Aplikasi edit foto gratis

12 Aplikasi Edit Foto Gratis Keren

Posted on
Aplikasi edit foto gratis

Mengedit foto sepertinya sudah menjadi trend baru yang berkembang akhir akhir ini di masyarakat, khususnya di kalangan kaum muda. Aktivitas menyunting foto ini seakan perlu dilakukan semenjak hadirnya beberapa aplikasi media sosial semacam Instagram sebagai media untuk berbagi foto terbaik penggunanya.

Nah, untuk menghasilkan foto-foto yang hendak ditampilkan agar menjadi lebih keren, indah, dan terlihat menarik, saat ini bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi edit foto gratis yang tersedia di platform android dan iOS.

Berkat kehadiran aplikasi edit foto ini memungkinkan pengguna Instagram maupun kalangan penggemar fotografi berbasis smartphone bisa menyunting foto mereka secara ringkas dan fleksibel.

Ingin tahu apa saja aplikasi untuk mengedit foto yang dapat kalian unduh dan dipakai secara gratis? Mari, simak penjelasannya berikut.

Tentang aplikasi edit foto

Aplikasi edit foto telah banyak dipakai sebagai penunjang oleh pengguna media sosial untuk membuat foto yang mereka ambil dan simpan di gawai mereka agar terlihat lebih menarik. Dengan aplikasi edit foto membuat banyak orang tampil lebih percaya diri untuk mengunggah foto-foto mereka di berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram atau pun Twitter.

Foto-foto hasil tangkapan smartphone ini tidak hanya berisi gambar wajah saja, namun juga terdapat jenis foto semi profesional lainnya yang diambil dengan fitur kamera canggih yang diselipkan pada gadget pintar mereka.

Beberapa manfaat menggunakan aplikasi edit foto pada foto hasil jepretan ponsel adalah seperti berikut ini :

  • Fleksibel dan mudah digunakan.
  • Bisa disingkronisasi dengan penyimpanan foto di hp.
  • Efektif untuk menyunting foto yang akan diunggah ke media sosial.
  • TFitur dan tampilan sedrhana, namun sangat bermanfaat.
  • Banyak tersedia dalam versi gratis.

12 aplikasi edit foto gratis yang layak dicoba

Biar kalian tidak penasaran apa saja aplikasi edit foto keren dan gratis ini, berikut ini adalah daftarnya :

1. Snapseed

Jika ditanya aplikasi edit foto paling yang paling populer dan banyak dipakai dalam beberapa tahun ke belakang, maka Snapseed adalah salah satu jawaban . Aplikasi editing foto ini hampir memiliki semua fitur yang dibuthkan saat mengedit foto di ponsel. Fitur edit foto manual maupun otomatis yang ada di aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh penyunting foto seluler yang masih pemula sekalipun.

Pos Terkait:  Cara Menghilangkan Mode Gratis Facebook

Snapseed merupakan aplikasi edit foto gratis yang didukung oleh banyak fitur dan alat penyuntingan gambar yang dapat digunakan untuk mengatur eksposur dan pewarnaan gambar. 

Snapseed juga dilengkapi dengan filter, seperti black and white, vintage, HDR, hingga blur. Kalian bahkan bisa membuat filter sendiri yang dapat disimpan dalam akun Snapseed-nya sendiri.

Nama AplikasiSnapseed
Ukuran FileBervariasi
Versi TerbaruBervariasi
Jumlah Download100.000.000+
OS AndroidBervariasi
Rating Pengguna4.4 / 5,0
Link UnduhanDISINI

2. Adobe Lightroom

Adobe Lightroom adalah salah satu aplikasi edit foto yang dapat digunakan secara gratis berikutnya untuk menghasilkan gambar kalian foto terlihat profesional. Aplikasi  ini didukung oleh banyak fitur penyuntingan foto yang cukup lengkap.

Karena itu untuk bisa menginstal aplikasi edit foto ini, kalian mesti menyiapkan ruang penyimpanan yang cukup karena berisi file yang cukup besar.

Meski begitu aplikasi Lightroom ini cukup membantu kalian untuk memoles foto agar menjadi lebih baik hanya lewat Android maupun iOS.

Kalian bisa mengatur kontur foto, eksposure gambar, hingga menerapkan sunting otomatis yang dapat membuat gamabr foto menjadi tegas dan memiliki kontras tepat secara otomatis.

Nama AplikasiLightrom
Ukuran File216 MB
Versi Terbaru7.2.1
Jumlah Download100.000.000+
OS Android6.0+
Rating Pengguna4.7 / 5,0
Link UnduhanDISINI

3. Adobe photoshop express

Aplikasi edit foto adobe photoshop express

Aplikasi edit foto pertama adalah berasal dari pengembang aplikasi Adobe, yaitu Photoshop Express. Aplikasi  ini mempunyai fitur yang sama dengan aplikasi Lightroom, seperti pada fitur eksposur, kontras, dan pewarnaan foto.

Namun tidak seperti Lightroom, di aplikasi adobe photoshop ini tidak terdapat fitur singkronisasi penyimpanan foto.

Adobe Photoshop Express memiliki keunggulan dari sisi performa yang lebih ringan dan akses fitur gratisnya lebih luas daripada Lightroom. Kalian bisa menggunakan aplikasi edit foto ini untuk mencari filter foto yang pas dengan selera kalian atau membuat kolase dari beberapa foto dalam satu frame.

Nama AplikasiPhotoshop Express
Ukuran FileBervariasi
Versi Terbaru8.1.958
Jumlah Download100.000.000+
OS AndroidBervariasi
Rating Pengguna4.3 / 5,0
Link UnduhanDISINI

4. Pixlr

Aplikasi edit foto ini sebelumnya dikenal dengan nama Pixlr Express yang merupakan bisa digunakan secara gratis dan mudah. Pixlr cukup membantu penggunanya untuk menyunting foto dengan berbagai kombinasi efek, overlay, hingga filter yang disediakan secara gratis.

Pos Terkait:  Rekomendasi 9 Aplikasi Pembukuan Toko

Beberapa fitur utama yang ada pada aplikasi Pixlr adalah kolase foto, pengaturan rasio, penyesuaian background, hingga pengaturan warna foto secara otomatis. Beberapa efek lainnya yang disediakan oleh aplikasi editing foto ini antara lain adalah Stylize, Color Splash, dan Focal Blur

Nama AplikasiPixlr
Ukuran File41 MB
Versi Terbaru3.4.63
Jumlah Download50.000.000+
OS Android6.0+
Rating Pengguna4.2 / 5,0
Link UnduhanDISINI

5. PicsArt

PicsArt merupakan termasuk salah satu aplikasi edit foto terpopuler yang banyak dipakai oleh pengguna android di Indonesia. Contoh beberapa fitur unggulan yanga ada pada aplikasi PicsArt adalah penyesuaian dasar foto, seperti eksposur, kontras dan pewarnaan sinematis. Selain itu terdapat juga beberapa filter dramatis yang dapat membuat foto pengguna lebih menarik.

PicsArt dapat digunakan secara ringkas dan mudah, karena untuk melakukan editing foto dapat dilakukan hanya dengan gerakan satu jari saja. Dengan kecanggihan fitur yang ada pada PicsArt mampu menghasilkan hasil suntingan foto yang menarik untuk diunggah di berbagai media sosial yang kalian miliki.

Nama AplikasiPicsArt
Ukuran FileBervariasi
Versi TerbaruBervariasi
Jumlah Download500.000.000+
OS AndroidBervariasi
Rating Pengguna4.1 / 5,0
Link UnduhanDISINI

6. Canva

Canva menjadi salah satu aplikasi untuk edit foto dengan fitur terlengkap, mudah digunakan dan gratis. Aplikasi edit foto ini sering digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti membuat kartu ucapan, menyunting foto, hingga membuat CV. Aplikasi ini dianggap mampu menjadi pengganti dari berbagai aplikasi desain grafis lainnya yang rumit.

Untuk kalangan dunia bisnis, aplikasi editing foto Canva juga sangat berguna karena dapat membantu usaha kecil dan menengah (UKM) untuk membuat poster atau banner iklan mereka produk sendiri dengan mudah dan tanpa biaya.

Pos Terkait:  Rekomendasi 6 Aplikasi Grosir Sembako

Tidak hanya itu, Canva juga banyak dipakai untuk membuat selebaran digital di berbagai media sosial dengan gaya tertentu, seperti ukuran dalam story atau feed di Instagram dan media sosial lainnya.

Aplikasi edit foto ini juga menghadirkan berbagai fitur Pro yang dapat digunakan secara premium, seperti menghilangkan latar belakang dan pembuatan logo.

Dengan dukungan berbagai font yang ada di Canva, kalian bisa membuat kartu ucapan maupun poster berukuran besar dengan tampilan yang lebih menarik dan cepat tanpa perlu membayar jasa desain orang lain.

Nama AplikasiCanva
Ukuran File27 MB
Versi Terbaru2.160.0
Jumlah Download100.000.000+
OS Android5.0
Rating Pengguna4.8 / 5,0
Link UnduhanDISINI

7. Prisma

Bagi kalian yang suka desain grafis dan ingin mengedit foto dengan berbagai gaya seni lukis kreatif, maka Prisma adalah jawabannya. Aplikasi edit foto ini tidak dilengkapi dengan fitur pengaturan sunting foto yang umum dan rumit, namun begitu Prisma dapat secara otomatis mengubah foto hasil jepretanmu menjadi lukisan seperti milik beberapa pelukis legendaris dengan gaya artistik yang menarik.

Aplikasi editing foto Prisma mampu mengahsilkan foto diri seperti diolah menggunakan desain vektor yang rumit. Padahal, kamu hanya perlu memberikan efek pilihan pada foto yang nantinya akan mengahsilkan suntingan foto yang artistik dan keren.

Hasil foto yang telah diedit melalui aplikasi Prisma ini dapat kalian gunakan sebagai foto profil di berbagai media sosial maupun feed Instagram.

Nama AplikasiPrisma Art
Ukuran File71 MB
Versi Terbaru4.4.5.585
Jumlah Download50.000.000+
OS Android8.0
Rating Pengguna4.6 / 5,0
Link UnduhanDISINI

8. PhotoDirector

aplikasi edit foto Photodirector

Aplikasi untuk edit foto gratis selanjutnya adalah PhotoDirector yang merupakan aplikasi berasal dari pengembang Cyberlink. Aplikasi edit foto ini dapat membantu penggunanya untuk melakukan penyuntingan dengan efek menarik yang berbasis artificial intelligence dalam satu sentuhan saja. 

PhotoDirector memiliki beberapa fitur luar biasa, seperti bokeh, mengubah latar belakang, menghapus objek, dan membuat kolase gratis dengan pengaturan komposisi tertentu.

Tak hanya itu, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur utama berupa alat animasi foto yang bisa dipakai untuk mengatur overlay, dispersi, dan penggunaan AI dalam proses editing objek foto.

Nama AplikasiPhotoDirector
Ukuran File141 MB
Versi Terbaru16.6.0
Jumlah Download50.000.000+
OS Android5.0
Rating Pengguna4.6 / 5,0
Link UnduhanDISINI

9.VSCO

Salah satu aplikasi edit foto terpopuler lainnya dan banyak dipakai adalah VSCO. Aplikasi edit  ini dapat digunakan untuk bekerja sebagai penyunting foto, komunitas medsos, dan sinkronisasi kamera dengan filter yang cukup beragam. Aplikasi VSCO ini bisa digunakan secara gratis dengan berbagai filter bertema nostalgia.

Tak hanya itu, VSCO juga memungkinkan pengguna untuk memberi sentuhan pada foto secara lebih luas. Alat penyuntingan pada aplikasi edit foto ini pun tidak terlalu kompleks karena berisi alat standar seperti cropping, sketsa, hingga adjustmentVSCO juga dibekali dengan pengaturan eksposur, kontras, suhu, dan pewarnaan.

Nama AplikasiVSCO
Ukuran File84 MB
Versi Terbaru264
Jumlah Download100.000.000+
OS Android6.0+
Rating Pengguna3.8 / 5,0
Link UnduhanDISINI

Demikian tadi beberapa contoh aplikasi edit foto gratis yang dapat diunduh dan digunakan secara cuma cuma oleh kalian pengguna ponsel pintar, baik android maupun iOS. Kalian bisa memaksimalkan penggunaan beberapa aplikasi edit foto tersebut dengan melakukan upgrade berbayar untuk tiap fitur-fiturnya.

Buat kalian yang tertarik dan memiliki bakat di bidang pengolahan grafis atau visual, aplikasi-aplikasi editing foto seperti ini tentu bisa mendukungmu untuk berkarya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *