Cara pasang parabola mini

Cara Pasang Parabola Mini [Bebas Biaya Bulanan]

Posted on
Cara pasang parabola mini ninmedia

Bagi Anda yang mencari panduan cara pasang parabola mini dapat membaca artikel ini sampai selesai. Karena di artikel ini di bahas tutorial lengkap memasang antena parabola mini untuk pemula dengan mudah.

Menggunakan antena parabola merupakan salah satu media untuk melihat siaran tv dengan kualitas yang bagus. Berbeda dengan jenis antena tv biasa, gambar siaran tv yang ditampilkan lewat perangkat parabola jauh lebih jernih dan pililhan channel yang banyak.

Ada banyak media siaran tv yang bisa diterima menggunakan antena parabola mini, baik yang gratis seperti ninmedia maupun yang berbayar seperti k vision dan nex parabola.

Kelebihan parabola mini

Secara fungsi, parabola mini dan parabola besar baik yang tipe dish jaring maupun dish solid sama saja, yaitu untuk menangkap frekuensi tv satelit. Perbedaannya hanya pada bentuk dan ukuran dish parabola saja.

Jenis parabola mini lebih banyak digunakan oleh pengguna tv satelit dibandingkan dengan parabola besar. Hal ini dikarena banyak kelebihan yang dimiliki oleh parabola mini. Berikut ini adalah kelebihan parabola mini :

  • Harga lebih murah
  • Lokasi pemasangan tidak butuh tempat yang luas.
  • Mudah dipasangndi rumah sendiri.
  • Dapat menerima siaran tv ninmedia.

Tips memilih parabola mini

Saat ini kita dapat dengan mudah membeli perangkat antena parabola mini di toko elektronika yang ada di kota Anda. Bahkan Anda dapat dengan mudah mememsannya di toko onlline dengan harga yang terjangkau.

Ada banyak merk parabola mini yang dijual di pasaran saat ini dengan mutu dan kualitas bahan yang beragam. Baiknya Anda membeli jenis parabola yang memiliki kualitas bahan dan desain yang baik, agar dapat menerima sinyal satelit dengan maksimal.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika membeli antena parabola mini adalah sebagai berikut :

  1. Bahan antena terbuat dari logam yang kualy dan tebal.
  2. Pilih paraboila mini dengan ukuran diameter yang paling besar.
  3. Desain yang ringkas dan mudah dirakit.
  4. Bahan tahan terhadap karat.
  5. Rancangan titik fokus antena yang baik.
Pos Terkait:  Ini Frekuensi LNB Ninmedia Terbaru 2023

Cara pasang parabola mini ninmedia

Untuk tahap belajar, Anda dapat mencoba untuk melock siaran tv ninmedia lebih dulu. Karena media tv satelit ini memiliki cukup banyak channel yang disediakan secara gratis.

Jika Anda sudah berhasil dan paham cara memasangn parabola mini, selanjutnya Anda dengan mudah bisa memasang parabola untuk menangkap jenis siaran tv satelit lainnya, seperti k vision dan transvision.

Untuk mendapatkan sinyal dari ninmedia, Anda dapat menggunakan berbagai jenis merk parabola mini, seperti tanaka, venus, matrix dan viva+. Bahkan jika Anda memiliki parabola mini bekas pun masih dapat dipakai untuk menerima siaran tv ninmedia.

1. Persiapan pemasangan

Hal pertama yang pperlu Anda pikirkan ketika akan memasang parabola adalah merencanakan lokasi pemasangan antena parabola. Tentukan lokasi yang dapat dijangkau dengan mudah agar Anda tidak merasa kesulitan ketika memasang dish parabola atau saat pointing arah parabola.

Selain itu, perhatikan juga lokaso sekitar pemasangan antena parabola. Usahakan jangan sampai terdapat pohon atau bangunan tinggi yang akan menghalangi sinyal satelit untuk sampai ke dish parabola. Umumnya letak pemasangan antena parabola mini berada di atap atau sisi tembok rumah.

Karena kita akan menangkap frekuensi siaran ninmedia yang ada di satelit Asiasat 9 di arah timur, maka pastikan area timur parabola bebas dari halangan berupa pohon, bangunan atau tembok rumah. Hal ini dilakukan agar tidak kesulitan ketika tracking sinyal satelit ninimedia.

Setelah Anda menentukan lokasi pemasangan antena parabola, selanjutnya Anda mulia merakit antena parabola dan memasang lnb serta kable antenanya. Proses perakitan antena parabola mini terbilang cukup mudah, karena tidak terlalu banyak bagian yang mesti dirakit.

2. Setting receiver parabola

Jika parabola sudah dirakit dan tiangnya sudah terpasang dengan benar, jangan lupa untuk menghubungkan lnb parabola dengan receiver mengunakan kabel parabola. Hubungkan dulu lnb dengan receiver. Pastikan konektor kabel terpasang dengan kuat.

Berikutnya sebelum pointing arah antena, kita setting dulu receiver parabola sesuai dengan satelit yang akan dituju. Dalam contoh ini saya akan menangkap satelit asiasat 9 tempat ninmedia berada. Langkah mengatur receivernya adalah sebagai berikut :

  • Tambahkan dulu satelit asiasat 9 jika belum ada dalam daftar satelit di receiver anda.
  • Masuk ke menu program, kemudian tambah satelit dan masukkan nama satelit serta garis bujur satelit. Nama satelit : Asiasat 9 garis bujur : 122 E
  • Jika satelit asiasat 9 sudah ditambahkan, berikutnya kita menambahkan transponder baru pada satelit asiasat 9. Tekan tombol tambah transponder kemudian masukkan frekuensi transponder ninmedia terbaru : 12655 V 45000
  •  Selanjutnya masuk ke menu pengaturan antena untuk mengatur frekuensi lnb parabola
  • Pilih tipe lnb / frekuensi lnb universal dengan frekuensi 9750/10600
  • Simpan pengaturan. 
  • Kita lihat pada indikator intensitas sinyal yang atas seharusnya sudah naik levelnya. Jika belum, pastikan kabel antena sudah terpasang ke lnb dan pengaturan receiver anda sudah benar.
Pos Terkait:  Arah Satelit Asiasat 9 Yang Tepat
Setting receiver ninmedia

3. Pemasangan tiang parabola

Meskipun terlihat sepele, pemasangan tiang parabola tidak bisa asal saja. Posisi pemasangan tiang harus tegak lurus 90° terhadap garis horizontal. Karena jika tidak, nanti anda akan kesulitan dalam menangkap sinyal parabola secara maksimal.

Pastikan juga tiang parabola terpasang dengan kuat dan kokoh agar tidak mudah goyang oleh angin. Pergeseran arah parabola sedikit saja bisa menyebabkan sinyal parabola hilang sehingga siaran tv yang ditonton macet / tidak lancar. 

Cara pasang parabola mini

4. Saatnya tracking siaran ninmedia

Jika setting receiver parabola sudah selesai dan benar, tahap berikutnya kita bisa memulai untuk pointing antena. Kita perlu mengarahkan antena ke satelit asiasat 9 dengan tepat agar bisa menangkap siaran parabola ninmedia.

  • Pasang dish parabola pada tiang parabola. Pastikan dish bisa bergerak dengan leluasa.
  • Karena asiasat 9 letaknya di sebelah timur, maka kita akan menggerakkan dish condong  ke arah timur.
  • Pertama, hadapkan dish parabola tepat ke arah timur kemudian angkat secara perlahan lahan sambil melihat indikator kualitas sinyal pada receiver.
  • Gerakkan dish keatas sampai tengadah. Jika belum ada penampakkan sinyal, coba putar sedikit dish serong ke arah utara. Kemudian lanjutkan kembali menggerakkan dish keatas perlahan lahan.
  • Ingat, saat pointing arah dish antena harus dilakukan dengan sangat perlahan karena sinyal satelit cukup peka.
  • Jika belum juga ada penampakan pada indikator kualitas sinyal, coba geser sedikit arah dish serong ke utara kemudian ulangi kembali menggerakkan dish dar bawah ke atas.
  • Jika sudah ada sinyal selanjutnya anda tinggal berusaha memaksimalkan level kualitas sinyal agar besar / maksimum. Caranya adalah dengan menggeser sedikit arah dish baik atas – bawah atau kanan- kiri. Atur juga arah konektor antena sampai di dapat penangkapan sinyal yang maksimal.
  • Bila sinyal sudah maksimal, kencangkan semua baut / mur penyetel sudut kemiringan dish parabola.
  • Selanjutnya lakukan scan / pindai frekuensi transponder. Caranya masuk ke menu program di receiver. Pilih frekuensi transponder ninmedia tadi kemudian tekan tombol scan / pindai ( biasanya berwarna biru). tekan ok untuk memulai pemindaian.
  • Jika semua channel yang dipindai sudah didapat, simpan agar channel tersebut bisa tersimpan di daftar channel.
Pos Terkait:  [Update] Frekuensi Ninmedia Ku Band Terbaru 2023

Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan video cara pasang parabola mini di bawah ini :

https://www.youtube.com/watch?v=FwIrrYCa4dU

Memilih receiver parabola mini terbaik

Sementara untuk jenis receiver / dekoder parabola yang bagus tentu saja akan sebanding dengan harganya. Untuk pemilihan receiver yang digunakan khusus untuk menangkap siaran parabola ku band sebenarnya tidak terlalu ribet. Tidak seperti receiver parabola yang akan digunakan untuk menangkap frekuensi c band. Karena butuh fitur tertentu seperti pembuka acakan siaran agar anda bisa menangkap lebih banyak siaran parabola c band.

Ada beberapa faktor yang perlu ada pertimbangkan ketika akan membeli receiver parabola mini ku band :

  1. Fitur dan kelengkapan yang ditawarkan.
  2. Sudah mendukung teknologi gambar hd.
  3. Body yang cukup kokoh dan bisa membuang panas.
  4. Respon remote program yang baik.
  5. Dukungan update software yang berkelanjutan.
  6. Dukungan purna jual / service.

Baca Juga : Receiver ninmedia rekomendasi 2021

Saat ini banyak penyedia layanan tv parabola berbayar yang menawarkan paket langganan tv yang bisa diterima menggunakan receiver khusus milik mereka. Namun biasanya harga receiver khusus mereka tersebut cukup mahal jika dibandingkan dengan receiver biasa yang memiliki fungsi dan fitur sama. 

Jika anda hendak mengakses siaran parabola milik provider tertentu, misalnya k vision, nusantara hd atau nex parabola, anda bisa membeli produk receiver mereka. Tapi jika anda hanya ingin mencari siaran tv parabola gratis maka bisa membeli receiver yang umum saja.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *