Transistor BC547 : Persamaan dan Fungsinya Upadate Terbaru

Posted on

Persamaan transistor BC547 dan fungsinya. Transistor BC547 adalah transistor jenis NPN yang umum kita temukan pada berbagai sirkuit elektronika. Fungsi transistor ini biasanya digunakan pada sistem penguat sinyal dan sirkuit switching.

Biasanya kita dapat mengganti transistor BC547 dengan beberapa jenis transistor NPN lainnya yang memiliki tingkat penguatan rendah, misanya C828 atau C945. Hanya saja, harus diperhatikan posisi kaki transistor pengganti tersebut agar tidak tertukar.

Harga transistor BC547 di beberapa toko komponen elektronika online tidak sampai Rp.1000 satu buah. Sementara untuk harga di tingkat toko elektronika biasa mungkin akan bervariasi. Namun rata rata mempunyai harga yang relatif murah.

Pembahasan lengkap tentang karakteristik dan penggunaan jenis transistor ini akan dijelaskan di bawah ini.

Karakteristik dan cara kerja transistor BC547

BC547 merupakan salah satu jenis transistor tipe NPN, dimana kaki kolektor – emitor akan terbuka ketika kaki basis transistor terhubung ke ground atau dibiaskan terbalik, dan akan tertutup ketika kaki basisnya diberikan sinyal atau bias maju.

Pos Terkait:  Daftar Pengganti Transistor A1023 TV Polytron

Dengan kata lain, kita dapat mengaktifkan transistor jenis ini dengan cara memberikan bias tegangan maju pada kaki basisnya. Pengaturan pemberian bias pada kaki basis ini akan mengendalikan aliran arus pada kolektor – emitor.

Tingkat penguatan atau gain dari transistor dengan tipe BC547 ini adalah sebesar 110 hingga 800 kali. Meskipun mempunyai tingkat penguatan yang cukup tinggi, namun arus maksimum yang dapat mengalir pada kaki kolektornya hanya sebesar 100mA saja.

Karena itu daya yang dihasilkan oleh transistor ini terbilang cukup rendah, sehingga sering difungsikan sebagai penguat pre amp penguat audio.

Perhatikan agar anda tidak memberikan beban arus yang melebihi batas maksimum arus kolektor transistor ini, karena dapat menyebabkan kerusakan pada komponen ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pengendalian penguatan transistor diatur dengan pemberian bias maju pada kaki basis transistor. Arus maksimum bias maju yang dapat dialirkan ke basis transistor BC547 adalah sebesar 5 mA.

Ketika kita memberikan bias arus secara maksimum pada kaki basis transistor, maka transistor tersebut akan berada dalam kondisi saturasi. Sehingga kolektor – emitor akan terhubung secara penuh.

Kondisi ini memungkinkan terjadinya aliran arus listrik pada kolektor – emitor secara maksimum, yaitu sebesar 100mA. Sementara jika kita menghubungkan kaki basis ke ground, maka transistor akan cut off dan hubungan kolektor – emitor menjadi terbuka. Sehingga tidak terjadi aliran arus pada kolektor – emitor.

Pos Terkait:  Info Persamaan Transistor 2N2004 Paling Lengkap

Fungsi transistor BC547 sebagai saklar

Jika kita menginginkan transistor BC547 sebagai saklar, maka kita harus mengoperasikan transistor ini agar berada dalam kondisi saturasi dan cut off.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kondisi saturasi transistor dapat dicapai dengan cara memberikan bias maju secara penuh ke kaki basis transistor. Sementara untuk mengkondisikan transistor agar cut off dilakukan dengan cara memberikan bias balik pada kaki basis transistor.

Harus diingat bahwa arus maksimum yang dapat diberikan pada kaki basis transistor ini adalah 5 mA. Jadi kita harus membatasi aliran arus untuk bias basi agar tidak melampaui batas maksimal arus basis (IB).

Fungsi transistor BC547 sebagai penguat

Sebuah transistor akan beroperasi ketika dia berada di dalam kondisi aktif. Kondisi aktif transistor adalah kondisi kerja transistor diantara kondisi saturasi dan cut off. Pada kondisi ini transistor dapat berperan sebagai penguat tegangan maupun arus listrik.

Ada beberapa konfigurasi rangkaian transistor sebagai penguat :

  1. Penguat Common emitter
  2. Penguat Common colektor
  3. Penguat Common base

Dari ketiga jenis konfigurasi penguat diatas, rangkaian penguat common emitter lebih banyak digunakan, karena mempunyai banyak keuntungan. Diantaranya adalah tingkat noise yang dihasilkan jauh lebih baik dibandingkan jenis konfigurasi penguat transistor lainnya.

Pos Terkait:  Datasheet dan Persamaan Transistor TIP32

Persamaan transistor BC547

Persamaan atau equivalent transistor tipe BC547 adalah sebagai berikut :

  • BC549
  • BC548
  • BC550
  • BC636
  • BC639
  • 2N2222
  • TO-92
  • TO-18
  • 2N2369
  • 2N3055
  • 2N3904
  • 2N3906
  • 2SC5200

Perhatikan susunan pin kaki transistor yang akan digunakan karena belum tentu sama dengan transistor aslinya.

Konfigurasi pin BC547

Susunan konfigurasi pin kaki transistor ini diperlihatkan pada gambar di bawah ini :

transistor bc547
Nomor PinNama Pin
1Kolektor
2Basis
3Emitor

Datasheet BC547

Informasi datasheet transistor tipe BC547 dapat dilihat pada table berikut ini :

JenisNPN
TipeBC547
Kemasan PaketTO-92
Nilai Penguatan ( hfe )Max. 800
Arus Kolektor ( IC )Max. 0,1A
Tegangan Emitor – Basis ( VEB )6 V
Tegangan Kolektor – Emitor (VCB )Max. 50 V
Tegangan Kolektor – Basis ( VCB )Max. 50 V
Disisipasi Kolektor0.5 W
Frekuensi Transisi300 MHz
Nilai Noise– dB
Suhu kerjaMax. 150 °C

Contoh fungsi BC547

Secara umum, jenis transistor BC547 sering digunakan pada beragam sirkuit penguat audio tingkat menengah. Biasanya dipakai pada bagian pre amplifier penguat atau driver.

Beberapa contoh pengguanaan lainnya adalah sebagai berikut :

  • Sebagai driver relay
  • Penguat frekuensi rendah
  • Untuk konfigurasi darlington
  • Pre amplifier
  • Swicthing daya rendah

Demikian pembahasan lengkap tentang persamaan dan karakteristik transistor BC547 dan contoh aplikasinya di dalam rangkaian elektronika.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *