Fungsi elco

Fungsi Elco Pada Sirkuit Elektronika

Posted on
Fungsi elco

Fungsi elco pada rangkaian eletronika bukan cuma sebagai peredam riak gelombang pada arus DC saja, namun lebih dari itu, elco mempunyai beberap fungsi. Hal ini berkaitan dengan karakteristiknya yang dapat menyimpan energi listrik dan mampu melewatkan arus AC.

Dengan kata lain fungsi elco tergantung dari tujuan dan penempatan elco pada sirkuit elektronika.

Apa itu elco ?

Elco atau Electronic Condensator merupakan termasuk salah satu jenis komponen pasif elektronika. Komponen ini sering juga disebut dengan nama elko, singkatan dari Elektrolit Kondensator.

Elco adalah jenis kapasitor yang terbuat dari bahan inti berupa caira elektrolit. Secara umum, fungsi elco adalah untuk menyimpan energi listrik selama waktu tertentu.

Untuk informasi lebih jelas tentang kapasitor, Anda bisa membaca pada artikel fungsi kapasitor.

Fungsi elco

Berikut ini penjelasan fungsi elco yang umum digunakan pada berbagai rangkaian elektronika.

1. Fungsi elco pada amplifier

Amplifier merupakan rangkaian yang berfungsi untuk menguatkan sinyal listrik menjadi beberapa kali lipat dari sinyal aslinya. Komponen utama amplifier umumnya berupa komponen aktif, seperti transistor, kosfet atau IC.

Pos Terkait:  Cara Mengukur Kapasitor Mesin Cuci

Pada rangkaian amplifier, penggunaan elco mempunyai beberapa fungsu sebagai berikut :

  • Sebagai couple antar blok penguat. Elco sering digunakan sebagai couple atau penghubung antara 2 blok penguat sinyal.
  • Sebagai by pass. Elco yang digunakan sebagai by pass sinyal AC biasanya terpasang pada jalur power supply. Fungsinya adalah untuk meredam raik gelombang AC yang tidak diinginkan.

2. Fungsi elco pada speaker

Fungsi elco pada speaker adalah sebagai penyaring frekuensi audio yang diinginkan. Jenis elco yang digunakan pada speaker adalah non polar.

Salah satu karakteristik elco atau kapasitor secara umum adalah mampu melewatkan sinyal AC. Frekuensi sinyal AC yang bisa dilewatkan oleh elco dipengaruhi oleh nilai kapasitansi elco.

Silahkan baca artikel perhitungan kapasitor untuk speaker agar lebih memahami fungsi elco untuk speaker.

3. Pada lampu led

Fungsi elco pada lampu led adalah untuk menghaluskan arus DC yang digunakan untuk memberikan tegangan pada lampu led. Dengan adanya elco, tegangan supply DC menjadi lebih stabil.

4. Pada aki motor

Pad aki motor, elco digunakan sebagai kapasitor bank untuk menampung energi listrik dan membantu sirkuit kelistrikan motor. Elco pada kotor akan membuat aki motor tidak cepat rusak karena kebutuhan energi listrik yang mendadak pada saat motor distarter.

Pos Terkait:  Fungsi dan Pengertian Kapasitor

5. Pada power supply

Pada rangkaian power supply atau adaptor, elco seakan menjadi komponen yang wajib ada. Elco pada power supply ini adalah untuk meredam munculnya riak gelombang AC pada arus listrik DC yang dihasilkan dari sistem penyearah arus AC.

Riak gelombang AC yang ada pada arus DC dapat menyebabkan gangguan sinyal. Kondisi gangguan ini akan terasa pada rangkaian penguat audio yang berupa suaran dengung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *