Cara memilih laptop gaming

Cek Cara Memilih Laptop Gaming Terbaik

Posted on

Nampaknya kebutuhan masyarakat akan laptop gaming semakin meningkat saja. Ini bisa dilihat dari trend semakin banyaknya seri dan tipe laptop yang diproduksi oleh produsen komputer yang dikhususkan untuk menjalankan game.

Peran media sosial seperti youtube pun tidak bisa diabaikan begitu saja dalam mempopulerkan game, sehinga membuat kian bertambahnya penyuka game, terutama game PC. Selain itu, maraknya kompetisi game atau IT sport pun ikut berperan dalam menarik banyak peminat di dunia gaming.

Fenomena ini tentu saja membuat laptop gaming kian populer. Saat ini kita dapat dengan mudah menemukan berbagai macam laptop gaming dari beragam seri dan merk yang dijajakan di ritel maupun online shop.

Sayangnya, dengan begitu banyaknya merk dan varian dari laptop gaming ini membuat banyak calon pengguna baru yang bingung dalam memilih laptop gaming. Mungkin saja termasuk Anda diantaranya.

Cara memilih laptop gaming pada dasarnya tidak terlalu membingungkan, karena biasanya untuk jenis komputer jinjing ini memiliki tipe dan karakter khusus. Jadi jika Anda hendak mencari laptop untuk kebutuhan bermain game, anda tinggal memilih laptop dengan seri gaming dari merk apapun.

Namun, sebelum Anda menentukan pilihan tipe laptop gaming yang akan dipinang, baiknya Anda lihat dulu ulasan cara memilih laptop gaming berikut ini agar Anda tidak salah pilih. Sehingga anda bisa mendapatkan laptop gaming favorit yang bagus dan sesuai dengan budget yang Anda punyai.

Berikut 10 tips cara memilih laptop gaming yang terbaik

Cara memilih laptop gaming

1. Sesuaikan budget

Hal pertama ketika Anda akan memilih laptop gaming adalah menghitung dan mempersiapkan budget atau dana. Umumnya, dana yang harus Anda anggarkan untuk membeli laptop gaming cukup besar jika dibandingkan untuk membeli laptop standar.

Bahkan, untuk spesifikasi laptop gaming yang gahar, Anda setidaknya mesti merogoh kantong hingga 10 juta lebih. Jadi, kalau dana yang Anda miliki dibawah 10 dan menginginkan laptop gaming spek tinggi, sebaiknya tahan dulu saja niat Anda.

Akan tetapi, jika hanya menginginkan laptop gaming standar, maka Anda bisa mengabaikan point ini. Anda bisa membeli laptop dengan spek yang biasa namun masih mampu untuk menjalankan game populer favorit Anda, meski dengan fps normal.

Pos Terkait:  Tips for Choosing The Best Gaming Computer

2. Cek seri VGA laptop gaming pilihan Anda

Hal yang tidak boleh diabaikan dalam memilih laptop untuk kebutuhan bermain game adalah melihat jenis VGA yang disematkan pada laptop tersebut. Untuk masalah ini, Anda mesti memperhatikan seri dan teknologi yang digunakan pada VGA laptop itu.

Anda tidak perlu fokus pada VRAM atau kapasitas memory yang terdapat pada VGA, karena umumnya, kapasitas RAM pada VGA hanya berpengaruh pada laptop untuk desain grafis, buka pada jenis laptop gaming.

vga laptop gaming

Anda perlu memahami seri atau identifikasi penomoran yang ada pada VGA tersebut untuk mengetahui spesifikasi dan karakteristiknya. Umumnya, angka pertama yang ditunjukkan pada nomor seri VGA menandakan generasi dari VGA tersebut.

Sebagai contoh, misalnya seri VGA NVIDIA GeForce 720M, itu berarti bahwa VGA tersebut merupakan pengembangan generasi ke 7. Sementara dua angka terakhir merupakan nilai performa yang dimiliki oleh kartu grafis tersebut.

Agar anda lebih mudah memahaminya, berikut admin kasih contoh lain. Misalnya laptop A memiliki VGA NVIDIA GeForce 720M dan laptop B menggunakan VGA NVIDIA GeForce 530M.

Secara performa, laptop B memiliki kinerja yang lebih baik, namun teknologi yang dikembangkan pada VGA di laptop B merupakan generasi lama. Disini, laptop B tertinggal 2 generasi dibandingkan laptop A.

Untuk hasil terbaik, Anda tentu harus mempertimbangkan untuk membeli laptop gaming terbaik yang memiliki VGA generasi terbaru dengan skor performa yang tinggi. Hanya saja, tentu harga yang dibandrol untuk jenis laptop gaming seperti ini sangat mahal.

3. Jenis prosesor yang dipakai

Bagi kebanyakan orang, sisi prosesor yang digunakan pada laptop gaming biasanya tidak terlalu diperhatikan. Meski demikian, kita sebaiknya tidak boleh mengabaikan begitu saja prosesor yang disematkan pada laptop yang hendak kita beli. Pasalnya, prosesor yang diproduksi saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan struktur grafis didalamnya.

Karena itu, laptop yang mempunyai prosesor yang terintegrasi dengan pengolah grafis akan lebih baik, karena akan bekerja sama dengan VGA yang digunakan. Prosesor dan VGA akan bekerja bergantian sesuai dengan jenis penggunaan laptop.

Misalnya, jika laptop sedang digunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor, seperti mengetik atau membuat data statistik, maka pengolah grafis pada prosesor sudah cukup mampu untuk menangani tampilan laptop. Sementara, ketika laptop dipakai untuk bermain game, barulah, VGA yang akan berperan untuk pengolahan grafis agar menghasilkan tampilan pada layar yang maksimal.

Pos Terkait:  6 Safe Internet Tips for Kids

Untuk memilih laptop yang dikhususkan untuk gaming, sebaiknya pilihlah laptop yang menggunakan prosesor dengan teknologi terbaru yang memiliki performa tinggi. Anda sebaiknya tidak memilih laptop dengan prosesor seri hemat daya, karena kurang tepat untuk menjalankan aktivitas bermain game.

4. Perhatikan jenis dan kapasitas RAM

Jenis ram laptop

Tips cara memilih laptop gaming berikutnya adalah memperhatikan jenis dan memory RAM yang digunakan. Game yang ada saat ini kebanyakan membutuhkan kapasitas RAM laptop yang cukup besar, minimal 8GB.

Karena itu, Anda mesti memilih laptop dengan kapasitas RAM yang besar antara 8GB hingga 16GB. Hal ini untuk menunjang performa game saat dijalankan.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih laptop Gaming yang mempunyai slot RAM tambahan. Sehingga Anda dapat menambahkan kapasitas memory RAM laptop suatu saat ketika sudah memiliki dana lebih.

5. Desain yang menarik

Sisi desain laptop pun sebaiknya perlu Anda perhatikan. Memiliki laptop gaming dengan desain yang menarik dan ringkas dengan bobot yang enteng merupakan hal yang tidak boleh Anda abaikan.

Karena, nampakya akan percuma saja jika laptop Anda memiliki spek mumpuni namun dengan bobot yang berat. Karena ini akan cukup merepotkan saat di bawa kemana mana. Apalagi jika penampilan desainnya buruk, tentu saja enggak banget buat dibawa ke luar ruangan.

Oleh karena itu, jika Anda sudah menemukan laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan keinginan, baiknya cek dulu bentuk desain secara keseluruhan dan bobotnya.

Jika ada, sebaiknya Anda memilih laptop gaming dengan desain yang tipis dan ringkas namun memiliki performa tinggi. Sehingga Anda akan lebih mudah membawanya dan dapat memainkan game di manapun.

Namun, jika sebagian besar waktu bermain game Anda dihabiskan di dalam rumah dan tidak terlampu sering berpindah pindah tempat, laptop gaming yang berat nampaknya bukan menjadi masalah yang begitu penting.

6. Jenis media penyimpanan

Jenis media penyimpanan atau memory yang digunakan pada laptop pun perlu Anda perhatikan. Anda harus memeriksa jenis ruang penyimpanan yang ada pada laptop.

Pada umumnya, jenis ruang penyimpanan yang dipakai laptop terdiri dari jenis Hard Disk (HDD) dan Solid State Disk (SSD). Secara performa, ruang penyimpanan dari jenis SSD memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan dengan HDD. Sehingga hal ini akan menunjang laptop saat digunakan untuk menjalankan game.

Namun sayangnya, harga SSD jauh lebih mahal daripada HDD dengan kapasitas memory yang sama. Apalagi jika kapasitasnya besar, tentu saja akan ditawarkan dengan harga yang fantastis.

Solusinya adalah, jika kebutuhan kapasitas memory yang digunakan oleh game kesayangan Anda tidak terlalu besar, mungkin Anda dapat memilih laptop dengan SSD berkapasitas kecil. Sehingga harganya pun tidak akan terlampau mahal.

Pos Terkait:  Cek Perbedaan Laptop Gaming Dan Biasa

7. Ukuran dan jenis layar monitor

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih laptop gaming adalah mengecek ukuran dan jenis layar yang digunakan pada laptop. Jika Anda membutuhkan layar dengan ukuran besar, maka pilihlah laptop dengan layar 17″ atau 19″. Sehingga Anda lebih puas dalam melihat aksi dan penampilan game favorit Anda.

Akan tetapi, jika budget Anda tidak cukup, mungkin baiknya memilih laptop gaming dengan ukuran layar yang lebih kecil, sekitar 15″. Anda juga tidak boleh mengabaikan jenis dan resolusi layar yang dimiliki oleh laptop tersebut.

Pilih laptop yang sudah menggunakan layar monitor dengan teknologi terbaru dan beresolusi tinggi, agar tampilan grafis yang disajikan lebih real dan tampilan warnanya lebih akurat.

8. Bentuk keyboard

Untuk panduan cara memilih laptop gaming berikutnya adalah memperhatikan bentuk dan desain keyboard. Untuk tampilan terbaik, pilihlah laptop yang sudah dilengkapi dengan backlight pada keyboardnya.

Selain akan menghadirkan penampilan yang menarik, keberadaan backlight pada keyboard bisa membantu Anda ketika berada di ruangan yang minim cahaya.

Jika memungkinkan, Anda perlu mencoba kenyamanan Anda saat menyentuh keyboard waktu akan membeli laptop. Pilih laptop dengan tuts keyboard yang empuk dan nyaman serta fast respon untuk menunjang keasyikan Anda dalam bermain game.

9. Pilih laptop dengan banyak port konektor

Layaknya PC, laptop pun dilengkapi dengan beberapa jenis port konektor yang berguna untuk berkomunikasi dengan perangkat luar. Contoh jenis port yang biasa terdapat pada laptop adalah port USB, HDMI dan D-SUB.

Untuk kecepatan transfer yang lebih baik, sebaiknya Anda memilih laptop dengan port USB yang sudah mendukung generasi 3.0 . kalaupun ada laptop yang sudah dilengkapi dengan port thunderbolt, bisa Anda pertimbangkan untuk memilihnya.

Memang sih, keberadaan port pada laptop tidak berpengaruh secara langsung pada performa gaming yang ditampilkan. Namun, port ini akan berguna ketika Anda menggunakan laptop untuk aktivitas lainnya.

10. Cek garansi dan purna jual

Hal terakhir cara memilih laptop gaming yang terbaik adalah memeriksa garansi yang diberikan saat penjualan. Tiap produsen laptop mempunyai tawaran garansi yang berbeda untuk setiap jenis dan varian produknya.

Untuk menjamin kenyamanan Anda, sebaiknya Anda memilih laptop gaming dari produsen yang memberikan garansi kerusakan hingga 2 tahun atau lebih.

Baiklah, demikian beberapa tips bagaimana cara memilih laptop gaming yang bagus dan terbaik. Semoga ulasan ini bisa membantu Anda yang bingung dalam menentukan pilihan laptop gaming yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *