Kelebihan spesifikasi realme gt neo 3

Review Kelebihan Realme GT Neo 3

Posted on

Setelah gamer hardcore sedunia dipuaskan dengan kehadiran realme GT Neo2 di tahun 2021, kini telah hadir sang penerus yang dinamakan realme GT Neo3. Ponsel yang dirancang untuk hadirkan performa tinggi tersebut menunjukkan batang hidungnya di pasar China pada 22 Maret 2022.

HP ini diketahui memiliki harga rilis yang cukup beragam, mulai dari 1.999 yuan atau setara dengan Rp4,5 juta hingga 2.799 yuan yang setara dengan Rp6,3 juta. Saat artikel ini ditulis, belum diketahui harga resminya saat nanti masuk ke Indonesia.

Yang jelas, melihat dari kisaran harganya, tampaknya ia merupakan pesaing dari Xiaomi 11T series dan OPPO Reno7 series. Dibandingkan dengan para pesaingnya, sanggupkah realme GT Neo3 dinobatkan sebagai the king of mid-range?

Spesifikasi Realme GT Neo 3

Kelebihan spesifikasi realme gt neo 3

Sebelum lanjut ke ulasan apa saja fitur terbaik yang dihadirkan oleh ponsel ini, kalian simak dulu spesifikasi lengkap dari Realme GT Neo 3 di bawah ini.

JaringanGSM / HSPA / LTE / CDMA / 5G / EVDO
DiluncurkanMaret 2022
DesainDimensi : 163.3 x 75.6 x 8.2 mm
Berat : 188 gr
SIM : Dual SIM
LayarJenis : AMOLED, 1B colors, refresh rate 120Hz, HDR10+
Dimensi : 6.7 inch
Resolusi : 1080 x 2412 pixels, aspek rasio 20 : 9
Proteksi : Corning Gorilla Glass 5
PlatformSistem Operasi : Android 12, Realme UI 3.0
Chipset : MediaTek Dimensity 8100 (5 nm)
CPU : Octa-core (4×2.85 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
GPU : Mali-G610 MC6
RAM6GB, 8GB, 12GB
ROM128GB, 256GB
Card SlotNo
Kamera Utama50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 1/1.56″, 1.0µm, PDAF, OIS
8 MP, f/2.3, 15mm, 120˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
Video : 4K@30/60fps, 1080p@30/60fps, gyro-EIS
Fitur : Dual-LED dual-tone flash, HDR, panorama
Kamera Depan16 MP, f/2.5, 26mm (wide), 1/3.09″, 1.0µm
Video : 1080p@30fps, gyro-EIS
Fitur : HDR, panorama
KonektivitasWLAN : Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth : 5.3, A2DP, LE, aptX HD
GPS : A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS, QZSS
USB : Type C 2.0 / OTG
Radio Fm : No
NFC : Ada
SensorFingerprint (under display, optical), accelerometer, gyro, compass
BateraiLi-Po 5000 mAH, non-removable
Fast charging 80W (Kabel)
WarnaPlain Black (Asphalt Black), Silverstone White (Sprint White), Le Mans Blue (Nitro Blue

Cek harga Realme GT Neo 3

Kelebihan hp Realme GT neo 3

  • Charging cepat
  • Layar menarik
  • Desain tipis
  • Performa balap
  • Kamera bagus

Kekurangan

  • Tidak ada slot memori eksternal
  • Tidak tersedia jack 3.5mm
  • Tidak ada sertifikat IP rating

Review Realme GT Neo 3

Desain

Desain realme gt neo 3

Jika Anda bosan dengan desain HP yang “itu-itu saja”, dijamin realme GT Neo3 tidak akan mengecewakan. Ya, sebagian pakar berpendapat bahwa embel-embel GT di namanya memang singkatan dari Gran Turismo, mirip gim balap yang ada di konsol PlayStation.

Maka dari itu, tidak heran desain realme GT Neo3 benar-benar mencirikan nuansa mobil balap. Konsep desain Racing Stripe ini melambangkan kecepatan dan performa, dua hal yang menjadi fokus utama realme GT Neo3.

Bagian belakangnya mengusung finishing dari material kaca AG dengan nuansa kontur yang cantik. Ditambah lagi, relame menyebut bodi belakang yang halus ini menampilkan glare yang lebih minim, serta tidak mudah menjadi sarang bagi noda sidik jari.

Pos Terkait:  Review Spesifikasi dan Kelebihan Vivo X80 Pro 5G

realme GT Neo3 pun memiliki bobot yang begitu ringan di angka 188 gram saja. Kendati tidak seringan OPPO Reno7 dengan bobot 175 gram, tapi tetap saja terbilang salah satu yang paling ringan di kelasnya. Menurut 91mobiles.com. ponsel ini begitu terasa premium saat digenggam, dan dapat digunakan pada satu tangan dengan nyaman.

Layar

Merk realme umumnya jarang menghadirkan spesifikasi layar yang biasa-biasa saja pada setiap produknya, apalagi untuk segmen menengah seperti realme GT Neo3 ini. Tidak lagi gunakan IPS LCD, panel layar mengusung AMOLED dengan ukuran 6,7 inci yang dikemas pada resolusi Full HD+ (1080 x 2412 piksel).

Layarnya inipun mengusung aspek rasio 20:9 dengan tingkat kerapatan 394 ppi, sehingga menyuguhkan ketajaman super tinggi agar mata pengguna benar-benar dimanjakan.

Agar transisi layar pada saat scrolling aplikasi, bermain gim, dan menjelajahi antarmuka meningkat dua kali lipat dari biasanya, layar pun menghadirkan refresh rate 120 Hz. Ini tentu sebuah kabar menggembirakan, mengingat OPPO Reno7 5G hanya menghadirkan laju 90 Hz saja.

Adapun untuk meningkatkan responsivitas layar saat bermain gim, diberikan touch sampling rate 360 Hz. Hal ini bertujuan agar Anda dapat menjadi yang pertama menyerang lawan di medan pertempuran, di saat Anda dan lawan mengetuk tombol serang di waktu yang sama.

Layar ponsel juga didukung oleh Dedicated Display Processor yang akan menambahkan frame di saat memainkan gim yang mendukung, sehingga frame rate-nya bisa ditingkatkan hingga up to 120 FPS.

Prosesor tersebut juga akan melakukan proses rendering grafis dan interpolasi untuk menghasilkan data yang baru di antara range yang ditetapkan. Ini berimbas baik pada ketahanan baterai saat bermain gim.

Menurut 91mobiles.com, layar smartphone mampu meraih kecerahan hingga 1000 nit dan memiliki sudut penglihatan yang baik. Dengan begitu, layar ponsel tetap terlihat enak walau dipakai menonton berdua bersama teman atau pasangan.

Layar realme gt neo 3

Bezelnya yang tipis benar-benar menghasilkan usable surface yang begitu luas, sehingga layar memiliki rasio bodi-ke-layar yang melebihi 94 persen. Ditambah lagi, gamut warna yang didukung layar ini pun cukup luas, hadirkan standar warna 10-bit yang mampu tampilkan sebanyak 1,07 miliar warna. Gradasi warna di layar sungguh akan terlihat memesona.

Kontras rasio yang dimiliki HP ini mencapai 5 juta banding 1. Anda pun akan disuguhkan tampilan warna hitam yang benar-benar gelap, dan warna putih yang ditampilkan pun akan sungguh terlihat terang dan mengagumkan. Singkat kata, kualitas layar realme GT Neo3 termasuk salah satu yang terbaik di harganya.

Performa

realme GT Neo3 dirilis menggunakan chipset MediaTek untuk kelas high-end yakni Dimensity 8100. Chipset tersebut merupakan varian yang sedikit lebih tinggi dari Dimensity 8000, unggul dari sisi prosesor yang telah di-overclock.

Ini merupakan SoC (system on chip) yang cukup gahar untuk di kelas harga menengah ke atas, membawakan dua klaster prosesor berformat 4 + 4 yang terdiri dari inti Cortex A78 (2.85 GHz) dan Cortex A55 (2 GHz).

Demi menunjang aktivitas gaming yang lancar tanpa kendala, chipset ini dikemas dengan kartu pengolah grafis Mali G610 MC6. Menariknya, Dimensity 8100 dibangun atas proses fabrikasi 5 nm sehingga memiliki tingkatan efisiensi daya setara dengan chipset flagship.

Agar dapat membuka aplikasi dengan lebih cepat dan gesit, smartphone bergaya desain mobil balap ini dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5 serta memori internal berstandar UFS 3.1 yang beroperasi pada frekuensi 6400 MHz.

Pos Terkait:  Spesifikasi Kelebihan Realme Narzo 50A prime

Belum diketahui konfigurasi RAM dan memori internal pada varian yang masuk di Indonesia. Namun jika menilik laman spesifikasi realme India, ponsel ini hadirkan up to RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB. Tersedia juga RAM 8 GB dan internal 128 GB sebagai varian lebih murahnya.

Untuk mempertahankan performa stabil walau sudah bermain gim dalam waktu cukup lama, realme GT Neo3 dilengkapi dengan sistem pendingin internal yang solid. Tersedia cooling area yang sangat besar, berukuran 39606 mm persegi dengan ruang uap (vapor chamber) seluas 4129 mm persegi.

realme mengklaim Stainless Steel Vapor Cooling System Max tersebut menghadirkan ukuran area pendingin yang 7% lebih besar dari realme GT2 Pro, serta sanggup menurunkan suhu di area inti prosesor hingga 19 derajat celsius.

Sementara itu, vapor chamber di HP ini juga disinyalir 26% lebih besar dibandingkan predesornya, dan sanggup memberikan performa memukau sekaligus menjaga suhu dingin optimal.

Solusi pendingin suhu di HP ini terdiri dari 9 lapisan yang meliputi Diaomond Thermal Gel, diklaim 50-60% lebih baik ketimbang thermal gel biasa dalam hal menghilangkan panas. Sistem pendingin ini juga mengandalkan tambahan material copper alloy yang bisa meredakan panas lebih cepat dibanding besi atau aluminium.

Dilansir dari 91mobiles.com, realme GT Neo3 mendapatkan skor AnTuTu v9 sebesar 812.535 poin, sementara hasil Geekbench 5 menunjukkan skor 973 (single core) dan 3999 (multi-core).

Disebutkan pula bahwa reviewer di 91mobiles.com jarang mengalami masalah panas sepanjang pengujian ponsel, dan ini berkat proses fabrikasi 5 nm yang dimiliki Dimensity 8100 serta sistem pendingin yang bekerja dengan baik.

Kamera

Kamera realme gt neo 3

Bila diperhatikan lebih dalam, realme GT NEO 3 150W cenderung berikan shadow yang under-exposure alias lebih gelap. Saya cukup yakin ini perkara software yang belum matang saja, mengingat sensor dan ISP dari chipset harusnya sudah bagus. Hasil tangkapan foto malamnya pun cukup baik di kelasnya, dengan pengambilan shutter relatif instan pada mode malam.

Ada banyak mode kamera yang bisa dicoba mulai dari tilt-shift, Pro untuk parameter foto manual, Movie untuk video manual, sampai mode Street yang pas untuk jenis foto sesuai namanya.

Sensor utama dari realme GT NEO 3 150W bisa digunakan untuk rekam video hingga resolusi 4K 60fps. Dalam resolusi tertinggi, OIS tentu bakal aktif. Namun bila ingin hasil yang lebih stabil, bisa rekam video dalam resolusi 1080p yang memanfaatkan dual stabilization (OIS + EIS).

AI Highlight Video bisa diaktifkan untuk kondisi perekaman video saat backlight atau kondisi low-light. Menariknya lagi, disematkan fitur portrait video yang bekerja pada resolusi 1080p, baik kamera depan maupun belakang, dengan stabilisasi tetap aktif.

Baterai

Fast charging realme gt neo 3

realme GT NEO 3 150W dibekali kapasitas baterai yang cukup besar untuk sebuah smartphone tipis dan ringan. Dengan kapasitas 4,500 mAh, saya masih bisa menggunakannya seharian penuh tanpa harus isi daya lebih dulu menjelang malam.

Sistem pendingin yang optimal serta chipset yang efisien nampaknya berperan besar pada bagian ini. Disebut sebagai Triple-Chip Full-speed Flagship, realme GT NEO 3 ini juga sudah terpasang dedicated chip untuk pengamanan isi daya. Triple Chip-nya terbagi atas dedicated display processor untuk layar dan dual chip UltraDart Charge untuk memastikan kecepatan dan keamanan fast charging.

Pos Terkait:  Review Kelebihan Spesifikasi Samsung Galaxy M33 5G

Tentunya, yang menjadi bagian paling revolusioner pada realme GT NEO 3 150W, ada di sistem 150W UltraDart Charge. Dari sebuah purwarupa (prototype) di MWC 2022, kini bisa hadir ke konsumen dalam rentang waktu yang tergolong singkat. Membuktikan kalau realme benar-benar berusaha implementasikan teknologi terbaru mereka untuk para realme Fans, tak sekadar konsep saja.

Dengan mengaktifkan mode Rapid charging, pengisian daya dari hampir habis ke 50% membutuhkan waktu kisaran 6-7 menit. Sementara untuk mencapai 100% hanya memerlukan waktu sekitar 16 menit saja. Waktu yang sangat singkat tersebut bakal mengubah kebiasaan isi daya smartphone. Dari yang mungkin awalnya isi saat mandi pagi, berubah ke beberapa menit sebelum berangkat kerja, misalnya.

Bila mode Rapid charging dinonaktifkan, proses pengisiannya bakal sedikit lebih lama, namun tetap lebih kencang dari solusi fast charging yang ada di smartphone lain—setidaknya pada segmen harga yang sama. Sertifikasi dari TUV Rheinland, DxOMark, teknologi Smart MCU, plus 38 lapisan perlindungan keamanan memastikan proses pengisian daya realme GT NEO 3 150W berjalan aman.

Suhunya tetap terjaga, kok, nggak jadi panas banget alias masih sama saja seperti solusi fast charging pada umumnya walaupun arusnya bisa mencapai 150W. realme juga memastikan kalau kapasitas baterai realme GT NEO 3 150W bakal tetap berada setidaknya di 80%, meski sudah melalui 1,600 kali siklus pengisian.

Fitur lainnya

Sudah pakai versi realme UI 3.0 terbaru, realme GT NEO 3 150W tentu saja sudah menggunakan basis Android 12. Kalau Gizmo friends sudah pernah menjajal smartphone realme sebelumnya, tentu bakal familiar dengan tampilan antarmuka yang cukup clean namun juga punya banyak opsi kustomisasi.

Bagi kamu para multitasker atau yang biasa menjalankan dua aplikasi sekaligus, bisa memanfaatkan fitur split screen atau floating window agar aplikasi seperti Telegram bisa berjalan dalam jendela kecil di atas aplikasi lainnya. Menggunakan perangkat Windows PC? realme GT NEO 3 150W bisa tersambung secara nirkabel lewat fitur Multi-Screen Connect.

Dengan fitur tersebut, notifikasi di smartphone bisa langsung muncul ke PC, bahkan kamu bisa berinteraksi langsung maupun drag and drop file secara mudah. Walaupun tanpa slot kartu microSD, tak perlu khawatir penuh, karena penyimpanan internal realme GT NEO 3 150W sudah sangat luas di 256GB (UFS 3.1). Rasanya ini keputusan realme untuk memastikan performa terbaik, menggunakan jenis storage yang benar-benar kencang.

Smartphone realme satu ini didukung oleh speaker stereo yang kualitasnya terbilang jempolan, meski memang bukan yang paling kencang, namun output yang dihasilkan berkualitas dan hampir seimbang. Begitu pula dengan vibration motor yang presisi, nyaman untuk ketik-ketik maupun bermain gim. Yang sedikit saya sayangkan, dalam opsi dark mode, tidak ada pilihan untuk gunakan latar hitam pekat.

Seperti flagship kekinian, lubang audio jack absen di realme GT NEO 3. Namun, Gizmo friends bisa menggunakan TWS untuk tetap menikmati audio tanpa terganggu dengan kabel.

Nah bersamaan dengan peluncurannya, realme juga memboyong varian warna terbaru dari realme Buds Air 3 dengan varian Nitro Blue. Dari sisi spesifikasi sama, tetap menawarkan 42dB ANC yang tersertifikasi oleh TUV Rheinland. Yang berbeda hanya desain yang sama dengan realme GT NEO 3 varian Nitro Blue dengan warna dominan biru dan dua garis putih serta tulisan Dare to Leap.

Oh ya, bagi kamu yang cukup rutin top-up saldo kartu e-Money, bakal terbantu dengan sistem antena canggih pada realme GT NEO 3 150W. Dengan antenna NFC 360 derajat, kamu tak perlu susah-susah menemukan sensor di bodi belakang. Bahkan bisa menempelkan kartu pada bagian atas layar depan, alias lebih leluasa.

Kesimpulan

Untuk sebuah smartphone dengan kisaran harga Rp 7 jutaan, ada banyak hal menarik yang dapat ditemukan di realme GT NEO 3 150W. Smartphone ini cocok bagi kamu yang ingin tampil bold atau beda, termasuk para gamer yang idamkan performa kencang, atau para fotografer mobile yang ingin hasilkan konten foto dan video berkualitas.

Juga teknologi 150W UltraDart yang diusung oleh smartphone ini bisa mengubah kebiasaan pengguna smartphone menjadi lebih produktif. Meski jadi yang pertama, serangkaian fitur keamanan turut disertakan, membuat pengalaman penggunaan cukup memuaskan.

Gizmo friends ingin jadi yang pertama mencicipi fast charging 150W tercepat se-Indonesia? Sabar, karena realme membuka sesi pre-order untuk realme GT NEO 3 varian 150W di Shopee, Tokopedia, Akulaku, dan realme.com/id dengan harga khusus yaitu Rp7.799.000 serta Gratis Starter Pack XL 120GB.

Namun, realme GT NEO 3 varian 80W sudah dapat dibeli melalui flash sale pada hari ini, 7 Juni 2022 jam 18:00 WIB di platform yang sama seharga Rp6.799.000.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *