Cara Memasang LNB Parabola C Band

Posted on

Tutorial cara memasang lnb parabola c band РKetika akan memasang LNB parabola sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar agar  memudahkan kita ketika melakukan tracking satelit. Lnb pada parabola berfungsi untuk menerima sinyal yang dipantulkan oleh jaring parabola. Sinyal ini nantinya akan diolah dan ditransmisikan ke receiver melalui kabel antena.

Di dalam Lnb terdapat dua pasang antena tembaga kecil yang digunakan untuk menangkap sinyal dengan dua polaritas yang berbeda. Polaritas horisontal dan vertikal. Cara memasang LNB parabola yang tepat akan memastikan kedua antena kecil itu bisa menerima sinyal parabola dengan baik.

Kesalahan dalam mengarahkan polaritas dari antena kecil di dalam LNB ini akan berpengaruh pada penerimaan frekuensi sinyal satelit. Karena itu diperlukan pemasangan lnb dengan sudut yang tepat agar mempermudah kita saat melakukan pencarian sinyal satelit.

Tahapan Cara Memasang LNB Parabola

Beberapa tahapan langkah harus diperhatikan untuk memastikan  LNB parabola yang kita pasang dapat berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memasang LNB C band.

Menentukan Arah Titik Nol

Saat memasang LNB parabola C band, posisikan titik angka 0 (nol) yang terdapat pada bagian atas LNB ke arah barat. Untuk mencari arah barat yang tepat bisa menggunakan kompas agar lebih akurat.

Pos Terkait:  Posisi Satelit Telkom 4 Saat Ini

Pada pemasangan LNB yang lebih dari satu dalam satu disk parabola, secara prinsip titik nol harus tetap mengarah ke barat. Namun jika tidak memungkinkan, titik angka nol bisa saja menghadap ke arah timur. Yang penting titik nol harus sejajar dengan garis arah barat – timur.

Jarak antar LNB pada parabola yang memasang LNB lebih dari satu akan berlainan. Hal ini tergantung dari luas diameter piringan parabola dan satelit mana yang akan dituju. Karena itu untuk pembahasan jarak LNB akan di ulas pada artikel tersendiri. Lihat panduan cara memasang 2 LNB parabola yang benar bila ingin menggunakan dua buah LNB pada parabola kalian.

Mengatur Kedalaman LNB

Selain memastikan titik nol agar mengarah ke barat dengan tepat, perlu juga diperhatikan kedalaman LNB pada scalar ring . Karena kedalaman LNB juga akan berdampak pada kekuatan sinyal yang ditangkap. Scalar ring adalah bracket atau dudukan LNB yang berbentuk datar dengan beberapa sekat di bagian bawahnya.

Fungsi dari scalar ring selain untuk memegang LNB pada titik tengah parabola, juga sebagai peredam sinyal yang tidak diperlukan agar tidak tertangkap oleh LNB. Pada parabola dengan type prime fokus, scalar ring berbentuk datar dengan beberapa sekat di bawahnya. Sekat sekat inilah yang berfungsi untuk melemahkan sinyal yang tidak diperlukan tadi.

Pos Terkait:  6 Cara Memasang Antena Parabola Yang Baik Dan Benar

Posisi kedalaman LNB yang tepat tiap parabola akan berbeda. Biasanya tergantung dari luas ukuran diameter parabola yang dipakai. Besar nilai kedalaman LNB berkisar dari angka 32 sampai 42. Cobalah untuk mengubah posisi kedalamannya sehingga didapatkan kekuatan sinyal yang maksimal. Di tahap awal pemasangan bisa ditetapkan pada angka 38 dulu.

Pada beberapa merk LNB sering disertakan kabel ground untuk menghubungkan konektor LNB dengan ground. Kita harus memasang kabel ground ini dan menempelkannya pada scalar ring menggunakan baut.

Kabel ground ini berguna untuk menangkal loncatan listrik dari petir agar tidak menyambar masuk ke rangkaian LNB. Karena dapat merusakkan komponen yang ada di dalamnya.

Jika sudah selesai memasang LNB parabola, jangan lupa untuk melindungi LNB dari air hujan supaya terhindar dari kerusakan akibat air yang masuk ke dalam rangkaian.

Oke sobat tracker, itulah sedikit tips tentang cara yang benar memasang LNB parabola C band. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *