Cara Menggunakan Kulkas Baru

Posted on
Cara menggunakan kulkas baru

Bagi anda pengguna kulkas baru pastinya harus mengetahui cara menggunakan kulkas baru yang benar. Agar kulkas Anda dapat digunakan jangka waktu yang lama.

Karena dengan memperlakukan kulkas yang baru dengan benar maka kualitas dan keawetan kulkas yang baru anda beli tersebut dapat terjaga hingga waktu yang lama.

Tidak sedikit orang yang keliru dalam penerapan kulkas baru ketika mereka baru saja membeli kulkas. Jika digunakan dengan benar maka kulkas bertahan hingga dalam jangka waktu lebih dari 10 tahun.

Tips menggunakan kulkas baru yang benar

Banyak orang yang berpikir menggunakan kulkas dengan benar adalah dilakukan ketika kulkas setelah dioperasikan secara normal. Padahal sebenarnya bukan demikian, memperlakukan kulkas yang benar ketika kulkas tersebut baru saja dibeli akan menambah daya tahan kulkas tersebut terutama pada komponen kompresor kulkasnya.

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya penggunaan kulkas yang tepat ketika pertama kali digunakan menjadi kunci utama agar kulkas tersebut awet nantinya .

Pos Terkait:  Kulkas Sharp Berapa Watt ? Cek Datanya !

Apa saja yang perlu diperhatikan ketika kita membeli kulkas yang baru, berikut ini ulasannya.

1. Diamkan kulkas lebih dulu

Pada saat pertama kali membeli kulkas, tidak jarang orang langsung menggunakan kulkas tersebut dengan cara dinyalakan dan diisi dengan berbagai macam bahan makanan dan minuman. Padahal sebenarnya hal tersebut merupakan langkah yang tidak tepat.

Seharusnya kulkas yang baru dibeli, didiamkan lebih dulu sekitar 8 sampai 24 jam agar oli yang ada di dalam kompresor kulkas dapat mengendap secara sempurna di bagian bawah kompresor.

Selain itu ketika kulkas dinyalakan pertama kali hendaknya tidak langsung mengisinya dengan bermacam bahan makanan atau minuman karena dapat langsung membebani kinerja kompresor kulkas.

Alih-alih langsung mengisi kulkas dengan beragam makanan dan minuman, baiknya kita biarkan dulu kulkas dalam keadaan kosong selama 3 jam. Saat pertama kali mengisi kulkas langkah yang bijak adalah dengan tidak mengisinya langsung secara penuh .

2. Angkat kulkas dengan benar

Saat kita mengangkat atau membawa kulkas harus dilakukan dengan posisi yang benar. Bentuk kulkas yang seperti kotak panjang terkadang membuat kita berpikir hendak mengangkatnya secara horizontal. Padahal cara tersebut sebenarnya tidak tepat karena akan dapat merusak komponen yang ada di dalam kulkas.

Pos Terkait:  Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Jika ingin mengangkat atau memindahkan kulkas ke lokasi yang kita tuju baiknya membawanya dengan posisi vertikal. Dengan cara ini cairan oli pelumas kompresor kulkas tetap berada di bawah bagian komponen mekanis kompresor .

3. Mengatur suhu kulkas dengan tepat

Setelah mendiamkan kulkas selama beberapa jam, langkah berikutnya memperlakukan kulkas baru dengan benar adalah mengatur suhu kulkas dengan tepat. Pengaturan suhu kulkas yang tepat selain berdampak pada kualitas bahan makanan atau minuman yang terjaga juga membuat pemakaian daya listrik jadi lebih hemat.

Tahapan peningkatan atau pengaturan suhu kulkas hingga mencapai suhu yang ideal baiknya dilakukan dengan cara bertahap. Pertama kali dinyalakan, Anda mungkin harus mengatur suhu kulkas pada level 1 dulu, kemudian secara bertahap suhu dingin kulkas dapat anda naikkan mencapai level dingin yang diinginkan.

4. Bersihkan kulkas secara rutin

Setelah pemakaian yang cukup lama kulkas tentunya akan menjadi kotor karena debu atau noda makanan dan minuman. Karena itu kulkas perlu dibersihkan secara rutin baik pada ruangan yang ada didalam maupun diluar kulkas sehingga lapisan cat yang ada pada body kulkas tidak mudah pudar.

Baiknya anda menggunakan kain yang halus ketika membersihkan noda maupun kotoran yang ada pada kulkas . Sementara untuk kotoran atau kerak makanan yang ada pada bagian dalam kulkas Anda bisa menggunakan kain yang basah mengelap sisa kotoran makanan tersebut.

Pos Terkait:  Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Harap diperhatikan, jangan pernah menggunakan logam yang tajam seperti pisau untuk membersihkan area bagian dalam kulkas terutama di area freezer . Karena hal ini bisa merusak komponen yang ada di dalam kulkas.

5. Cek kondisi bak penampungan air kulkas

Pastikan anda memeriksa wadah penampung air yang ada di dalam kulkas . Terutama bagi kulkas 1 pintu, dimana wadah penampung air berada di dalam ruangan pendingin kulkas. Jika tidak di periksa maka ditakutkan kapasitas air bisa luber dan membasahi ruangan yang ada di dalam kulkas.

Sementara pada jenis kulkas dua pintu dua pintu, wadah penampung air biasanya berada di luar ruangan pendingin kulkas . Anda bisa melihatnya di bagian bawah belakang body kulkas dengan mesin kompresor kulkas . Buang sisa air tersebut bila telah penuh agar tidak tumpah membasahi lantai atau bagian bawah kulkas.

Demikianlah beberapa tips memperlakukan kulkas baru yang baru saja anda beli. Memperlakukan kulkas baru dengan benar akan berdampak pada keawetan kas yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *