Frekuensi Dan Arah Parabola K Vision Ku Band dan C Band

Posted on

Di postingan kali ini admin akan membagikan tutorial mencari arah parabola K Vision terbaru. K Vision merupakan salah satu provider tv berlangganan yang cukup dikenal oleh pengguna tv parabola di Indonesia. Selain karena menawarkan banyak tayangan tv menarik, tv berlangganan ini juga memberikan kemudahan akses melalui frekuensi ku band dan c band.

Saat ini K Vision masih melayani para pelanggannya melalui dua satelit dengan spektrum frekuensi yang berbeda. Bagi pelanggan k visio yang menggunakan parabola mini dapat mengakses siaran k vision melalui satelit measat 3a ku band. Sementara untuk yang memiliki parabola besar bisa menerima frekuensi k vision c band di telkom 4.

Perlu anda ketahui, letak kedua satelit K Vision tersebut berada di garis bujur yang berbeda. Dimana satelit measat 3a berada di sebelah barat pulau sumatera, sementara telkom 4 berada di sekitar sebelah barat kalimantan.

Arah dan frekuensi k vision ku band terbaru

Sebagian besar pengguna atau pelanggan tv parabola K Vision menggunakan parabola mini untuk menerima siaran dari provider ini. Frekuensi K Vision yang dapat ditangkap menggunakan parabola mini adalah jenis ku band yang ada di satelit meaasat 3A.

Pos Terkait:  Paket K Vision Gol 2023 Terbaru

Satelit measat 3A merupakan satelit miliki negara Malaysia, karena itu posisi koordinat satelit ini berada di wilayah negeri Jiran. Namun demikian bagi pelanggan K Vision yang ada di Indonesia masih dapat menangkap frekuensi satelit ini. Karena wilayah Indonesia masih dalam jangkauan sinyal satelit measat 3A.

Berikut ini informasi arah dan frekuensi k vision ku band terbaru yang ada pada satelit measat 3a:

Nama SatelitMeasat 3A
Posisi Koordinat 91.4 °E
Frekuensi Transponder12436 H 31000
12396 H 31000
Frekuensi LNB ParabolaUniversal (9750 – 10600)
Jenis Frekuensi Ku Band

Letak satelit measat 3A secara geografis berada di sebelah barat pulau Sumatera. Karena itu kita harus mengarahkan kemiringan disc parabola ke arah barat.

Besar derajat kemiringan disk parabola ke arah barat untuk tiap wilayah berbeda beda. Dimana semakin ke timur wilayahnya maka akan semakin kecil derajat kemiringannya.

Arah dan frekuensi k vision c band

Arah parabola k vision

Selain dapat diterima melalui frekuensi ku band yang ada di satelit measat 3A, k vision pun dapat ditangkap lewat frekuensi c band. Satelit yang menyiarkan frekuensi c band k vision adalah satelit telkom 4 atau satelit merah putih.

Agar bisa menangkap siaran k vision c band, kita harus menggunakan parabola jenis jaring atau parabola besar. Dengan parabola jenis ini, siaran k vision yang diterima lebih stabil dan aman dari gangguan cuaca.

Pos Terkait:  Daftar Channel K Vision Terbaru 2023

Posisi atau letak satelit telkom 4 tidak sama dengan posisi satelit measat 3A. Satelit merah putih merupakan satelit miliki Indonesia jadi letaknya di wilayah nusantara, atau tepatnya disebelah barat pulau Kalimantan.

Berikut ini data frekuensi dan letak koordinat satelit telkom 4 yang ada transponder k visionnya.

Nama SatelitTelkom 4
Posisi Koordinat108 °E
Frekuensi Transponder3860 V 31000
4060 V 31000
Frekuensi LNB Parabola5150
Jenis Frekuensi C Band

Seperti yang terlihat pada tabel diatas, posisi koordinat satelit telkom 4 berada di sekitar 108 derajat bujur timur. Jadi arah disk parabola kita sedikit tegak lurus vertikal ke atas. Di beberapa daerah arah parabola agak sedikit miring ke barat dari sudut vertikal tegak lurus.

Cara mengatur arah disk parabola ke satelit k vision

K vision ku band

  • Pastikan tiang penyangga parabola tegak lurus.
  • Posisikan disk parabola menghadap ke barat dengan posisi tiang lnb ada di sebelah barat atau di bawah.
  • Arahkan konektor lnb sedikt ke arah utara.
  • Angkat disk parabola mini secara perlahan ke atas sambil melihat informasi kualitas sinyal.
  • Jika belum menerima sinyal dari k vision, putar disk parabola sedikit ke utara, kemudian ulangi lagi menggerakkan disk dari bawah ke atas atau sebaliknya hingga di dapatkan penampakan kualitas sinyal.
  • Putar putar sedikit disk parabola ke utara / selatan atau gerakan sedikit disk parabola naik turun sampai didapatkan kualitas sinyal yang maksimal agar lebih stabil.
  • Bila kualitas sinyal sudah maksimal diatas 65% maka anda bisa mulai melakukan scan frekuensi k vision untuk mendapatkan siarannya.
Pos Terkait:  Cara Isi Voucher K Vision Alfamart

K vision c band

  • Pastikan agar tiang parabola terpasang dengan kuat dan tegak lurus.
  • Atur titik 0 pada lnb c band berada tepat ke arah barat.
  • Arahkan disk parabola tepat menghadap ke atas seperti payung terbalik.
  • Gerakkan disk parabola ke barat atau ke timur menuju ke koordinat 108 °E sambil melihat indikator kualitas sinyal parabola.
  • Jika sudah ada tanda tanda sinyal telah tertangkap, gerakkan secara perlahan disk parabola naik atau turun untuk mendapatkan kualitas sinyal yang lebih besar.
  • Anda juga bisa memutar sedikit disk parabola ke utara atau selatan untuk mendapatkan penerimaan sinyal yang lebih maksimal.
  • Jika sinyal sudah maksimal, maka selanjutnya anda bisa melakukan scan untuk mendapatkan channel siaran k vision.
Titik nol lnb

Demikian informasi tentang arah parabola k vision terbaru yang ada di satelit measat 3A dan satelit telkom 4. Pada awalnya mungkin anda akan mengalami kesulitan untuk melacak arah satelit k vision yang tepat. Namun jika sudah tahu posisinya, maka anda akan dengan mudah bisa mengarahkan disk parabola dengan cepat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *