Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Dingin

Posted on

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulkas polytron 2 pintu tidak dingin. Penyebab utama biasanya karena ada masalah pada freon kulkas. Bisa karena freon kulkas habis atau karena aliran gas freon di dalam pipa pendingin tersumbat.

Selain faktor tersebut, ada juga penyebab lain yang bisa membuat kulkas tidak dingin atau dinginnya kurang maksimal. Di artikel ini saya akan menjelaskan apa saja penyebabnya.

Penyebab kulkas polytron 2 pintu tidak dingin

Sama seperti peralatan elektronika lainnya, kulkas polytron pun tak luput dari kendala dan kerusakan. Salah satu kerusakan yang lumayan sering terjadi adalah suhu kulkas polytron kurang dingin atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Apa saja penyebabnya ? Berikut penjelasannya :

Kulkas polytron 2 pintu tidak dingin

1. Gas freon habis

Gas freon kulkas habis sering menjadi penyebab yang membuat kulkas tidak dingin atau freezer tidak bisa membuat es batu. Freon merupakan zat pendingin yang berguna untuk menyerap suhu panas di dalam kulkas dan membuangnya keluar.

Pos Terkait:  Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

Akibat penyerapan suhu panas yang terus menerus ini mengakibatkan ruangan di dalam kulkas menjadi dingin, bahkan bersuhu di bawah nol derajat.

Karena itu, jika freon kulkas telah habis atau mulai berkurang karena kebocoran freon, maka dapat menyebabkan kinerja pendingin kulkas tidak berfungsi dengan baik. Mesin pendingin kulkas tidak mampu mengeluarkan panas di dalam ruangan kulkas. Sehingga kulkas polytron 2 pintu anda tidak dingin.

Jika freon kulkas diketahui telah habis, namun kulkas masih terus dinyalakan akan mengakibatkan kompresor kulkas panas. Pada akhirnya kompresor akan mengalami kerusakan.

Cara memperbaiki :

  • Cek kondisi pipa pendingin untuk mencari sumber kebocoran freon
  • Tambal jika ada saluran pendingin yang bocor atau korosi
  • Isi ulang gas freon

Baca Juga : Kulkas tidak dingin bagian bawah

2. Gas freon tersumbat

Penyebab kulkas polytron tidak bisa dingin lainnya yang sering terjadi adalah karena saluran pipa pendingin kulkas tersumbat. Tersumbatnya pipa pendingin kulkas biasanya dialami oleh kulkas yang telah berumur lama.

Sumbatan pada saluran pipa pendingin disebabkan oleh kotoran atau oli pelumas kompresor yang ikut naik ke saluran pendingin.

Penyumbatan gas freon bisa terjadi pada evaporator, kondensor dan jaringan pipa kapiler penghubung.

Pos Terkait:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt ? Ini Datanya !

Cara memperbaiki :

  • Lakukan flushing atau pembersihan saluran gas freon
  • Cek kondisi kompresor jika terjadi oli pelumas kompresor naik
  • Ganti pipa yang sudah berkarat penyebab sumbatan

3. Thermostat kulkas rusak

Thermostat kulkas berfungsi untuk mengatur suhu di dalam kulkas agar terjaga dan konstan. Pada thermostat terdapat knop pengatur suhu yang dapat diputar untuk mengatur suhu kulkas yang diinginkan.

Di dalam thermostat kulkas terdapat relay berupa bimetal yang dapat menghubungkan dan memutuskan aliran arus listrik ke kompresor. Cara kerja thermostat kulkas telah dijelaskan di blog ini sebelumnya.

Apabila relay bimetal di dalam thermostat tidak berfungsi, maka arus listrik tidak dapat mengalir ke kompresor dengan baik. Akibatnya kompresor tidak bekerja dan kulkas pun tidak bisa dingin.

Cara memperbaiki :

  • Lepas thermostat kemudian cek kondisi relay
  • Ukur menggunakan multimeter mengetahui apakah bimetal sudah rusak atau belum

Baca Juga : Ciri ciri thermostat kulkas rusak

4. Kipas evaporator tidak berputar

Desain kulkas 2 pintu berbeda dengan kulkas 1 pintu. Jika pada kulkas 1 pintu pipa evaporator menempel langsung di body freezer, maka pada kulkas 2 pintu pipa evaporator terpisah dari body freezer.

Pipa evaporator kulkas 2 pintu polytron terletak di belakang body atau ruangan freezer. Udara dingin yang dihasilkan oleh pipa evaporator dihembuskan oleh kipas evaporator sehingga masuk dan tersebar di ruangan freezer.

Pos Terkait:  Mengatasi Pintu Kulkas Tidak Rapat

Kalau kipas atau fan evaporator kulkas tidak berputar, maka suhu di dalam ruangan kulkas tidak bisa dingin.

Cara memperbaiki :

  • Lepas kipas evaporator
  • Cek menggunakan multimeter untuk mengukur kumparan motor kipas
  • Periksa kondisi bearing as kipas

5. Timer kulkas rusak

Jika kulkas polytron 2 pintu tidak dingin, sementara lampu kulkas masih menyala dan kompresor tidak bekerja sama sekali, cek kondisi timer kulkas. Biasanya timer kulkas polytron anda sudah tidak berfungsi dengan baik.

Letak timer untuk jenis kulkas polytron 2 pintu berada di bagian belakang dekat kompresor kulkas. Komponen ini berfungsi untuk mengatur kerja defrost dan kompresor kulkas.

Cara memperbaiki :

  • Putar timer berlawanan jarum jam sampai terdengar suara klik dari relay timer
  • Hubungkan kulkas dengan listrik
  • Jika kompresor tidak menyala, kemungkinan timer sudah rusak
Timer kulkas polytron

6. Kompresor kulkas tidak bekerja

Penyebab terakhir kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak dingin adalah karena kompresor kulkas tidak bekerja. Sehingga gas freon kulkas tidak bersirkulasi di dalam pipa pendingin.

Cara memperbaiki :

  • Cek kondisi ptc atau relay kompresor
  • Periksa overload apakah berfungsi dengan normal
  • Ukur tegangan listrik yang menuju ke kompresor, bisa jadi ada kabel yang terputus

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *