Prinsip Kerja Antena Parabola TV Satelit

Posted on

Pemahaman sobat yang mendalam tentang prinsip kerja antena parabola sangat berguna ketika memperbaiki gangguan yang terjadi pada tv parabola. Karena dari pengalaman, kerusakan tv parabola lebih sering terjadi pada antena parabolanya. Mungkin karena letaknya diluar sehingga rentan terpengaruh oleh cuaca.

Antena parabola adalah salah satu jenis antena yang memiliki daya penguatan sinyal yang tinggi. Sehingga tidak heran banyak digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal radio diberbagai bidang. Bukan hanya digunakan di rumah  untuk menerima sinyal satelit, namun juga dipakai oleh penyedia jasa telekomunikasi sebagai media pengirim dan penerima sinyal.

Bentuk dari antena type parabola berupa lingkaran cekung dengan diameter bermacam macam dari yang hanya beberapa feet hingga puluhan feet. Ukuran parabola yang banyak digunakan pada rumah untuk tv satelit biasanya berkisar antara 6 feet sampai 8 feet. Walaupun ada juga yang memiliki antena parabola dengan ukuran diameter disk lebih dari 9 feet.

Bagaimana Prinsip Kerja Dari Antena Parabola ?

Meskipun mempunyai ukuran diameter piringan berbeda, namun prinsip kerja dari antena parabola menggunakan cara yang sama. Yaitu memantulkan frekuensi radio yang diterimannya menuju ke titik fokus. Pada titik fokus ini dipasang sebuah perangkat yang dapat menerima frekuensi radio. Perangkat ini disebut sebagai Low Noise Block (LNB).

Pos Terkait:  6 Cara Memasang Antena Parabola Yang Baik Dan Benar
Prinsip kerja antena parabola

Karena bentuk piringan antena parabola adalah bulat cekung, maka prinsip kerjanya mengikuti hukum pantulan. Dimana sinyal yang datang sejajar akan dipantulkan ke melalui titik fokus. Dan sinyal yang datang melalui titik fokus akan dipantulkan sejajar.

Dengan cara kerja seperti ini, parabola memiliki daya penguatan yang besar terhadap sinyal. Maka tidak heran sinyal satelit yang lemah karena posisi satelit yang jauh diatas bumi mampu diterima dengan baik oleh antena.

Konsekuensi dari cara kerja parabola yang memantulkan sinyal yang datang ke satu titik fokus mengharuskan kita agar dengan tepat memasang LNB pada titik fokus piringan parabola. Bila bergeser sedikit saja maka akan dapat mengurangi kekuatan sinyal dari satelit.

Kelebihan Antena Parabola

  • Mempunyai penguatan sinyal yang tinggi. Bentuk yang bulat cekung merupakan kelebihan dan ciri tersendiri dari antena parabola. Dengan bentuk yang seperti ini parabola mampu mengumpulkan sinyal yang kecil kemudian dipantulkan ke satu titik sehingga sinyal yang lemah dapat menjadi kuat ketika ditangkap oleh LNB.
  • Fokus pada satu area. Bentuk piringan parabola yang cekung menyebabkan antena mempunyai satu area tertentu dalam menangkap sinyal sehingga lebih mengurangi gangguan dari sinyal frekuensi dari arah lainnya.
  • Dapat digunakan di sembarang tempat. Pada daerah pelosok yang tidak terjangkau oleh siaran TV terestial sering menggunakan antena jenis parabola untuk mendapatkan siaran TV melalui satelit.
Itulah penjelasan tentang prinsip kerja antena parabola dalam menangkap frekuensi gelombang satelit. Dengan memahami cara kerja dari antena parabola tersebut sebenarnya kita bisa bereksperimen menggunakan bahan bahan disekitar kita untuk membuat antena parabola.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *