Perbedaan laptop gaming dan biasa

Cek Perbedaan Laptop Gaming Dan Biasa

Posted on

Mungkin masih banyak diantara kita yang belum paham apa sih perbedaan laptop gaming dan biasa, terutama buat Anda yang baru menyukai dunia gaming. Agar Anda tidak salah pilih ketika membeli sebuah laptop untuk kebutuhan bermain game, baiknya Anda ketahui dulu apa saja perbedaan dari kedua jenis komputer jinjing ini.

Berbeda dengan laptop biasa atau standar, laptop gaming secara struktur dan spesifikasi hardware telah di desain agar dapat bekerja dengan performa tinggi. Umumnya, secara bentuk desain, laptop gaming lebih terkesan menonjol karena dirancang dengan tampilan yang lebih aktraktif.

Sebut saja, misalnya laptop gaming Acer predator, Asus Rog, Dell Alienware dan masih banyak lagi. Dimana secara penamaan saja sudah menunjukkan kalau laptop jenis ini memiliki kesan gahar.

Bagi penggemar game, khususnya game PC, laptop gaming menjadi perangkat yang lebih diprioritaskan dibandingkan dengan komputer atau PC. Hal ini karena laptop gaming memiliki kelebihan dari sisi bentuk yang ringkas sehingga lebih mudah dibawa kemana mana, dan pengguna pun jadi lebih bebas memainkan game dimana pun dan kapan pun juga.

Seperti telah disebutkan sebelumnya, secara struktur dan spesifikasi hardware, laptop gaming memiliki banyak perbedaan dibandingkan dengan laptop standar biasa. Nah, apa saja perbedaannya ? Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

5 Perbedaan laptop gaming dan biasa

Perbedaan laptop gaming dan biasa

1. CPU dengan performa tinggi

Untuk menunjang kinerja ketika menjalankan game, apalagi game berat, CPU dengan performa tinggi akan sangat membantu kelancaran permainan. Karena itu, laptop gaming umumnya telah dilengkapi dengan CPU atau prosesor yang memiliki performa tinggi dan bisa di over clock.

Jadi meskipun mungkin sama sama memiliki seri yang serupa dengan laptop standar, CPU yang disematkan pada laptop gaming mempunyai kinerja dan performa yang lebih baik. Karena CPU yang dirancang untuk kebutuhan laptop gaming sudah dioptimalkan kemampuannya untuk menjalankan kerja yang berat.

Pos Terkait:  Smart Tips for Choosing an Internet Provider

Sementara pada jenis laptop biasa, biasanya CPU yang ditanam dirancang agar lebih hemat daya, sehingga kinerjanya menjadi kurang maksimal.

2. GPU teknologi terbaru

Dari sisi GPU atau pengolah grafis, laptop gaming tentu saja sudah dibekali dengan seri GPU yang memiliki performa tinggi. Hal ini untuk menunjang aliran grafis yang dihadirkan pada waktu menjalankan game, sehingga terlihat lebih real dan menarik.

Berbeda dengan laptop biasa yang terkadang hanya mengandalkan GPU bawaan prosesor, laptop gaming memiliki kartu grafis tersendiri yang berspesifikasi tinggi dengan teknologi terbaru.

GPU laptop gaming

Umumnya seri GPU yang disematkan pada laptop gaming adalah dari seri GTX dan RTX yang dikenal mempunyai kemampuan tinggi dalam mengolah grafis. Sedangkan pada jenis laptop biasa, GPU yang disertakan hanya seri standar, semacam seri MX atau GT.

3. RAM berkecepatan tinggi

Perbedaan laptop gaming dan biasa selanjutnya adalah dari sisi RAM yang memiliki kecepatan tinggi. RAM pada laptop biasa umumnya memakai RAM seri LP atau Low Power yang bisa menghemat daya.

Sementara pada jenis laptop gaming, biasanya seri RAM yang dipakai tanpa diawali dengan inisial LP. Hal ini menunjukkan kalau jenis RAM ini lebih banyak membutuhkan sumber daya untuk mendukung kinerja laptop yang berat.

Pos Terkait:  Cek Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik

Jadi, meskipun antara laptop gaming dan laptop biasa memiliki kapasitas RAM yang sama, namun akan memiliki performa yang berbeda karena desain RAM laptop gaming tentu akan dibedakan dengan laptop biasa.

4. Ruang penyimpanan

Di era sebelum ini, laptop gaming masih memakai ruang penyimpanan jenis hardisk atau HDD. Namun saat ini, hampir semua laptop gaming telah mengadopsi ruang peyimpanan SSD (Solid State Disk) pada perangkat mereka.

Ruang penyimpanan SSD dikenal memiliki kemampuan dan kecepatan yang lebih baik dalam menyimpan dan mengalirkan data ke sistem. Sehingga kinerja laptop akan meningkat secara signifikan.

Sementara itu, pada jenis laptop biasa umumnya masih banyak yang menggunakan ruang penyimpanan dari jenis hardisk. Sebenarnya ini tidak masalah, karena penggunaan laptop biasa umumnya hanya dipakai untuk menangani pekerjaan ringan saja.

Jenis ruang penyimpanan laptop gaming

5. Struktur pendingin

Seperti diketahui, laptop gaming akan bekerja lebih keras saat digunakan untuk menjalankan game, apalagi dengan settingan grafis yang tinggi. Hal ini tentu saja akan menimbulkan panas yang cukup berarti, baik dari sisi CPU maupun GPU yang ada pada laptop tersebut.

Karenanya, struktur sistem pendingin yang dirancang pada laptop gaming akan berbeda dengan laptop biasa. Dimana aliran udara akan dibuat selancar mungkin sehingga panas yang dihasilkan oleh komponen dapat dibuang secepat mungkin.

Pos Terkait:  6 Safe Internet Tips for Kids

Selain beberapa point perbedaan laptop gaming dan biasa diatas, masih ada beberapa aspek lagi yang membedakan keduanya, seperti desain keyboar dan kualitas layar serta fitur lainnya.

Keyboard pada laptop gaming dirancang dengan tampilan yang menarik dan sanngat responsif serta nyaman saat disentuh. Disamping itu, hiasa lampu RGB yang berwarna warni sebagai backlight keyboard pun turut menambah kesan mewah dari laptop gaming ini.

Nah, itulah tadi beberapa hal perbedaan laptop gaming vs laptop biasa yang perlu Anda ketahui. Jadi, jika Anda hendak membeli laptop gaming, Anda mesti tahu cara memilih laptop gaming terbaik. Sehingga Anda bisa mendapatkan laptop gaming idaman yang sesuai dengan keinginan.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *