Kelebihan oppo find x5 pro

Kelebihan dan Spesifikasi Oppo Find X5 Pro

Posted on

Sesudah munculnya OPPO Find seri X3 Pro pada sekitar tahun 2021, saat ini saatnya pengguna rasakan kenyamanan memakai ponsel flagship dari OPPO seri penerusnya. Apalagi jika bukan smartphone terbaru OPPO Find X5 Pro yang rilis di Maret 2022?

Sebenarnya tidak terlalu banyak  perbaikan yang gadget ini tawarkan, hal ini karena seri Oppo Find X3 Pro-nya saja merupakan jajaran ponsel paling canggih di kelasnya. Kalian tetap bisa rasakan layar yang serupa luar biasa-nya (malahan lebih keren lagi),disamping dengan balutan chip flagship yang menghadirkan lonjakan kinerja tinggi dibandingkan sebelumnya.

Tapi, PR OPPO di sisi perangkat flagship tentunya selalu sulit, karena mesti melawan beberapa pesaing yang  bagus juga. Misalnya saja, Galaxy S series, iPhone, serta Xiaomi dari jajaran seri angka atau Mi.

Lalu, apakah OPPO Find X5 Pro sanggup jadi flagship yang pantas dipertimbangkan dibanding para pesaingnya ? Buat menjawabnya, ayo lihat sejumlah point kelebihan serta kekurangan yang disandang oleh ponsel premium berikut ini.

Spesifikasi Oppo Find x5 Pro

Kelebihan oppo find x5 pro

Sebelum lanjut ke ulasan tentang fitur dan kelebihan apa saja yang dipunyai oleh ponsel flagship ini, terlebihi dulu, silahkan kalian simak spesifikasi lengkapnya.

JaringanGSM / HSPA / LTE / 5G
DiluncurkanApril 2022
DesainDimensi : 163.7 x 73.9 x 8.5 mm
 Berat : 218  g
 SIM : Dual SIM
 Bahan : material depan dan cover belakang kaca, frame alumunium
LayarJenis : LTPO2 AMOLED, nilai refresh rate 120 Hz, Kecerahan 525 nits
 Dimensi : 6.7 inch
 Resolusi : 1440 x 3216 pixels, aspek rasio 20 : 9
PlatformSistem Operasi : Android 12 ColorOS 12.1
 Chipset : Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1
 CPU : Octa-core (1×3.00 GHz Cortex-X2 & 3×2.50 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
 GPU : Adreno 730
RAM8 GB, 12 GB
Memori256 GB, 512 GB
Kamera Utama50 MP (wide), f/1.7
13 MP (telefoto), f/2.4
50 MP (ultrawide), f/2.2
Video : 4K@30/60fps, gyro-EIS, video 10‑bit
Multi-directional PDAF, OIS, perbesaran optik 2x, Hasselblad Color Calibration, LED flash, HDR, panorama
Kamera Depan32 MP (wide)
Video : 1080p@30fps, gyro-EIS
KonektivitasWLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
 Bluetooth : 5.2, A2DP, LE, aptX HD
 GPS : GPS, dual-band A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
 USB : Type C 3.1 / OTG
SensorFingerprint (optik, di bawah permukaan layar), akselerometer, giroskop, proksimitas, kompas, spektrum warna
BateraiLi-Po 5000 mAH, non-removable
Fast charging 80W (Kabel)
Fast Charging 50W (Nirkabel)
Reverse 10W (Nirkabel)
WarnaGlaze Black, Ceramic White

Cek harga :

Kelebihan Oppo Find x80 Pro

  • Desain menarik
  • Body terbuat dari kaca
  • Resolusi layar hingga 2K
  • Hasil kamera memuaskan
  • Dukungan fast charging 80W
  • Performa baik

Kekurangan

  • Optikal zoom hanya 2x
  • Kualitas fast charging bukan terbaik di kelasnya
  • Terkesan licin
  • Kecerahan kurang

Review Oppo Find x5 Pro

Pada seri ponsel flagship yang sejenisnya, OPPO Find seri X termasuk varian yang banyak diperhitungkan. penasaran seperti apa pesona dari Oppo seri terbaru ini ? Ayo, kita ulas lebih dalam lagi.

Performa

Sebagaimana rata rata ponsel flagship yang sejenisnya, OPPO Find seri X5 Pro pun didukung dengan chip eksklusif dari Qualcomm berkinerja powerfull, yaitu Snapdragon 8 Generasi 1. Ini pasti perbaikan yang pantas diapresiasi ketimbang Snapdragon 888 yang diadopsi oleh OPPO Find X3 Pro.

OPPO Find X5 Pro muncul dengan RAM jenis LPDDR5 yang mempunyai kemampuan 12 GB dengan ruang penyimpanan telepon standar UFS 3.1 ukuran 256 GB. Tanpa slot ruang penyimpanan eksternal yang hadir di ponsel ini.

Snapdragon 8 Gen 1 mempercayakan susunan prosesor octa-core dengan konfigurasi 1 + 3 + 4 yang terbagi atas satu unit Kryo Prime berbasis Cortex X2 (3 GHz), 3 inti performa tinggi Kryo Gold berbasis Cortex A710 (2.5 GHz), juga empat inti irit daya Kryo Silver berbasis Cortex A510 (1.8 GHz).

Pos Terkait:  Review Kelebihan Realme GT Neo 3

Dibanding Snapdragon seri 888 yang muncul di Find X3 Pro, kemampuan CPU Snapdragon 8 Gen 1 mendapatkan perbaikan kinerja sebanyak 20 persen serta efisiensi daya sebanyak 30 persen.

Snapdragon 8 Gen 1 pun menawarkan kartu pemroses grafis powerfull yaitu Adreno 730, dimana mampu beroperasi sampai frekuensi 818 MHz 
Beradasarkan hasil tes yang dilakukan oleh AnTuTu V9, OPPO Find X5 Pro adalah yang yang unggul  dibandingkan dengna para rivalnya yang setara. Ponsel ini mampu menembus nilai point 1 juta buat ujian AnTuTu v9. Jauh lebih tinggi ketimbang OPPO Find X3 Pro yang mendapat nilai point sebanyak 745.653 poin.

Gadget ini malahan nampak lebih baik daripada Xiaomi 12 Pro serta realme GT2 Pro, meskipun kedua telepon pintar pesaing itu juga memakai chip yang serupa.

Walaupun AnTuTu v9 memperlihatkan nilai point yang demikian tinggi, sepertinya nilai point ujian Geekbench 5 di OPPO Find X5 Pro tidak seperti sejumlah rivalnya. Ponsel ini menyajikan nilai point 1002 buat ujian single core serta 3433 buat multi-core.

Kemampuan OPPO Find X5 Pro tentunya tidak harus diragukan lagi sesudah mengetahui hasil ujian benchmark-nya, akan tetapi seperti apa dengan kemampuan real-time dari hp ini waktu memainkan game?

Hasil tes oppo find x5 pro

Sesuai dengan tes yang dikerjakan saluran YouTube lctfix.net, OPPO Find X5 Pro mampu menjalankan Genshin Impact, yang merupakan game open-world terberat di Android.

Waktu diuji di settingan Medium 60 FPS, permainan dapat berjalan lancar dan  tidak pernah terjadi frame drop. Begitu pula di adegan seru semisal waktu bertarung, gameplay yang disajikan  tetap terasa mengalir lancar tanpa path patah.

Permainan akhirnya coba diuji dengan settingan grafis lebih tinggi, yaitu tingkat Highest – 60 FPS. Hasilnya adalah nampak terjadi frame drop terlihat lebih banyak. Akan tetapi, secara keseluruhan, pengalaman bermain gaming yang dialami tetap mengesankan.

Sesudah ujian game, dari sektor temperatur, OPPO Find X5 Pro sepertinya mendapatkan perbaikan berarti. Di sisi layarnya, temperatur cuma bertambah menjadi kira-kira 42 sampai 43 derajat celsius saja.

Peningkatan temperatur ini masih bisa dikatakan normal serta tidak terlampau panas, karena belum menggapai melebihi  44 derajat selsius. Saran admin sih kalau ingin mainkan Genshin Impact sampai seharian lamanya, lebih baik memakai kipas pendingin eksternal.

GSM Arena pun ikut menguji apakah kemampuan OPPO Find X5 Pro menurun demikian drastis sesudah menangani beban setelah beberapa lama. Dan hasilnya adalah seperti dugaan, ternyata tidak, handset ini masih bekerja dengan baik.

Kemampuan menurun  waktu dilakukan  ujian CPU Throttling di 20 menit awal. Sesudah itu, kemampuan ponsel cuma terbatas di 70% saja, akan tetapi tetap stagnan di durasi ujian setelahnya.

Dapat dikatakan kalau OPPO Find X5 Pro tidak cuma sekadar powerfull, namun bisa juga menjaga kemampuan-nya supaya tetap sustained. Ini karena hadirnya sistem pendinginan next-gen, meliputi ruang uap (vapor chamber) dimana 75 % lebih luas daripada Find X3 Pro.

Layar

Layar oppo find x5 pro

Kalau Kalian sering bandingkan layar telepon pintar di level flagship, barangkali akan berpikiran spesifikasi sektor layar OPPO Find X5 Pro ini termasuk standar. Serupa dengan beberapa flagship lainnya, layar  handset ini  memakai panel AMOLED dengan tampilan, ketajaman, resolusi layar, serta warna yang  keren.

Daripada generasi sebelumnya, X5 Pro mendapatkan perbaikan yang awalnya memakai LTPO AMOLED saat ini jadi LTPO 2.0 AMOLED. Sehingga, telepon pintar bisa menyesuaikan nilai refresh rate antara 1 Hz sampai 120 Hz dengan lebih detail lagi.

Layar smartphone menghadirkan dimensi 6,7 inci di resolusi layar QHD+ atau 3216 x 1440 pixel, dengan bagian sisinya melengkung dan memperoleh rasio bodi dan layar sebanyak 92,7 persen.

Pos Terkait:  Review Kelebihan Realme Narzo 50 5G

Sementara itu aspek rasio panle sebanyak 20:9 dengan level kerapatan pixel 525 ppi yang menyajikan ketajaman gambar yang tinggi. Monitor layar pun menghadirkan warna 10 bit, sehingga mampu memperlihatkan sejumlah 1 miliar warna.

Yang lumayan mengesankan dari kemampuan layarnya yaitu caranya menangani nilai refresh rate dengan sendirinya, sesuai dengan kegiatan yang ditampilkan di layar. Berdasarkan pendapat GSM Arena, layar ponsel ini sediakan dua alternatif laju penyegaran, Standard serta High.

Standard akan mencegah nilai refresh rate di 60 Hz (maksimum), sementara High memberikan batas maksimum di 120 Hz. Kedua pengaturan ini akan menyesuaikan nilai refresh rate sesuai dengan aktivitas.

Serta sepertinya, penyesuaian laju penyegaran tampilan ini pun bergantung pada level pencahayaan. Kalau brightness disetting ke tingkat yang mendekati minimum di waktu layar statis, laju akan tetap maksimum di 120 Hz. Akan tetapi kalau pencahayaannya mendekati maksimum, maka laju penyegaran hingga 1 Hz.

Kalau pencahayaannya medium, maka layar telepon pintar ini akan mengurangi nilai refresh rate sampai 5 Hz atau 10 Hz. Buat admin, ini adalah penanganan nilai refresh rate yang cerdas, karena memperhatikan unsur baterai tanpa meminimalisir pengalaman pengguna.

Baterai

Contoh ciri utama yang dipunyai gadget flagship yaitu performa baterai serta fitur charging dayanya. Dalam point ini, OPPO Find X5 Pro tawarkan berbagai macam  fitur,  dari  fast charging 80 W sampai wireless charging 50 W.

Malahan, ponsel pun sediakan reverse wireless charging dengan daya 10 W. Yang ini lumayan penting buat mengisikan daya gadget berbeda di kala darurat.

OPPO Find X5 Pro pun alami perbaikan daya baterai jadi 5.000 mAh, daripada Find X3 Pro yang hanya hadirkan 4.500 mAh. Gadget ini bisa bertahan sangat panjang saat diuji nonton video durasi 10 jam (dengan mengaktifkan pengaturan “Do Not Disturb“, kecerahan di skala medium dan resolusi layar layar FHD+).

Hasilnya, perangkat ini meninggalkan sebanyak 32 persen daya baterai sesudah selesai nonton video 10 jam itu, dikutip dari Roland Moore-Colyer, pemilik dari situs Tom’s Guide. Dari hasil ujian itu, beliau pun perkirakan Find X5 Pro bisa bertahan paling tidak 6 jam lamanya on-screen.

Sesuai dengan ujian GSM Arena semisal yang dapat dipandang di atas, OPPO Find X5 Pro mendapatkan endurance rating hingga 101 jam, dengan lamanya panggilan telepon sampai 26 jam 36 menit, browsing 14 jam 18 menit, serta pemutaran video playback dalam waktu 17 jam 21 menit.

Endurance rating ponsel ini, sebagaimana yang dapat diduga, lebih unggul daripada OPPO Find X3 Pro di nilai point ujian 81 jam (4500 mAh) serta Xiaomi 12 Pro di tes durasi 74 jam (4600 mAh).

Platform

Spesifikasi oppo find x5 pro

Kalau berkaca di OPPO Reno series (khususnya OPPO Reno7), kita bisa tahu kalau antar-muka yang dihadirkan  merk ini merupakan contoh perangkat yang unggul di industri smartphone. OPPO Find X5 Pro muncul dengan platform Android 12 dengan antar-muka ColorOS 12.1 customizable.

Desainnya memperlihatkan nuansa futuristik dengan tampilan ikon yang perlihatkan sentuhan shadow supaya terlihat 3D. Selain itu, pengguna disajikan fitur-fitur unik serta   yang beragam.

Salah satunya yaitu Omoji, di mana Kalian bisa mengubah bentuk ekspresi wajah Kalian yang ditunjukkan lewat  sebuah avatar dan bisa dibagikan melalui pesan messenger.

Berikutnya, ponsel ini pun hadirkan fitur Air-Gesture yang membuat Kalian  bisa melakukan navigasi di ponsel tanpa mesti menyentuhkan jari pada layar. Misalnya untuk lakukan scrolling, mematikan alarm, ataupun jawab panggilan telepon. Semua dapat dikerjakan dengan cuma melakukan gestur atau gerakan tangan di udara.

Buat makin memudahkan masalah produktivitas, OPPO Find X5 Pro pun mempunyai fitur Multi-Screen Connect yang membuat pengguna bisa mensinkronkan bentuk layar ponsel dengan layar eksternal secara wireless. Sama semisal pada Samsung Wireless DeX di Galaxy S22 series.

Pos Terkait:  Spesifikasi Infinix Hot 11 2022

Di sini, Kalian bisa drag and drop di file dokumen antara layar ponsel dan monitor supaya dapat diedit pada layar besar, serta mendapatkan peringatan pesan di layar.

Fitur memikat lainnya yaitu O-Haptics, yaitu getaran haptic feedback yang memakai X-axis linear motor yang membuat Kalian bisa merasakan getaran dan sentuhan yang mirip bahan asli di dunia sebenarnya.

Kalian pun bisa mengatur bentuk getaran yang lain buat tiap nomor telepon yang terdapat di kontak Kalian. Dengan begini, cukup dengan dengar getaran unik tiap kali mendapatkan telepon, serta Kalian pun dapat langsung tau siapa yang telepon.

Kamera

Dari jumlah lensa kamera, OPPO X5 Pro mendapatkan pengurangan ketimbang Find X3 Pro. Diamna, tidak lagi menawarkan sensor mikroskopik, saat ini Find X5 Pro hadirkan  kombinasi Triple Kamera yang meliputi sensor 50 MP Sony IMX 766. Kamera itu mempunyai dimensi sensor 1/1.56 inci, bukaan f/1.7, serta menawarkan stabilisasi 5-axis sekelas kamera SLR.

Di sektor kamera keduanya, dibenamkan sensor 50 MP Sony IMX 766 untuk fungsi ultrawide dengan dimensi sensor 1/1.56 inci, apertur f/2.2, serta area keluasan natif sebanyak 110 derajat.Dari kedua kamera ini pun ikut menyajikan PDAF segala arah (multidirectional).

Untuk kamera ketiga, ponsel flagship ini menyajikan kamera 13 MP tele-foto dengan bukaan f/2.4 yang mensupport 5x zoom optik hibrida dengan 20x zoom digital. Selain itu, zoom optiknya cuma mensupport sampai 2x saja.

Kamera oppo find x5 pro

OPPO Find X5 Pro pun menawarkan chip kamera dengan label MariSilicon X buatan OPPO. Chip itu diketahui adalah hasil kerjasama dengan Hasselblad yang juga turut menghasilkan Natural Color Calibration buat hasil warna lebih alami serta detail.

Karena NPU MariSilicon X itu, smartphone menjadi mempunyai perbaikan berlipat-lipat dari bagian videografi saat hari gelap. Diketahui, MariSilicon X dibentuk atas pemrosesan manufaktur 6 nm dengan nilai komputasi AI sebanyak 18 TOPS.

Munculnya chip kamera ini pun membuat pengguna dapat merekam video di hari gelap di resolusi layar 4K dengan noise yang minimal, eksposur stabil, dan detail yang menarik. Selain itu, OPPO Find X5 Pro pun mampu merekam video HDR pada profil warna 20 bit.

Berdasarkan pendapat pengamatan GSM Arena, hampir tanpa perbedaan antara pengaturan Auto biasa dengan pengaturan Night Mode, kedua pengaturan sama juga menghadirkan suasana detail serta kualitas hasil yang prima di kondisi cahaya minim. Selain itu, warna yang tampil  di foto siang hari  pun demikian terang serta menyala.

Desain

Rancangan bodi OPPO Find X5 Pro sepertinya tidak banyak berubah seperti  Find X3 Pro. Sama juga menyajikan desain  unibodi sehingga menjadikan bentuk kamera nampak menyatu dengan bodi smartphone.

Bahan OPPO Find X5 Pro berasal dari keramik serta terbagi jadi dua jenis warna, Ceramic White serta Glaze Black. GSM Arena menyebutkan, bodi telepon pintar ponsel ini nampak terasa lebih eksklusif daripada bodi punggung Samsung Galaxy seri S22 .

ponsel ini mempunyai bobot yang lebih berat dari Find X3 Pro. Sedangkan generasi sebelumnya cuma berbobot 193 gram, Oppo X5 Pro muncul dengan massa 218 gram buat seri keramiknya. Pada dasarnya, Find X5 Pro pun mempunyai seri dengan bahan kulit imitasi dengan berat 195 gram, akan tetapi ini cuma hadir di pasar Tiongkok saja.

Biarpun lebih berat, point ini bisa dimaklumi karena kemampuan baterainya yang bertambah. Bodi perangkat pun niscaya kuat dari goresan ataupun kerusakan akibat jatuh.

Ini karena di sisi layarnya telah dibenamkan lapisan Corning Gorilla Glass Victus yang tetap kuat walaupun jatuh dari ketinggian sampai 2 meter. Sebuah perbaikan ketimbang Find X3 Pro yang cuma andalkan Gorilla Glass 5.

Sebagaimana ponsel flagship umumnya, Find X5 Pro pun ditambah sertifikat IP68 yang bisa jadi mengurangi kerusakan walaupun  jatuh di air sedalam 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

Karena bodi punggung keramik di ponsel ini lebih keras ketimbang kaca, GSM Arena menyebutkan ponsel ini mempunyai daya tahan terhadap yang lebih unggul terhadap baret.

Yang jadi point memikat terhadap bentuk bodi di ponsel ini yaitu lokasi tombol yang dipisah. Di sisi kiri ada tombol volume serta di sisi kanan terdapat tombol daya. Selain itu , lokasi sensor pindai sidik jari di layar pun ditempatkan sedikit lebih ke atas sehingga mudahkan pengguna buat akses sensor.

Gadget ini pun menawarkan stereo speaker yang terdapat di atas serta bawah bodi. Sementara buat bagian layarnya, menghadirkan desain curved display. Secara garis besar, OPPO Find X5 Pro merupakan contoh ponsel eksklusif dengan desain bodi yang unggul, apakah buat dipandang ataupun dirasakan pada tangan.

Kesimpulan

Di harganya itu, admin dapat mengatakan OPPO Find X5 Pro pantas jadi daily driver Kalian berikutnya. Apalagi kalau Kalian memprioritaskan desain ergonomika, kemampuan game, serta photografi di atas segalanya.

Ya, performa fast charging-nya tentunya bukan yang yang unggul di jajarannya. Begitu juga dengan kemampuan pencahayaan layar yang kalah saing. Tapi, kelebihannya di bagian perangkat lunakhaptic feedback, serta NFC yang fungsional di sudut 360 derajat bikin ponsel ini sulit ditolak.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *