6 Penyebab Parabola LGSat Tidak Ada Sinyal

Posted on

Permasalahan tidak ada sinyal dapat dialami semua tv parabola tidak terkecuali lgsat. Penyebabnya bisa dari antena parabola yang yang berubah arah atau receiver parabolanya yang error. Karena itu kita harus memeriksa semua komponen parabola satu persatu untuk mencari penyebab tv parabola lgsat tidak ada sinyal ini.

Lgsat sendiri merupakan salah satu merk peralatan tv parabola yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat luas. Selain memproduksi receiver parabola, Lgsat juga menawarkan perangkat antena parabola yang biasanya dibundling dalam satu paket parabola mini.

Untuk produk receiver, Lgsat bekerja sama dengan provider k vision untuk menciptakan produk receiver yang dapat berlangganan paket k vision. Contoh receiver atau dekoder Lgsat yang dapat mengakses paket premium k vision adalah Lgsat 101 star yang sudah mendukung format gambar video kualitas HD.

Penyebab parabola Lgsat tidak ada sinyal

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika mendapati kendala receiver hilang sinyal adalah dengan cara memprogram ulang tv parabola anda. Ini untuk mengatasi jika kemungkinan terjadi error pada sistem receiver parabola lgsat anda.

Pos Terkait:  Setting Pengaturan Antena Telkom 4 [TUTORIAL]

Atau anda juga dapat mereset ulang receiver ke setelan pabrik atau default agar sistem kembali ke pengaturan awal pabrik. Bila kehilangan sinyal disebabkan karena ada error sistem pada receiver, cara ini biasanya sudah bisa memperbaiki receiver parabola yang hilang sinyal tersebut..

Parabola lgsat tidak ada sinya;

Namun jika setelah direset ulang masih saja parabola Lgsat tidak ada sinyal, maka perlu mencari penyebab lainnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat membuat tv parabola kehilangan sinyal.

Artikel Lain : Panduan isi saldo k vision

1. Konektor kabel antena kendur

Konektor kabel berfungsi untuk menghubungkan kabel antena dengan receiver atau lnb parabola. Konektor kabel harus terpasang dengan kuat agar sinyal parabola dapat diterima oleh receiver denga nmaksimal.

Tidak jarang ditemukan konektor kabel antena yang terlepas sehingga membuat sinyal hilang. Karena itu anda perlu untuk memeriksa kondisi konektor kabel antena yang terpasang pada bagian belakang receiver.

Coba lepas dulu konektor kemudian lihat apakah sambungan kabel pada konektor masih terpasang dengan baik atau tidak. Jika kabel masih terpasang dengan benar ke konektor, coba pasang kembali konektor ke receiver dengan benar.

Periksa juga sambungan konektor kabel yang terpasang di lnb. Pastikan masih dalam kondisi terpasang dengan normal.

2. Kabel antena putus

Seiring dengan pemakaian perangkat parabola dalam waktu lama, terkadang sering ditemui kabel antena parabola yang sudah aus atau bahkan terpotong. Hal ini terutama ditemukan pada pengguna tv parabola yang memakai kabel kualitas buruk.

Pos Terkait:  Cara Memasang LNB Parabola C Band

Biasanya kabel serabut yang ada di dalam antena sudah banyak yang lapuk dan putus. Kondisi ini tentu saja akan mempengaruhi penyaluran sinyal dari lnb ke receiver. Jika kabel antena putus, maka kedua indikator sinyal pada receiver akan menunjukkan angka 0.

3. LNB parabola mati

LNB parabola merupakan komponen parabola yang berfungsi untuk menerima dan mengolah sinyal kemudian mengirimnya ke receiver parabola. Letaknya berada diatas disk antena parabola.

Kerusakan LNB parabola ditandai dengan tidak adanya indikator sinyal pada receiver. Karena itu tv parabola tidak dapat menangkap siaran tv apapun.

4. Disk parabola bergeser

Disk antena parabola dapat berubah arah atau bergeser karena tiupan angin atau hujan yang sangat deras. Selain itu, kondisi baut baut pada antena yang sudah rapuh oleh korosi pun dapat menyebabkan disk parabola berubah arah.

Perubahan arah parabola yang terlalu jauh dari posisi seharusnya dapat menyebabkan tv parabola lgsat tidak ada sinyal. Akan tetapi kerusakan akibat disk parabola bergeser hanya menyebabkan kualitas sinyal parabola saja yang hilang, sementara intensitas sinyal masih muncul.

Parabola lgsat tidak ada sinyal

Untuk mengatasi kerusakan hilang sinyal akibat perubahan arah disk parabola, dapat dilakukan dengan cara pointing ulang disk sehingga mengarah dengan tepat ke satelit yang dituju.

Pos Terkait:  Setting Frekuensi LNB Telkom 4

Baca Juga : Arah parabola k vision yang benar

5. Disk parabola tertutup

Kadang tanpa disadari, kehilangan sinyal parabola lgsat terjadi karena disk parabola tertutup oleh daun daun pohon atau bangunan. Akibatnya sinyal dari satelit tidak dapat menembus dan diterima oleh antena parabola.

Coba anda periksa apakah terdapat penghalang baik dari pohon atau bangunan yang menghalangi arah disk antena parabola dengan posisi satelit. Pastikan area di sekitar disk harus terbuka agar sinyal satelit dapat dengan mudah ditangkap oleh antena parabola.

6. Frekuensi transponder berubah

Perubahan frekuensi transponder atau satelit juga dapat menjadi penyebab tv parabola hilang sinyal. Karena itu anda harus memperbarui data frekuensi transponder layanan tv satelit anda.

Coba anda cari informasi apakah layanan tv satelit parabola anda telah melakukan perubahan frekuensi transponder atau tidak. Anda bisa mendapatkan informasi frekuensi satelit melalui situs lyngsat yang memuat data transponder semua satelit di dunia.

Itulah beberapa faktor penyebab yang dapat membuat tv parabola lgsat tidak ada sinyal. Selain faktor diatas, tidak jarang juga kerusakan tidak ada sinyal disebabkan karena receiver mengalami kendala. Biasanya ada masalah pada bagian tuner frekuensinya. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *