Mengatasi Siaran K Vision Teracak

Posted on
Siaran k vision teracak

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan siaran k vision teracak atau gelap. Kondisi ini dapat terjadi pada tipe receiver k vision apapun, apakah itu k vision k2000, k vision bromo maupun k vison gardiner gol.

K vision merupakan provider tv berlangganan yang mempunyai basis pelanggan cukup banyak di Indonesia. Selain karena banyak menghadirkan tayangan tayangan tv menarik, juga memiliki beragam paket dengan harga yang terjangkau.

Selain kendala kehilangan sinyal, siaran teracak juga menjadi masalah umum yang sering ditanyakan oleh pengguna tv k vision. Apa sih penyebabnya ? dan bagaimana cara mengatasinya ? Silahkan simak pembahasannya artikel ini.

Penyebab siaran k vision teracak

Hal pertama yang harus anda lakukan saat mendapati channel tv pada k vision teracak adalah mengecek kondisi sinyal dan channel tv lainnya. Lihat apakah kondisi kualitas sinyal hilang atau muncul penuh. Periksa juga channel lainnya, apakah masih tampil dengan normal atau tidak.

Jika channel atau siaran tv yang teracak hanya terjadi pada satu atau beberapa tayangan saja, sementara indikator sinyal tidak hilang, kemungkinan yang terjadi adalah siaran tersebut dienkripsi oleh pihak k vision. Penyebabnya adalah karena hal berikut ini :

Pos Terkait:  5 Cara Mencari Siaran K Vision Yang Hilang

Baca Juga : Cara scan ulang frekuensi k vision

Anda belum aktivasi receiver

Jika siaran teracak terjadi pada anda pengguna baru k vision, mungkin bisa disebabkan karena receiver k vision anda belum di aktivasi. Setiap receiver baru k vision harus di aktivasi lebih dulu agar dapat menerima semua siaran gratis dari k vision.

Di artikel cara aktivasi receiver k vision baru telah saya berikan panduannya dengan lengkap.

Peroses aktivasi k vision diperlukan agar receiver anda terdaftar pada data base k vision sehingga anda mendapatkan nomor id pengguna. Nomor pelanggan k vision ini nantinya akan digunakan ketika anda hendak mengaktifkan paket k vision.

Paket gratis siaran premium habis

Biasanya setiap pelanggan yang baru mengaktifkan k vision akan mendapatkan akses siaran k vision premium secara gratis tanpa harus membayar paket k vision. Lamanya akses gratis siaran premium ini antara satu hingga beberapa bulan setelah aktivasi receiver dilakukan.

Jika anda mendapati siaran k vision hilang atau teracak, mungkin terjadi karena masa akses gratis channel premium sudah berakhir.

Anda mesti membeli paket premium k vision agar dapat kembali melihat siaran k vision pilihan.

Masa aktif paket habis

Durasi paket k vision premium rata rata adalah 30 hari, atau 7 hari untuk jenis paket k vision gol . Apabila telah melebihi masa aktif paket, maka siaran premium k vision akan diacak oleh pihak provider.

Pos Terkait:  Tutorial Cara Aktifkan Paket K Vision

Agar mendapatkan kembali siaran k vision yang teracak, anda harus membayar paket k vision yang anda pilih kembali agar bisa diperpanjang.

Lihat Juga :

Remote K Vision segala tipe, Cek link di bawah :

https://shope.ee/9zLaopoUAz

Hak siar dibatasi

Pada event pertandingan sepak bola tertentu biasanya salah satu channel yang ada di k vision tidak dapat menyiarkan secara langsung. Hal ini dikarena adanya pembatasan hak siar yang dimiliki oleh stasiun tv tersebut. Jadi penyebabnya bukan ada masalah pada k vision.

Hak siara dibatasi sering terjadi pada pertandaingan langsung sepak bola. Dimana stasiun yang memegang izin hak siar hanya diberikan kewenangan untuk menyiarkan pertrandingan sepak bola lewat jalur terrsetrial saja. Sementara lewat jalur transmisi satelit tidak dibolehkan.

Jika permasalah siaran k vision teracak karena adanya pembatasan hak siar, mau tidak mau kita harus mengakses siaran tv tersebut menggunakan antena frekuensi UHF.

Update susunan siaran

Penyebab siaran k vision teracak lainnya adalah bisa jadi karena ada update siaran dari provider atau karena ada error pada receiver k vision anda.

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat melakukan scan ulang frekuensi k vision. Namun sebelum itu, anda harus menghapus lebih dulu semua siaran k vision agar bisa update siaran.

Pos Terkait:  Tutorial Cara Memasukkan Voucher K Vision

Caranya adalah sebagai berikut :

  • Tekan tombol menu pada remote receiver k vision
  • Pilih menu instalasi, tekan OK
  • Pilih satelit k vision telkom 4 jika anda pengguna k vision bromo atau gol gardiner.
  • Pilih satelit k vision measat ku band jika anda pengguna k vision k2000
  • Tekan tombol sat pada remote, maka akan terlihat dua transponder miliki k vision
  • Pilih keduanya, kemudian hapus
  • Tekan exit tombol receiver untuk kembali ke menu instalasi satelit
  • Arahkan pada satelit k vision, kemudian tekan scan untuk menscan ulang siaran k vision
  • Pilih tipe blin scan atau scan buta agar mendapatkan update siaran k vision terbaru
  • Tunggu hingga proses scan selesai, lalu simpan untuk menyimpan siaran k vision

Itulah beberapa penyebab dan cara mengembalikan siaran k vision teracak. Cara diatas dapat dilakukan dengan catatan indikator kualitas sinyal masih menunjukkan level sinyal normal.

Jika siaran k vision hilang semua dan indikator kualitas sinyal tidak ada, maka kemungkinan penyebabnya adalah gangguan pada antena parabola.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *