Rumus mencari tegangan primer

Rumus mencari Tegangan Primer Trafo (Tegangan Input Trafo)

Posted on
Rumus mencari tegangan primer

Contoh soal rumus mencari tegangan primer trafo. Trafo atau transformator adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan induksi. Tegangan induksi tersebut dihasilkan dari lilitan sekunder trafo.

Tegangan induksi pada trafo sering juga disebut sebagai tegangan sekunder karena berasal dari lilitan atau kumparan sekunder. Sementara tegangan yang diberikan pada kumparan primer disebut sebagai tegangan primer.

Tegangan induksi yang dihasilkan oleh trafo bisa lebih besar atau lebih kecil dari tegangan primer yang diberikan pada trafo. Karena itu terdapat trafo step up dan trafo step down.

Trafo step up adalah trafo yang menghasilkan tegangan induksi pada lilitan sekunder lebih besar dibandingkan dengan tegangan primer. Sedangkan trafo step down adalah trafo yang menghasilkan tegangan sekunder lebih kecil dari tegangan primer.

Apa itu tegagan primer trafo ?

Trafo merupkaan sebuah perangkat induktor yang selalu berhubungan dengan tegangan. Perlu Anda ketahui, jenis tegangan yang menginduksi pada trafo merupakan tegangan AC atau tegangan bolak balik.

Pos Terkait:  Gambar Skema Trafo Dan Cara menghitungnya

Trafo mempunyai 2 sisi kumparan yang dikenal dengan nama kumparan primer dan sekunder. Kumparan primer trafo digunakan sebagai kumparan input tegangan AC. Kumparan ini terhubung dengan sumber tegangan AC yang akan dinaikkan atau diturunkan voltasenya.

Sementara kumparan sekunder merupakan kumparan pada trafo yang menghasilkan tegangan output atau tegangan induksi. Tegangan yang dikeluarkan oleh kumparan sekunder trafo pun masih berupa tegangan AC.

Perbedaan tegangan yang dihasilkan oleh trafo bisa dicari menggunakan rumus trafo. Berikut ini penjelasan cara mencari tegangan input trafo dan menghitung tegangan output trafo.

Rumus mencari tegangan primer dan sekunder trafo

Untuk mencari besar tegangan primer dan sekunder pada trafo dapat menggunakan rumus trafo sebagai berikut :

\frac{V_P}{V_S}= \frac{N_P}{N_S}

Dimana :

  • NP = Jumlah lilitan primer
  • NS = Jumlah lilitan sekunder
  • VP = Tegangan primer
  • VS = Tegangan sekunder

Dari rumus diatas dapat dibuat rumus sebagai berikut :

Rumus mencari tegangan input trafo (tegangan primer)

V_P= \frac{V_S \times N_P}{N_S}

Cara menghitung tegangan output trafo (tegangan sekunder)

V_S= \frac{N_S \times V_P}{N_P}

Contoh soal perhitungan

Contoh soal rumus mencari tegangan primer trafo

Hitung berapa tegangan primer trafo jika tegangan sekunder terukur sebesar 12V dengan jumlah lilitan primer dan sekunder masing masing adalah 120 dan 30 lilitan ?

Pos Terkait:  Trafo Step Down : Rumus, Fungsi dan Contohnya

Jawab :

\frac{N_P}{N_S}= \frac{V_P}{V_S} \\ 
\frac{120}{30} = \frac{V_P}{12} \\
V_P = \frac{120 \times 12}{30} = 48 V

Jadi besar tegangan primer trafo tersebut adalah 48V

Contoh soal rumus mencari tegangan sekunder trafo

Hitung berapa tegangan sekunder trafo apabila tegangan primer trafo sebesar 220V sedangkan perbandingan lilitan primer dan sekunder adalah 40 dan 90 lilitan ?

Jawab

\frac{N_P}{N_S}= \frac{V_P}{V_S} \\ 
\frac{40}{90} = \frac{220}{V_S} \\
V_S = \frac{220 \times 90}{40} = 495 V

Jadi tegangan pada sekunder trafo adalah 495 V.

Demikian penjelasan tentang rumus mencari tegangan primer trafo. Pada dasarnya, masing masing kumparan pada trafo dapat bertindak sebagai kumparan primer dan sekunder. Dengan kata lain, trafo dapat bertindak sebagai penurun tegangan dan menaikkan tegangan.

Sehingga yang dijadikan patokan adalah pada kumparan mana Anda menghubungkan sumber tegangan, maka kumparan tersebutlah yang menjadi kumparan primer. Sedangkan kumparan yang lainnya menjadi kumparan primer.

Adapun tegangan induksi yang dihasilkan dapat dicari menggunakan rumus diatas yang sudah kita bahas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *