Kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi

Ini Penyebab Kenapa Kulkas Tidak Dingin Dan Tidak Bunyi

Posted on

Saat ini di setiap rumah tangga hampir memiliki kulkas atau lemari es. Alat elektronika rumah tangga ini seakan menjadi perangkat yang wajib di tengah cuaca yang panas.

Selain berfungsi sebagai penyedia minuman dingin yang menyegarkan, kulkas juga dapat berguna untuk menyimpan makanan atau minuman agar tidak cepat rusak dan basi.

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, sama seperti perangkat elektronika lainnya, kulkas pun kerap mengalami kerusakan, misalnya kerusakan berupa kulkas tidak bisa dingin. Kondisi ini pun tentu akan menimbulkan pertanyaan kenapa kulkas tidak bisa dingin dan tidak bunyi.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan juga tidak terdengar suara sama sekali dari kulkas. Biasanya kerusakan seperti ini sering dialami oleh kulkas yang sudah berusia lama.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena kerusakan kulkas seperti itu masih dapat diperbaiki oleh para teknisi kulkas. Akan tetapi, sebelum Anda mengundang teknisi jasa service kulkas, mungkin ada baiknya Anda mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi penyebab kerusakan kulkas tidak dingin dan tidak bunyi.

Sumber bunyi pada kulkas

Kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai penyebab kerusakannya, mungkin Anda harus tahu terlebih dahulu darimana sumber suara yang muncul pada kulkas.

Pada kulkas normal, umumnya setiap beberapa menit atau jam akan terdengar suara dari kulkas. Hal ini biasanya menandakan kalau kulkas sedang dalam kondisi aktif beroperasi.

Suara yang keluar dari kulkas adalah berasal dari bunyi kompresor di dalam mesin kulkas yang sedang bekerja untuk menghisap dan memompa gas freon agar mengalir di jaringan pipa pendingin kulkas.

Pos Terkait:  Mengatasi Pintu Kulkas Tidak Rapat

Akan tetapi, bunyi yang dikeluarkan oleh kompresor ini akan berhenti ketika suhu di dalam kulkas sudah mencapai temperatur tertentu yang telah disetel pada thermostat. Selanjutnya kompresor akan kembali menyala dan mengeluarkan bunyi ketika thermostat mendeteksi ada perubahan suhu pada kulkas.

Penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi

Secara umum, faktor yang menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi adalah karena kompresor tidak bekerja seperti biasanya. Namun, perlu Anda ketahui, ketika beroperasi, kompresor didukung oleh beberapa komponen lain yang sangat mempengaruhi kinerja dari kompresor.

Karena itu, ketika komponen pendukung tersebut mengalami kerusakan, maka dapat berakibat pada kompresor tidak berfungsi.

Apa saja penyebab dari kerusakan kulkas tidak dingin dan disertai dengan tidak bunyi ? berikut ini adalah penjelasannya.

1. Kabel power putus

Hal pertama yang perlu Anda periksa ketika mendapati kulkas megalami masalah atau tidak bekerja adalah memeriksa kabel power kulkas. Pada kulkas yang telah berusia lama, tidak jarang sering ditemukan bagian kabel power yang terkelupas atau rusak akibat digigit oleh tikus.

Kabel power yang putus akibat digigit tikus ni dapat menyebabkan aliran arus listrik pada kulkas terganggu sehingga kompresor kulkas tidak menyala.

2. Terminal stop kontak rusak

Jika kabel power kulkas masih dalam kondisi baik baik saja, namun lampu kulkas tidak menyala saat pintu kulkas dibuka, Anda perlu mencurigai stop kontak tidak tersambung dengan benar. Coba Anda periksa colokan stop kontak untuk memastikan terpasa dengan benar dan kuat, karena tidak jarang ditemui stop kontak yang kendor karena kabel power tertarik.

Pos Terkait:  Perlukah Stabilizer Untuk Kulkas ?

Untuk memastikan kerusakan pada terminal stop kontak, Anda dapat mencoba mencolokkan kabel power atau kabel listrik kulkas ke sumber listrik lain.

3. Termostat rusak

Penyebab lain yang dapat membuat kulkas tidak dingin dan tidak bunyi adalah thermostat kulkas tidak berfungsi atau mengalami kerusakan. Buat Anda yang belum tahu, thermostat kulkas merupakan komponen kulkas yang berfungsi untuk mengatur suhu di dalam kulkas.

Letak thermostan pada kulkas berbeda beda tergantung jenis dan merk kulkas, namun fungsinya tetap sama saja, yaitu menyetal temperatur suhu kulkas.

4. Timer tidak berfungsi

Komponen lain yang mendukung fungsi kinerja kompresosr kulkas adalah timer. Timer biasanya hanya terdapat pada jenis kulkas 2 pintu saja, sementara pada kulkas 1 pintu tidak ada komponen ini.

Fungsi timer pada kulkas 2 pintu adalah untuk mengatur aliran listrik antara kompresor kulkas dan defrost. Di dalam komponen ini terdapat relay dan mekanisme waktu yang akan mengatur atau mensaklar aliran listrik.

Jika timer kulkas mengalami masalah, maka dapat menyebabkan kompresor tidak bekerja sehingga tidak terdengar bunyi pada kulkas.

5. Kompresor rusak

Kompresor merupakan komponen inti di dalam kulkas, baik yang 1 pintu maupun 2 pintu. Komponen ini bertugas untuk mengatur sirkulasi gas pendingin atau freon.

Apabila kompresor tidak bekerja atau rusak akan ditandai dengan tidak ada bunyi yang dikeluarkan oleh kulkas. Dampaknya lebih lanjut adalah kulkas tidak dingin meskipun lampu menyala.

6. Relay tidak bekerja

Saat kompresor kulkas tidak bekerja, Anda jangan terburu buru menyimpulkan kalau kompresor mengalami kerusakan, karena bisa jadi penyebab utamanya bukan pada kompresor. Komponen lain yangmendukung kerja kompresor adalah relay.

Relay kompresor berfungsi untuk membantu kompresor ketika pertama kali menyala berputar. Relay akan memberikan aliran arus listrik pada kumparan bantu kompresor saat kompresor mulai bekerja sampai putaran kompresor stabil.

Pos Terkait:  Kulkas Sharp Berapa Watt ? Cek Datanya !

Karena itu, apabila relay kompresor mengalami kerusakan, maka biasanya kompresor tidak akan mau bekerja.

Kulkas tidak dingin ada suara air

Kulkas tidak dingin tapi bunyi

Salah satu kendala lain yang juga sering dialami oleh pengguna kulkas adalah, kulkas tidak dingin ada suara air. Sepintas, kita tidak akan melihat adanya kerusakan yang ada pada kulkas, karena kompresor masih bunyi yang menandakan kompresor tidak bermasalah.

Begitu pun lampu kulkas masih bisa menyala saat pintu kulkas dibuka yang berarti aliran kelistrikan pada kulkas berfungsi dengan baik. Namun demikian, kiat mendapati masalah kulkas tidak mau dingin dan terdengar ada suara gemericik air di sekitar evaporator.

Lalu apa penyebab dari kulkas tidak dingin namun terdengar suara air ? berikut ini adalah ulasannya.

1. Pipa pendingin macet

Di dalam sistem pendinggin kulkas terdapat jaringan pipa yang berfungsi sebagai penyalur sirkulasi gas freon. Aliran gas freon ini bisa saja macet atau tersumbat akibat dari kotoran dan minyak pelumas yang bertumpuk pada saluran pipa.

Umumnya, freon kulkas mengalami kebuntuan atau macet di area pipa kapiler atau filter. Hal ini disebabkan karena pada bagian pipa tersebut memiliki diameter saluran yang sangat kecil.

2. Freon bocor

Kejadian freon kulkas bocor sering kali tidak disadari oleh pemilik kulkas,tiba tiba saja kulkas menjadi tidak dingin. Freon merupakan zat pendingin yang penting pada sistem mesin pendingin kulkas, karena itu apabila gas ini habis karena bocor makan bisa mengakibatkan kulkas menjadi tidak dingin.

Freon bocor umumnya disebabkan karena terdapat pipa pendingin yang berlubang. Pada kulkas 1 pintu sering terjadi pada bagian pipa evaporator yang disebabkan oleh tertusuk benda tajam saat membersihkan evaporator dari bunga es.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang dapat menyebabkan kulkas tidak dingin dan tidak bunyi. Sebelum membawa kulkas Anda ke tukang service kulkas, ada baiknya Anda periksa dulu kerusakan yang terjadi pada kulkas Anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *