Posisi Satelit Telkom 4 Saat Ini

Posted on

Menentukan posisi satelit Telkom 4 bagi pemula atau orang awam bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun bagi para teknisi parabola itu adalah hal yang tidak sulit dilakukan. Biasanya dalam hitungan beberapa menit saja mereka sudah bisa memastikan letak garis bujur satelit Telkom 4 dengan benar, meskipun tidak menggunakan bantuan alat deteksi satelit.

Mengetahui letak atau posisi satelit merupakan hal pertama yang harus dilakukan ketika kita hendak melakukan pointing antena parabola. Karena mengarahkan disk antena parabola yang tepat ke posisi satelit akan meningkatkan penerimaan sinyal dengan cukup signifikan.

Meskipun sulit, namun bukan berarti kita sebagai orang awam tidak bisa menentukan posisi satelit merah putih atau Telkom 4. Dengan membaca artikel ini, anda akan dapat dengan mudah mengetahui letak Telkom 4 sehingga bisa mengarahkan disk parabola dengan benar.

Posisi garis bujur satelit telkom 4

Satelit telkom 4 atau satelit merah putih merupakan satelit miliki Indonesia yang dikendalikan oleh PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Satelit ini mulai beroperasi sejak pertengahan tahun 2018 dan mempunyai 60 unit transponder yang bekerja pada frekuensi c band.

Pada dasarnya satelit Telkom 4 adalah pengganti satelit Telkom 1 yang sudah selesai masa operasinya. Posisi garis bujur satelit telkom 4 pun merupakan bekas yang pernah ditempati oleh satelit Telkom 1. Karena itu bagi pengguna tv parabola yang sebelumnya pernah menerima sinyal dari satelit Telkom 1 tidak perlu lagi melakukan repointing antena parabolanya.

Pos Terkait:  Setting Pengaturan Antena Telkom 4 [TUTORIAL]

Data selengkapnya posisi satelit Telkom 4 dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Nama SatelitTelkom 4 / Merah Putih
Posisi garis bujur108.0 °E
Jumlah Transponder60 Unit C Band
Tanggal Peluncuran7 Agustus 2018
OperatorPT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.
JangkauanIndonesia, Asia Tenggara, Asia Selatan

Posisi satelit telkom 4 berada di titik koordinat 108.0 °E atau berada tepat di sebelah barat pulau Kalimantan. Dengan mengetahui posisi ini, anda dapat menentukan arah kemiringan disk parabola sesuai dengan letak daerah anda.

Posisi satelit telkom 4

Cara tracking satelit telkom 4

Agar lebih mudah untuk mencari letak satelit Telkom 4, berikut ini adalah penjelasan tracking satelit telkom 4. Namun sebelum mulai melakukan tracking atau pointing disk parabola, ada beberapa hal yang harus anda lakukan lebih dulu.

Sebaiknya anda simak dan ikuti panduan berikut ini agar tidak gagal paham.

1. Menambahkan satelit telkom 4

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menambahkan satelit telkom 4 ke dalam daftar satelit di pengaturan receiver anda. Namun jika satelit telkom 4 sudah ada dalam daftar satelit, anda bisa melewatkan bagian ini.

  • Tekan Menu pada remote receiver parabola
  • Pilih pengaturan satelit atau daftar satelit
  • Tekan tambah satelit. Biasanya tombol warna merah
  • Isi parameter data satelit. Anda bisa lihat pada table diatas
  • Tekan Ok untuk menyimpan.
Pos Terkait:  6 Cara Memasang Antena Parabola Yang Baik Dan Benar

2. Menambahkan frekuensi transponder telkom 4

Selanjutnya anda harus menambahkan salah satu frekuensi transponder satelit telkom 4 yang terkuat sebagai acuan dalam melakukan pointing disk parabola. Anda juga harus menyetting pengaturan antena dengan benar supaya receiver dapat menerima sinyal dari telkom 4.

  • Tekan tombol Menu untuk masuk ke pengaturan receiver
  • Pilih daftar satelit, kemudian sorot ke satelit telkom 4
  • Pilih satelit telkom 4, maka akan terbuka daftar transponder yang ada di dalam satelit telkom 4
  • Jika belum ada transponder, maka anda harus menambahkan transponder baru dengan menekan tombol tambah, biasanya warna merah
  • Masukkan data frekuensi transponder terkuat berikut ini : 3720 V 32727
  • Simpan pengaturan transponder baru dengan menekan tombol Ok.
  • Masuk ke pengaturan antena untuk mengatur frekuensi antena sebesar 5150, lalu simpan
Pengaturan satelit telkom 4

3. Mulai tracking satelit telkom 4

Apabila anda sudah melakukan pengaturan receiver dengan benar, maka informasi indikator intensitas sinyal akan menunjukkan level sinyal tertentu, biasanya lebih dari 60%. Jika indikator sinyal ini belum muncul maka pengaturan yang anda lakukan belum benar. Coba periksa dan ulangi lagi langkah langkah di atas.

Berikut ini cara tracking satelit telkom 4 dengan mudah :

  1. Pastikan disk parabola c band anda sudah terpasang dengan benar pada tiang penyanggah disk yang kokoh dan tegak lurus.
  2. Atur arah titik 0 (nol) pada lnb tepat menghadap ke barat, anda bisa gunakan kompas untuk membantu menentukan arah barat yang tepat. Ikuti panduan cara memasang lnb parabola c band yang benar.
  3. Kendurkan semua baut pengatur sudut elevasi dan inklinasi.
  4. Untuk wilayah anda yang berada di sebelah selatan garis khatulistiwa, seperti pulau jawa, bali, NTB dapat memiringkan sedikit sudut inklinasi utara – selatan disk parabola ke utara.
  5. Arahkan lebih dulu disk parabola menghadap tepat ke atas (vertikal) seperti payung terbalik.
  6. Selanjutnya gerakkan perlahan disk parabola ke barat atau ke timur sesuai dengan lokasi anda dari posisi satelit telkom 4.
  7. Bagi anda yang berada di sebelah barat letak satelit telkom 4 dapat menggerakkan disk parabola miring ke timur sedikit. Sementara untuk yang ada di sebelah timur titik lokasi satelit telkom 4 bisa memiringkan parabola ke arah barat dengan perlahan.
  8. Lakukan pointing kemiringan disk parabola sambil melihat indikator kualitas sinyal pada receiver.
  9. Jika kualitas sinyal sudah muncul, usahakan agar level sinyal dapat diterima dengan maksimal. Caranya dengan menggerakkan disk parabola sedikit demi sedikit hingga terjadi peningkatan kualitas sinyal.
Pos Terkait:  Setting Frekuensi LNB Telkom 4
Gambar posisi parabola telkom 4

Demikian penjelasan tentang posisi satelit telkom 4 saat ini yang tepat. Penjelasan ini sangat berguna bagi anda yang mencoba memasang parabola c band sendiri tanpa bantuan teknisi ahli. Selamat mencoba.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *