Kapasitor Starting, Fungsi dan Cara Pasangnya

Posted on

Kapasitor starting merupakan salah satu komponen yang biasanya ada pada motor listrik satu fasa. Misalnya mesin pompa air, mesin cuci, kipas angin dan beragam perangkat elektronika yang menggunakan motor atau dinamo sebagai komponen utamanya.

Pada jenis motor listrik satu fasa, kapasitor starting memiliki peran yang sangat penting bagi kinerja motor listrik. Tanpa kehadiran kapasitor ini motor listrik mustahil dapat bekerja dengan normal. Di artikel ini kita akan membahas tentang fungsi dan cara pasang kapasitor jenis ini di dalam perangkat motor listrik.

Fungsi kapasitor pada motor listrik

Motor listrik ac atau biasa juga dikenal sebagai motor induksi ac asinkron menggunakan medan magnet untuk menghasilkan torsi yang dapat memutar poros rotor. Terdapat dua jenis motor listrik ac yang dikenal saat ini, yaitu motor listrik ac 3 fasa dan satu fasa.

Motor ac 3 fasa mempunyai keuntungan tersendiri dari sisi kehandalan dan efisiensi daya listrik sehingga banyak digunakan di berbagai mesin produksi pabrik. Medan mganet yang tercipat pada motor 3 fasa memiliki sudut offset pada tiap fasa sebesar 120 derajat.

Pos Terkait:  10 Fungsi Kapasitor Pada Rangkaian Elektronika

Dengan sudut sebesar ini pada masing masing fasanya, memungkinkan motor ac 3 fasa dapat menghasilkan torsi yang lebih baik dan efektif. Sehingga tidak membutuhkan tambahan kapasitor untuk memberikan daya tambahan.

Berbeda dengan motor listrik ac jenis satu fasa, dimana membutuhkan daya yang lebih besar untuk menghasilkan torsi yang dapat memutar rotor motor. Karena itu dibutuhkan sebuah kapasitor untuk memberikan supplai daya tambahan pada kumparan motor.

Jadi, fungsi kapasitor pada perangkat motor listrik ac satu fasa adalah untuk memberikan tambahan daya listrik yang dibutuhkan oleh kumparan agar menghasilkan medan magnet yang lebih kuat.

Motor induksi ac 1 fasa

Motor induksi ac satu fasa umumnya menggunakan dua kumparan pada konstruksinya. Dimana satu kumparan berperan sebagai kumparan utama dan satu kumparan lagi sebagai kumparan bantu. Dengan adanya kumparan bantu ini memungkinkan motor dapat dihidupkan dengan mudah.

Pada saat motor sudah bisa berputar, pada dasarnya dengan hanya satu kumparan utama saja sudah memadai untuk mempertahankan putaran rotor. Motor dapat berputar secara terus menerus dengan normal.

Namun dalam kondisi diam, satu kumparan utama motor listrik ac satu fasa tidak akan mampu memutar rotor dari keadaan diam. Karena itu diperlukan kumparan bantu yang berfungsi untuk memberikan tambahan torsi sehingga dapat memutar rotor untuk pertama kali.

Pos Terkait:  Fungsi Elco Pada Sirkuit Elektronika

Cara kerja kapasitor starting

Kapasitor starting difungsikan pada saat motor pertama kali dijalankan. Konstruksi motor seperti ini biasanya menggunakan dua buah kapasitor untuk memberikan daya tambahan pada kumparan.

Cara kerja kapasitor starting

Saat motor listrik pertama kali dinyalakan, arus akan mengalir ke kumparan utama. Akibatnya kumparan utama akan menghasilkan gaya induksi magnet di sekitar kumparan. Namun daya magnet ini tidak cukup besar untuk memutar rotor.

Karena itu dibutuhkan kumparan bantu yang ikut memberikan daya magnet tambahan untuk memutar rotor. Arus listrik akan mengalir ke kumparan bantu melalui kapasitor starting yang dirangkai paralel dengan kapasitor running sehingga menghasilkan daya yang lebih besar.

Saat rotor telah berputar sekitar 75% dari putaran rotor maksimum, saklar sentrifugal akan memutuskan hubungan kapasitor starting dengan rangkaian. Meskipun kapasitor start ini telah terputus, namun putaran rotor dapat dipertahankan oleh kedua kumparan dengan stabil.

Nilai kapasitor starting biasanya lebih besar dari kapasitor running biasanya siktar 75 hingga 300uF dengan peringkat tegangan sekitar 450Volt. Sementara kapasitor running umumnya memiliki nilai kapasitansi sekitar 1 sampai 100uF.

Selain itu kapasitor running umumnya terbuat dari bahan polimer yang memiliki kerugian daya rendah, alih alih menggunakan kapasitor jenis elektrolit.

Pos Terkait:  Fungsi dan Pengertian Kapasitor

Cara pasang kapasitor

Jenis kapasitor starting untuk sirkuit motor listrik ac satu fasa merupakan tipe non polar dan terbuat dari susunan bahan utama berupa cairan elektrolit. Karena itu kita bisa bebas memasang terminal kabel kapasitor tanpa takut tertukar.

Kedua terminal kapasitor start masing masing dihubungkan ke sumber tegangan dan terminal salah satu saklar atau switch sentrifugal. Sistem wiring dan warna kabel kapasitor tiap mesin motor listrik tidak sama, sehingga kita tidak bisa berpatokan pada warna kabel ketika memasang kapasitor ini.

Kita harus memahami prinsip kerja kapasitor starting sehingga bisa membaca alur wiring atau perkabelan dari motor listrik tersebut.

Demikian penjelasan tentang fungsi kapasitor starting pada sirkuit motor induksi ac satu fasa.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *