikencangkan untuk memudahkan pengaturan sudut disk parabola.
  • Setelah disk parabola mini terpasang dengan baik selanjutnya Anda bisa mulai tracking mengarahkan disk parabola untuk menerima frekuensi k vision ku band yanga ada di measat 3a.
Pos Terkait:  Review K Vision Nex parabola

Jika belum memahami cara memasang parabola ku band, silahkan baca artikel tentang Cara pasang parabola mini k vision. Di artikel tersebut menjelaskan panduan memasang antena parabola untuk pemula.

Di bawah ini merupakan trik cara tracking mencari sinyal frekuensi k vision ku band dengan mudah dan cepat. Namun, sebelum itu, pastikan Anda sudah memahami cara pasang parabola k vision ku band. Pemasangan antena parabola ku band yang benar akan memudahkan kita saat tracking sinyal.

Cara tracking k-vision ku band

Sebelum melakukan tracking atau menentukan arah disk antena parabola yang tepat, anda harus lebih dulu mensetting pengaturan receiver dengan benar. Jika belum ada satelit k vision atau satelit measat 3a pada daftar satelit receiver anda, maka Anda mesti menambahkannya lebih dulu.

Jika sudah ada satelit k vision, selanjutnya anda menambahkan frekuensi transponder k vision ke dalam daftar transponder di satelit k vision atau measat 3a yang baru ditambahkan. Data frekuensi transponder kepunyaan k-vision dapat dilihat pada tabel diatas.

Pengaturan receiver yang yang benar ditandai dengan munculnya level pada indikator intensitas sinyal. Jika intensitas sinyal belum muncul, maka anda harus memeriksa kembali pengaturan receiver dan sambungan receiver ke lnb parabolanya.

Pengaturan frekuensi k vision ku band

Gambar diatas menunjukkan pengaturan frekuensi transponder dan antena parabola sudah benar.

Bila semua pengaturan sudah benar, selanjutnya kita bisa mulia tracking frekuensi k vision ku band di satelit measat 3a.

  • Pertama pastikan tiang parabola sudah terpasang dengan kuat dan tegak lurus
  • Arahkan konektor lnb ke barat atau selatan
  • Posisikan arah disk parabola tepat ke arah barat
  • Gerakkan secara perlahan disk ke atas sambil melihat indikator kualitas sinyal
  • Jika sudah terlihat ada sinyal pada indikator kualitas sinyal, atur arah disk perlahan lahan ke atas – bawah atau kanan – kiri sampai di dapatkan level kualitas sinyal maksimal lebih dari 65%
  • Bila sinyal yang didapat sudah maksimal, kencangkan baut baut penyetel kemudian lakukan blind scan

Frekuensi LNB K Vision Ku band

Frekuensi lnb k vision ku band berbeda dengan frekuensi c band. Karena itu sebelum melakuan tracking Anda mesti tahu lebih dulu berapa frekuensi lnb ku band milik km vision. Karena jika tidak, maka Anda tidak akan berhasil menerima siaran k vision ku band.

Frekuensi lnb merupakan besaran frekuensi resonansi yang dimiliki oleh modul penngolah sinyal yang ada di dalam lnb. Frekuensi lnb ku band k vision sendiri adalah universal atau 9750 – 10600.

Sementara itu, untuk frekuensi lnb c band dan s band adalah 5150.

Demikian informasi frekuensi k vision ku band terbaru dan cara tracking untuk mendpatkannya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Pos Terkait:

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *