Arah Satelit Asiasat 9 Yang Tepat

Posted on

Sejak Ninmedia memindahkan siarannya ke satelit 9, banyak pengguna tv parabola yang browsing di google mencari arah satelit Asiasat 9 terbaru. Sebenarnya, satelit ini sudah lama hadir di atas wilayah Indonesia dan menyiarkan beberapa channel tv luar negeri.

Ketenaran satelit Asiasat 9 ini mulai menanjak ketika Ninmedia menghuni transponder Asiasat 9. Di satelit ini, Ninmedia menempati dua unit transponder ku band untuk menyiarkan siarannya ke seluruh daerah di Indonesia.

Kita dapat menerima frekuensi siaran Ninmedia dengan mudah hanya dengan menggunakan parabola mini dan receiver biasa yang sudah mendukung format siaran MPEG-4. Kualitas sinyal Ninmedia cukup baik sehingga mudah untuk ditemukan saat tracking mencari sinyal Ninmedia, bahkan oleh pemula sekalipun.

Posisi arah satelit Asiasat 9

Posisi garis bujur satelit Asiasat 9 berada di titik koordinat 122 °E. Posisi ini tepat diatas wilayah udara propinsi Sulawesi tengah. Jadi buat anda yang berada di wilayah tersebut arah disk parabola mini adalah menghadap ke atas.

Arah satelit asiasat 9

Posisi titik koordinat satelit Asiasat 9 dapat dijadikan patokan saat kita mengarahkan disk parabola. Jika daerah anda berada di sebelah barat titik koordinat 122 °E , maka arah disk parabola akan miring ke timur. Semakin ke barat posisi daerah anda maka disk parabola akan makin miring ke timur.

Pos Terkait:  [Update] Frekuensi Ninmedia Ku Band Terbaru 2023

Sebaliknya, jika posisi anda berada di sebelah timur titik garis bujur Asiasat 9, maka arah disk parabola anda akan miring ke barat. Khusus untuk wilayah pulau Jawa, arah disk parabola agak sedikit miring ke utara atau timur laut agar mudah menerima sinyal dari satelit Asiasat 9.

Beam Asiasat 9 ku band

Satelit Asiasat 9 pertama kali diluncurkan pada bulan september 2017 melalui wahana peluncuran satelit Baikonur Cosmodrome menggunakan roket Proton M. Satelit ini sudah aktif dan dikendalikan oleh operator satelit Asia Satellite Telecommunication.

Daya jangkau atau beam satelit Asiasat 9 meliputi beberapa wilayah di sekitar Asia Tenggara. Untuk wilayah Indonesia sendiri mendapatkan beam Asiasat frekuensi ku band dan C band. Kualitas sinyal satelit ini rata rata cukup baik dan mudah untuk dilacak.

Frekuensi terkuat Asisat 9 ku band

Bagi anda yang akan tracking mencari sinyal satelit Asiasat 9, berikut ini adalah daftar frekuensi terkuat Asisaat 9 ku band. Anda dapat menggunakan salah satu frekuensi tersebut sebagai acuan dalam melacak sinyal Asiasat 9 ku band.

Frekuensi TransponderPolaritasSymbol Rate
12269V2521
11415V45000
12320V2850
12655V45000
12367V3000

Cara tracking satelit Asiasat 9 ku band

  • Masukkan dulu frekuensi terkuat satelit Asiasat 9 sebagai patokan
  • Kendurkan baut pengatur elevasi atau sudut kemiringan disk parabola
  • Pastikan disk parabola dapat bergerak dengan bebas
  • Arahkan disk parabola mini anda ke keatas seperti payung terbalik.
  • Jika wilayah anda berada di sebelah barat titik koordinat Asiasat 9, gerakkan disk ke arah timur secara perlahan hingga muncul sinyal pada indikator sinyal di receiver
  • Untuk anda yang berada di wilayah timur dari titik koordinat Asiasat 9, gerakkan disk parabola miring ke barat secara perlahan sampai didapatkan sinyal dari satelit Asiasat 9
  • Anda dapat memutar disk parabola anda sedikit ke arah utara atau serong ke utara jika masih kesulitan melacak sinyal Asiasat 9
  • Apabila sinyal sudah bisa diterima dengan maksimal, kencangkan kembali baut pengatur sudut elevasi antena parabola agar tidak mudah berubah.
Pos Terkait:  Arah Satelit Ninmedia Terbaru 2023 [UPDATE]

Demikian penjelasan tentang arah satelit Asiasat 9 saat ini. Untuk posisi konektor lnb ku band yang benar adalah berada pada arah barat atau timur. Namun jika penerimaan kualitas sinyal yang didapatkan kurang maksimal, anda dapat memutar sedikit arah konektor lnb sehingga didapatkan hasil penerimaan sinyal yang tinggi.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *