Cara Setting Frekuensi LNB Parabola

Penulis : Update Terakhir : 20/03/2022 Waktu Baca : 1 Menit

Saat hendak tracking sinyal satelit parabola, Anda tidak boleh salah dalam memasukkan settingan frekuensi lnb parabola. Karena jika settingan frekuensi tidak tepat, maka perangkat parabola Anda tidak akan bisa menerima frekuensi satelit.

Meskipun cukup mudah dilakukan, namun nyatanya masih banyak pengguna parabola pemula yang belum mengerti cara mengatur frekuensi knb sesuai dengan jenis frekuensi siaran yang akan diterimanya. Akibatnya, mereka tidak pernah berhasil menangkap siaran tv parabola yang dituju.

Agar Anda tidak melakukan kesalahan saat memasang parabola mini baru, terutama ketika memasukkan frekuensi lnb, silahkan baca penjelasaanya pada artikel ini.

Pengertian frekuensi lnb

LNB atau Low Noise Block merupakan salah satu bagian yang terpasang pada antena parabola. Fungsi dari komponen parabola ini adalah untuk menerima sinyal yang dipantulkan oleh dish parabola. Terdapat 3 macam lnb parabola yang sering digunakan pada antena parabola berdasarkan frekukensi kerjanya : lnb ku band, c band dan s band.

Jika Anda ingin menerima siaran tv satelit yang berada pada jalur ku band, maka jenis lnb parabola yang dipakai harus tipe lnb ku band. Begitu pun jika hendak menangkap siaran parabola c band, maka Anda harus membeli lnb tipe c band.

Masing masing lnb memiliki karakteristik dan frekuensi kerja yang berbeda. Karena itu Anda harus menggunakan lnb sesuai dengan jenis frekuensi tv parabola yang hendak ditangkap.

LNB parabola tidak dapat digunakan untuk menerima semua jenis frekuensi yang dipantulkan oleh dish parabola. Hanya frekuensi satelit yang sesuai dengan range kerjanya saja yang akan diterima dan diolah untuk diteruskan ke receiver parabola.

Cara setting lnb

Cara setting frekuensi lnb parabola untuk semua jenis receiver hampir sama saja. Letak menu pengaturannya terdapat pada menu pengaturan antena.

Yang membedakan adalah jenis frekuensi yang harus dimasukkan harus sesuai dengan frekuensi satelit yang akan diterima.

Untuk frekuensi satelit C band, Anda dapat memilih frekuensi 5150 pada pengaturan menu. Sementara untuk jenis frekuensi ku band bisa memakai frekuensi Universal atau 9750/10600.

Setting frekuensi lnb parabola
Contoh setting frekuensi lnb c band

Berikut cara memasukkan settingan frekuensi pada receiver :

Setting lnb c band

  • Tekan menu pada remote receiver.
  • Pilih menu instalasi
  • Pilih menu pengaturan antena.
  • Pilih frekuensi 5150.
  • Simpan pengaturan

Setting lnb ku band

  • Tekan menu pada remote receiver.
  • Pilih menu instalasi
  • Pilih menu pengaturan antena.
  • Pilih frekuensi 9750/10600 atau Universal.
  • Simpan pengaturan.

Lihat Juga