Mengatasi remot k vision tidak berfungsi

Cara Mengatasi Remot K Vision Tidak Berfungsi

Posted on

Sudah pastinya sanggat menjengkelkan jika remot k vision tidak berfungsi. Karena kenyamanan Anda menonton siaran k vision menjadi terganggu. Lalu apa penyebabnya ?

Ada beberapa penyebab remote receiver k vision tidak dapat digunakan atau mengalami kendala. Bisa karena baterenya yang sudah mulai berkurang tegangannya atau karena terdapat kerusakan pada komponen di dalam remot tersebut.

Cara cek remot

Untuk mengetahui apakah remot berfungsi dengan baik atau tidak, dapat dilakukan dengan bantuan kamera yang ada pada hp android Anda. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka aplikasi kamera di hp android Anda
  • Ambil remot dan arahkan bagian depan remot yang ada sensor lednya ke kamera hp
  • Tekan tekan tombol yang ada pada remot
  • Perhatikan tampilan kamera pada layar hp
  • Jika saat tombol remot di tekan muncul cahaya pada sensor led, maka remot masih dalam keadaan normal
Remot k vision tidak berfungsi

Batere remot habis

Jika saat di cek menggunakan kamera hp todak terlihat cahaya pada led remot, kemungkinan batere remot sudah habis. Coba buka tutup batere dan putar putar batere remot. Lalu lihat apakah remot sudha bisa berfungsi atau belum.

Pos Terkait:  5 Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang

Untuk lebih memastikan, Anda bisa langsung mengganti batere remot jika dicurigai sudah habis tegangannya.

Lihat kondisi komponen remot

Bila batere telah diganti yang baru namun remot k vision masih tidak berfungsi, coba lakukan pemeriksaan pada bagian komponen remot. Untuk melakukan ini Anda mesti membuka casing remot agar dapat memeriksa komponennya.

Perhatikan jalur kabel atau komponen remot k vision, mungkin saja ada yang putus atau komponen mengalami korosi. Untuk pengecekan lebih detail harus dilakukan oleh teknisi elektronika menggunakan peralatan, seperti multimeter. Sehinggga diketahui komponen yang sudah rusak.

Membersihkan lapisan pcb

Seringkali remot tidak berfungsi disebabkan oleh banyaknya kotoran yang melekat pada pcb. Coba Anda bersihkan pcb mengggunakan lap kering yang bersih.

Jangan gunakan lap basah untuk membersihkan pcb, karena dapat merusakkan lapisan pcb remot. Jangan lupa bersihkan juga bagian kontak bawah pada tombol remot yang terdiri dari lapisan arang.

Pos Terkait:

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *