Ini Frekuensi LNB Ninmedia Terbaru 2023

Posted on

Pada postingan kali ini admin akan memberikan informasi frekuensi lnb Ninmedia terbaru. Saat kita akan tracking mencari sinyal frekuensi Ninmedia, satu hal yang harus dilakukan adalah mengatur frekuensi lnb parabola yang kita gunakan.

Seperti kita tahu, saat ini terdapat 3 jenis spektrum frekuensi satelit yang berbeda dengan rentang gelombang yang tidak sama. Karena itu untuk menangkap gelombang satelit tersebut digunakan lnb yang berbeda beda tergantung jenis frekuensi satelit yang akan diterima.

Hingga saat ini tahun 2022, tv satelit Ninmedia masih menggunakan frekuensi satelit jenis ku band yang memiliki rentang frekuensi diatas c band. Frekuensi Ninmedia ku band hanya dapat diterima menggunakan jenis lnb ku band. Sementara jenis parabola yang dipakai umumnya menggunakan parabola mini.

Perbedaan frekuensi lnb dan transponder

Ketika kita hendak mencari sinyal satelit parabola, setidaknya kita lebih dulu mengatur settingan frekuensi transponder dan lnb yang ada di receiver. Jika salah dalam memasukkan kedua frekuensi tersebut, maka akan sulit untuk menerima sinyal satelit.

Lalu apa sih perbedaan kedua settingan frekuensi tersebut ?

Frekuensi lnb merupakan settingan untuk mengatur rentang kerja lnb dalam menerima dan mengolah spektrum frekuensi yang diterima oleh parabola. Settingan frekuensi lnb untuk satelit Ninmedia ku band adalah universal atau 9750 – 10600.

Pos Terkait:  Penyebab Ninmedia Tidak Ada Sinyal

Sementara itu frekuensi transponder merupakan spektrum frekuensi dari unit transponder satelit yang digunakan untuk memancarkan siaran Ninmedia. Setiap satelit mempunyai banyak transponder yang berguna untuk memancarkan sinyal dengan frekuensi tertentu.

Frekuensi transponder milik Ninmedia saat ini yang ada di satelit Asisasat 9 adalah 12655 NHz dengan polaritas vertikal dan simbol rate 45000.

Cara setting frekuensi lnb Ninmedia

Berikut panduan cara setting frekuensi Ninmedia.

  • Buka menu pengaturan receiver dengan menekan tombol menu pada remote.
  • Masuk ke pengaturan instalasi antena.
  • Pilih pengaturan frekuensi lnb
  • Atur frekuensi lnb ke angka 9750 – 10600 atau universal
  • Biarkan pengaturan yang lain sesuai default
  • Pilih simpan untuk menyimpan pengaturan frekuensi lnb
Frekuensi lnb ninmedia

Demikian petunjuk cara setting frekuensi lnb Ninmedia. Sebenarnya settingan frekuensi lnb ini berlaku umum untuk semua jenis frekuensi ku band. Jadi pengaturan frekuensi lnb ini dapat juga diterapkan pada tv satelit lain, seperti K vision, nex parabola maupun Nusantara HD yang menggunakan frekuensi ku band.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *