Ukuran dioda

Cara Menentukan Ukuran Dioda

Posted on
Ukuran dioda

UKuran dioda merupakan identitas suatu dioda untuk mewakili fitur dan karakteristik yang dimilikinya. Karena itu, bagi teknisi ataupun pelajar ilmu elektronika mesti memahami ukuran dan karakteristik tiap didoa.

Dengan mengenal dan memahami ukuran dioda, kita dapat menggunaka dioda sesuai dengan fungsi dan kemampuannya. Kesalahan dalam menentukan ukuran yang tepat bisa menyebabkan kerusakan pada dioda yang kita gunakan.

Apa itu dioda ?

Dioda adalah komponen elektronika yang terbuat dari bahan semikonduktor. Umumnya, dioda hanya terdiri dari dua jenis semikonduktor tipe N dan P dengan satu buah persimpangan PN.

Dioda memiliki sifat hanya bisa melewatkan arus listrik pada satu arah saja. Sehingga sering digunakan sebagai komponen penyearah arus listrik.

Banyak jenis dioda yang ada dipasaran dan digunakan untuk berbagai keperluan rangkaian elektronika. Namun yang paling sering kita lihat adalah jenis dioda penyearah dan dioda zener saja. Sementara itu, masih banyak lagi jenis dioda lainnya.

Baca : Jenis jenis dioda

Fungsi dioda

Fungsi dioda yang paling utama adalah melewatkan arus listrik pada satu arah. Kemampuan melewatkan arus listrik yang dimiliki oleh dioda berbeda beda dan dinyatakan dalam ukuran dioda tertentu.

Pos Terkait:  Tabel Datasheet Dioda Lengkap

Berikut ini beberapa contoh fungsi dioda dalam rangakian elektronika :

  • Sebagai penyearah tegangan
  • Untuk sirkuit proteksi
  • Sebagai komponen clipping
  • Pengubah frekuensi
  • Sebagai bypass tegangan
  • Menekan lonjakn tegangan

Menentukan ukuran dioda

Tiap jenis mempunyai kode ukuran yang berbeda beda. Hal ini berkaitan dengan kemampuan dioda dalam menangani arus dan tegangan listrik. Semakin besar kemampuan dioda dalam menangani arus listrik, maka akan memiliki ukuran dimensi fisik yang lebih besar.

Fitur kemampuan dioda dalam menerima tegangan dan arus listrik biasanya dinyatakan dalam bentuk kode ukuran dioda. Bentuk kode ukuran untuk tiap jenis dioda tidak sama. Berikut ini adalah penjelasannya.

Dioda penyearah

Dioda penyearah merupakan jenis dioda yang paling umum dan mudah ditemukan dalam berbagai sirkuit elektronika, terutama rangkaian power supply. Dioda penyearah hanya mempunyai 2 buah pin atau kaki untuk menghubungkan dengan rangkaian.

ukuran dioda penyearah

Kedua pin dioda memiliki polaritas yang berbeda, yaitu anoda dan katoda. Kutub katoda dioda ditandai dengan tanda gelang putih pada salah satu sisi ujung dioda. Anda tidak boleh terbalik ketika memasang dioda. karena dapat menyebabkan rangkaian tidak berfungsi dengan normal.

Ukuran dioda penyearah biasanya dinyakan dalam bentuk kode tertentu. Umumnya diawali dengan kode 1N. Setiap dioda dengan kemampuan penanganan arus yang berbeda akan mempunyai kode yang berbeda pula.

Pos Terkait:  Ini Penjelasan Fungsi SCR Dan Cara Kerjanya

Silahkan lihat informasi di website ini tentang table datasheet dan ukuran dioda selengkapnya.

Untuk jenis dioda penyearah yang memiliki kemampuan penanganan arus listrik yang besar terkadang ditulis secara langsung berupa ukuran ampere nya. Sebagai contoh ukuran dioda 6A, 10A dan 5A.

Angka pada dioda tersebut menunjukkan kemampuan maksimal dioda dalam menerima arus listrik.

Dioda zener

Dioda zener merupakan salah satu bentuk lain dari jenis dioda yang mempunyai karakteristik khusus. Pemberian tegangan dioda zener dilakukan dengan cara bias balik. Dimana ketika tegangan yang diberikan secara bias balik tersebut melebihi ambang tegangan breakdown, maka dioda zener akan melewatkan tegangan tersebut.

ukuran dioda zener

Baca artikel tentang : Fungsi dan cara kerja dioda zener

Ukuran dioda zener dinyatakan dalam satuan tegangan atau voltase. Dimana, angka yang ditunjukkan merupakan batas ambang tegangan maksimal yang bisa diterima oleh dioda zener.

Sebagai contoh, misalanya dioda zener tertulis memiliki ukuran 5,6V, maka jika tegangan yang diterima oleh didoa zener secara bias balik melebihi 5,6V, dioda akan tembus dan melewatkan arus listrik.

Kedua pin dioda zener mempunyai polaritas yang berbeda, yaitu anoda dan katoda. Kutub katoda pada dioda zener ditandai dengan pita melingkar pada salah satu sisi ujung body dioda.

Pos Terkait:  Fungsi Dioda Pada Perangkat Elektronika

Dioda bridge

Dioda bridge atau dioda jembatan pada dasarnya adalah jenis dioda penyerah yang dirangkai dalam konfigurasi jembatan. Jumlah dioda penyearah pada dioda bridge adalah 4 buah.

Jenis dioda bridge ini sering digunakan pada sirkuit power supply, seperti adaptor atau inverter. Umumnya dioda penyerah yang digunakan pada dioda bridge memiliki ukran ampere yang besar, biaasanya lebih dari 5A.

Ukuran dioda bridge bisa diketahui dari angka ampere yang dicetak pada body dioda. Angka tersebut meerupakan batas maksimum arus listrik yang bisa ditangani oleh dioda bridge.

Dioda bridge terdiri dari dua bentuk, yiatu bentuk sisir dan bentuk kotak. Dioda bridge dengan bentuk kotak biasanya memiliki kemampuan penanganan arus lebih dari 10A. Sementara untuk dioda bridge jenis sisi memiliki kemampuan arus yang kecil, dibawah 5A.

Tips menentukan ukuran dioda yang tepat

Untuk menentukan ukuran dioda yang tepat, kita mesti menghitung kebutuhan arus yang ada pada rangkaian. Agar dioda bisa tahan lama dan tidak cepat rusak, sebaiknya Anda menggunakan ukuran ampere dioda yang jauh lebih lebih besar dari kebutuhan arus pada rangkaian.

Misalnya, apabila kebutuhan arus listrik rangkaian hanya sebesar 3A, sebaiknya Anda gunakan dioda yang mempunyai ukuran arus sekitar 5A.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *