Cara Memparalel Transistor 2N3055 Yang Benar

Posted on

Di postingan kali ini admin akan berbagi informasi dan pengalaman tentang cara memparalel transistor 2N3055. Seperti kita tahu transistor 2N3055 atau TIP3055 merupakan salah satu jenis transistor bipolar yang sering digunakan pada penguat audio. Kita dapat dengan mudah menemukan transistor ini dipasang sebagai transistor final di dalam rangkaian speaker aktif.

Tak heran karena transistor ini memiliki tingkat penguatan sinyal yang besar dengan tegangan kolektor maksimumnya yang tinggi. Selain itu harga transistor 2N3055 juga relatif murah. Biasanya transistor ini dipasangkan dengan transistor 2N2955 didalam sirkuit OCL dengan berbagai variasinya.

Meskipun daya keluaran atau output pasangan transistor ini sudah cukup besar, namun tidak jarang yang menginginkan daya yang lebih besar lagi agar dapat menghasilkan dentuman bass yang lebih keras. Karena itu banyak penggemar elektronika audio yang memparalel transistor final hingga beberapa buah dengan tujuan untuk menambah daya output yang dihasilkan oleh sirkuit power audio.

Ketika kita akan memparalel transistor 2N3055 atau transistor 2N2955, kita tidak boleh sembarangan asal rakit saja, karena dapat menyebabkan kerusakan pada transistor final yang kita rangkai paralel tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita merangkai transistor secara paralel, namun sebelum itu simak dulu penjelasan apa saja keuntungan memparalel transistor berikut ini.

Keuntungan memparalel transistor final

Umumnya yang sering dirangkai secara paralel adalah transistor final pada rangkaian penguat audio. Bukan hanya jenis penguat OCL saja yang transistornya bisa diparalel, namun jenis power amplifier lain pun sering memparalel transistor finalnya.

Pos Terkait:  Skema dan Datasheet IC TDA2005

Lalu apa sih kelebihan memparalel transistor final audio ?

Meningkatkan daya output

Dengan menggabungkan beberapa buah transistor final secara paralel maka daya sinyal keluaran yang dihasilkan akan semakin besar. Karena hasil penguatan yang dilakukan oleh beberapa gabungan transistor tersebut terhubung ke satu titik ouput. Hasilnya, power amplifier akan lebih mudah untuk menggeber speaker bahkan dengan ukuran diameter yang lebih besar.

Transistor tidak cepat panas

Biasanya rangkaian power amplifier pada speaker aktif hanya terdiri dari sepasang transistor final saja. Meskipun hanya sepasang, namun daya yang dihasilkan oleh penguatan transistor tersebut sebenarnya sudah cukup mampu untuk menggerakkan speaker ukuran 6 atau 10 inch.

Namun jika kita selalu menyetel volume dalam posisi selalu maksimum, maka kerja transistor final akan cepat panas. Solusi untuk mengatasi ini adalah dengan memasang beberapa buah transistor secara paralel. Sehingga kerja transistor final tidak terlalu keras.

Kendala yang dihadapi ketika kita akan memparalel transistor final amplifier adalah kekurangan daya dari sumber tegangan. Karena itu kita harus menyediakan sumber tegangan dengan trafo yang memiliki ampere lebih besar agar bisa mensupplai daya dengan baik.

Contoh cara memparalel transistor 2N3055

Untuk memparalel transistor final, kita membutuhkan sejumlah resistor dengan daya 5W untuk dipasangkan pada pin kaki emitor transistor. Selain itu pada beberapa jenis sistem penguat juga memerlukan resistor pembatas arus di masing masing kaki basis transistornya.

Pos Terkait:  Skema Trafo CT Untuk Adaptor

Di bawah ini merupakan contoh skema rangkaian cara memparalel transistor 2N3055 dan 2N2955 yang biasa diterapkan pada rangkaian OCL maupun BTL. Namun demikian cara ini pun banyak dipakai pada sistem rangkaian penguat audio lain.

cara memparalel transistor 2n3055

Gambar rangkaian diatas menunjukkan cara menggabungkan beberapa transistor final secara paralel. Selain transistor tipe NPN seperti gambar diatas, kita pun dapat juga menggabungkan transistor tipe PNP, seperti 2N2955 dengan cara yang sama. Hanya saja power supplai yang diambil adalah positif.

Demikian cara mudah memparalel transistor final 2N3055. Perlu diperhatikan untuk memberikan pendingin dan kipas yang cukup agar transistor tahan lama.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *