Ciri Freon Kulkas habis, Penyebab Dan Cara Mengisinya

Posted on

Ciri ciri freon kulkas habis sering ditandai dengan suhu kulkas yang tidak lagi dingin seperti biasanya. Jika freon sudah benar benar habis maka suhu bagian dalam kulkas tidak akan dingin sama sekali, bahkan menjadi hangat karena tidak ada sirkulasi udara luar yang masuk.

Freon merupakan zat refrigerant yang umum digunakan pada berbagai perangkat pendingin, seperti kulkas, ac maupun mesin pendingin lainnya. Sifat dari zat freon yang mudah menyerap panas ini dimanfaatkan untuk memindahkan panas dari dalam kulkas keluar. Sehingga suhu di dalam kulkas menjadi lebih dingin.

Karena itu jika zat freon telah habis, maka proses pendinginan ruangan kulkas tidak akan berlangsung dengan normal.

Selain menunjukkan gejala kulkas tidak dingin, gas freon yang habis juga bisa dilihat dari ciri ciri lainnya yang ditunjukkan oleh kulkas. Apa saja tanda jika gas freon kulkas telah habis ? Berikut ini adalah ulasannya.

Ciri freon kulkas habis

Catat, ini ciri freon kulkas habis

1. Suhu kulkas tidak dingin

Ciri utama yang mudah dikenali ketika gas freon kulkas habis adalah suhu kulkas tidak bisa dingin seperti biasanya. Meskipun kita sudah mengatur suhu kulkas pada posisi maksimum, namun tetap saja suhu dingin yang dihasilkan oleh mesin pendingin kulkas kurang maksimal.

Akibat dari gas freon yang sudah mulai habis kadang juga ditandai dengan kulkas tidak bisa buat es batu. Karena suhu di dalam freezer tidak cukup dingin untuk bisa mengubah air menjadi es batu.

2. Kompresor panas tapi kulkas tidak dingin

Pada kondisi normal, kompresor kulkas akan menyala selama beberapa menit kemudian mati. Hal ini berlangsung terus menerus untuk menjaga suhu didalam kulkas agar konstan sesuai dengan setelan suhu yang telah diatur.

Pos Terkait:  Tips Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Ketika suhu di dalam kulkas berubah naik, maka kompresor akan menyala untuk mulai mendinginkan kembali suhu di dalam kulkas. Begitu suhu kulkas yang sesuai telah dicapai maka kompresor akan berhenti berputar.

Demikian proses tersebut berlangsung dan dikendalikan oleh thermostat kulkas.

Apabila freon kulkas telah habis, maka suhu di dalam kulkas tidak dapat menjadi dingin seperti yang disetel oleh pengguna. Karena suhu kulkas tidak dingin, maka thermostat akan terus memerintahkan kompresor agar beroperasi.

Sehingga kompresor kulkas akan menyala terus menerus, karena suhu kulkas tidak juga dingin.

Baca Juga : Penjelasan cara kerja kompresor kulkas

3. Freezer tidak bisa buat es batu

Ciri freon kulkas habis lainnya adalah freezer tidak bisa membuat es batu. Tentu saja, karena mesin pendingin kulkas tidak mampu menghasilkan suhu kulkas yang dingin di bawah 0 derajat.

Pada tahap awal gas freon akan habis, kita akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membuat es batu di dalam freezer dibandingkan sebelumnya. Dan ketika gas freon telah habis sama sekali, freezer tidak akan mampu lagi membekukan air menjadi es.

4. Kompresor cepat panas dan mati

Di dalam kompresor kulkas terdapat komponen overload yang berfungsi untuk melindungi kompresor dari panas yang berlebihan. Saat kompresor menyala berputar terus menerus maka kompresor akan menjadi panas.

Panas berlebih yang dihasilkan oleh kompresor ini akan memicu overload untuk memutus aliran listrik ke kompresor. sehingga kompresor berhenti berputar.

Karena itu, kondisi kompresor yang cepat panas dan kemudian mati namun suhu kulkas tidak dingin dapat menjadi ciri freon kulkas telah habis.

Baca Juga : Kulkas tidak bunyi, mungkin ini penyebabnya

5. Tercium bau disekitar kulkas

Sebelum freon kulkas habis, biasanya ditandai dengan tercium bau yang tidak enak di sekitar kulkas. Bau gas freon sangat menyengat dan dapat dengan mudah dibedakan.

Jika kebocoran gas freon di biarkan, maka makin lama freon akan semakin habis.

Pos Terkait:  Kulkas Tidak Bunyi, Ini Dia Penyebabnya
Kulkas mengeluarkan bau

Berapa lama freon kulkas habis ?

Dalam keadaan tidak terjadi kebocoran pada komponen sistem pendingin, gas freon kulkas dapat bertahan lama dan tidak akan cepat habis. Gas freon di dalam mesin pendingin kulkas bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Freon kulkas akan bersirkulasi di dalam komponen pendingin dan mengalami perubahan suhu, bentuk serta tekanan. Selama bersirkulasi, kadar gas freon tidak akan berkurang meskipun mengalami perubahan bentuk. Karena freon hanya bersirkulasi di dalam ruangan tertutup.

Penyebab freon kulkas habis

1. Pipa kapiler bocor

Pipa kapiler kulkas menghubungkan komponen pendingin satu dengan yang lainnya. Pipa kapiler terbuat dari tembaga dengan ukuran penampang pipa yang sangat kecil.

Kebocoran pipa kapiler bisa terjadi karena kondisi pipa yang sudah rapuh dan berkarat, sehingga memungkinkan berlubang.

2. Evaporator bocor

Evaporator terletak di bagian dalam kulkas yang berfungsi untuk menyerap panas. Biasanya terletak pada ruangan freezer.

Pembersihan evaporator dari bunga es yang menempel dengan tidak hati hati biasanya dapat menyebabkan kebocoran pipa kapiler evaporator. Karena itu sebaiknya jangan menggunakan logam tajam ketika membersihkan ruangan freezer.

2. Kondensor bocor

Kondensor pada kulkas berfungsi untuk mendinginkan suhu freon. Bentuk kondensor berupa jaringan pipa kapiler kecil yang berliku dan panjang.

Bentuk pipa kondensor yang panjang berbentuk coli ini memungkinkan freon yang bersuhu panas bisa cepat dingin dan berubah menjadi zat cair.

Kondensor yang bocor sering terjadi karena usia pipa kapiler kondensor yang sudah lama. Sehingga banyak korosi di beberapa bagian yang membuatnya berlubang.

Baca Juga : Ini yang menjadi penyebab kulkas berair

Cara cek kebocoran freon kulkas

Cara cek kebocoran freon kulkas

Gas freon memang menjadi sesuatu yang penting pada sistem pendingin kulkas. Karena jika freon kulkas habis maka proses pendinginan tidak akan berjalan normal. Sehingga kebocoran menjadi salah satu ciri freon kulkas habis.

Salah satu penyebab gas freon kulkas habis adalah karena ada kebocoran pada pipa kapiler dan komponen kulkas, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Untuk mengecek kebocoran gas freon pada kulkas, biasanya dengan cara mencari bau menyengat yang berasal dari sekitar kulkas. Bau menyengat gas yang dikeluarkan kulkas menjadi tanda gas freon kulkas mengalami kebocoran.

Pos Terkait:  Kompresor Kulkas Panas Apakah Normal ?

Selain itu, anda juga dapat memegang pipa saluran keluar kompresor untuk mengetahui apakah freon kulkas telah habis.

Pada kondisi normal, pipa kapiler yang terhubung dengan lubang keluar kompresor akan terasa panas. Karena freon yang keluar dari kompresor telah mengalami tekanan yang tinggi sehingga suhunya akan panas.

Jika pipa pada lubang keluaran kompresor tidak panas meskipun kompresor menyala, patut dicurigai gas freon telah habis.

Demikian ulasan tentang penyebab dan ciri ciri freon kulkas habis. Jika kulkas anda mengalami hal ini, sebaiknya lekas dibawa ke teknisi agar segera dilakukan perbaikan dan isi ulang gas freon. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Cara mengisi freon kulkas sendiri

Alat yang disiapkan

Sebelum melakukan isi ulang freon, Anda mesti menyiapkan peralatan dan bahan yang dibutuhkan :

  • Freon, disesuaikan dengan jenis kompresor yang digunakan.
  • Mesin vacum.
  • Tang.
  • wadah plastik.
  • Manifold.
  • Pentil
  • Las tabung.
  • Methyl.
  • Filter.

Proses pengisian

  1. Tahap pertama adalah melakukan pengelasan pentil yang ada pada pipa di kompresor kulkas. Biasanya ditandai dengan ciri pipa pendek dan tidak tersambung ke sistem kulkas. Sebelum las pentil, maka perlu melepaskan karet yang ada di bagian dalamnya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan.
  2. Siapkan methyl kemudian tuangkan ke wadah plastik. Usahakan wadahnya tidak terlalu besar agar lebih mudah memperkirakan ukurannya.
  3. Nyalakan kompresor untuk melilhat apakah aliran refrigerant atau freon mengalami penyumbatan. pastikan tidak ada sumbatan.
  4. Berikutnya, lakukan pengelasan filter ke pipa kondensor. Kemudian las kedua pipa kapiler ke filter.
  5. Pasang selang manifold yang berwarna biru ke bagian pentil pengisian refrigerant, sementara selang warna kuning pada tabung refrigerant.
  6. Saat melakukan pengisian refrigerant, kompresor mesti dalam kondisi menyala.
  7. Cek tekanan udara. Kalau sudah berada di bawah angka 30 psi, langsung saja buka bagian kran tabung refrigerant selama kurang lebih 3 sampai 5 detik.
  8. Tutup kran tabung dan biarkan refrigerant keluar dari lubang pipa kapiler. Selanjutnya, jepit dan las bagian pipa kapiler tersebut.
  9. Buka lagi bagian selang manifold yang ada di tabung refrigerant. Lakukan secara perlahan, dan jangan sampai lewat angka 10.
  10. Jika arah jarum manifold telah lewat angka 1 ke atas, umumnya pipa kondensor akan mulai terasa hangat.
  11. Kalau jarum manifold telah bergerak mendekati angka 10, suhu hangat di pipa kondensor akan menyebar ke bawah. Ini merupakan tanda jika pengisian refrigerant hampir selesai.
  12. Proses pengisian selesai.

Video lengkap pengisian freon dapat dilihat di bawah ini :

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *