Tutorial Cara Pasang Parabola K Vision

Posted on

Buat anda yang ingin mencoba mengakses siaran tv k vision melalui antena parabola, berikut ini saya akan berikan tutorial cara pasang parabola k vision dengan mudah. Untuk mendapatkan frekuensi siaran k vision kita bisa menggunakan parabola jaring atau parabola mini.

Kedua jenis parabola yang dapat dipakai untuk mengakses siaran k vision tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Anda tinggal memilih jenis parabola k vision mana yang cocok untuk anda gunakan.

Apa saja kelebihan dari masing masing jenis antena parabola tersebut ? Berikut adalah penjelasannya :

Kelebihan dan kekurangan parabola jaring

  • Kualitas sinyal yang di dapat lebih baik
  • Lebih tahan terhadap gangguan cuaca
  • Bisa digunakan untuk mengakses semua siaran tv di satelit telkom 4
  • Harga lebih mahal
  • Proses pemasangan tidak mudah
  • Membutuhkan lokasi pemasangan yang agak luas

Kelebihan dan kekurangan parabola mini

  • Mudah memasang sendiri
  • Proses tracking sinyal lebih mudah
  • Tidak membutuhkan lokasi yang luas
  • Harga lebih murah
  • Sinyal sering hilang kalau hujan

Jika sudah memutuskan parabola mana yang ingin digunakan, selanjutnya kita bisa mulai memasang perangkat parabola k vision.

Cara pasang k vision parabola jaring

Cara pasang parabola k vision jaring

Baca Juga : Cara menonton tv parabola gratis

1. Siapkan set antena parabola dan receiver

Hal pertama yang perlu anda siapkan ketika akan memasang parabola c band k vision adalah menyiapkan perangkat antena parabola dan receiver k vision.

Anda bisa menggunakan antena parabola jaring dengan ukuran 6 feet atau parabola jenis solid yang berdiameter 4 feet. Agar lebih mudah saat pemasangan, sebaiknya anda menggunakan parabola c band dengan tipe disk solid.

Pos Terkait:  Frekuensi K Vision C Band di Telkom 4 Terbaru 2023

Jangan lupa untuk menyiapkan lnb c band dan kabel antena yang berkualitas agar tidak mudah rapuh dan korosi.

Sementara untuk jenis receiver k vision yang dipakai, bisa menggunakan receiver Bromo C1000 atau jenis receiver gol garmedia.

2. Merakit antena parabola c band

Jika anda membeli antena parabola jaring, biasanya disk parabola dalam keadaan terpisah menjadi beberapa bagian. Karena itu anda mesti merakit sendiri disk parabola hingga membentuk piringan yang sempurna.

Pastikan anda merakit disk parabola dengan benar dan kuat. Karena jika bentuk disk atau piringan parabola baling atau tidak bulat sempurna, maka akan dapat mempengaruhi kualitas sinyal yang didapat.

Pasang lnb parabola tipe c band, kemudian sambungkan kabel antena ke konektor lnb. Arahkan titik 0 pada lnb tepat ke arah barat.

Pasang tiang antena parabola anda di tempat yang anda pilih. Pastikan agar memilih lokasi pemasangan lnb parabola yang mudah dijangkau dan tidak terhalang oleh bangunan maupun pepohonan.

Pemasangan tiang parabola harus kuat karena akan menyanggah beban disk parabola yang cukup berat. selain itu juga agar tahan terhadap tiupan angin yang kencang. Posisikan tiang tegak lurus agar memudahkan dalam proses tracking sinyal.

Baca Juga : Komponen parabola dan fungsinya

3. Setting frekuensi transponder k vision

Sebelum memulai tracking, anda perlu mensetting frekuensi transponder milik k vision di receiver. Jika satelit telkom 4 belum ada di daftar satelit pada receiver anda, maka anda perlu menambahkan satelit baru.

Berikut ini data frekuensi transponder k vision di telkom 4 :

Nama satelitTelkom 4
Garis koordinat108°E
Frekuensi transponder3860 V 31000
4060 V 31000
Frekuensi LNB5150

Jika pengaturan receiver anda sudah benar, maka pada indikator intensitas sinyal akan muncul level sinyal. Jika belum muncul, cek kembali pengaturan frekuensi transponder dan antena pada receiver. Pastikan lnb telah terhubung dengan receiver.

4. Saatnya tracking sinyal

Pastikan disk antena parabola sudah terpasang dengan benar pada tiang parabola. Indikator intensitas sinyal pun harus mengeluarkan level sinyal minimal 60%. Jika tidak, berarti antara lnb dan receiver belum terhubung dengan benar atau pengaturan receiver k vision anda masih salah. Coba periksa kembali.

  1. Kendurkan semua baut penyetel disk antena
  2. Pastikan angka 0 lnb mengarah tepat ke barat. Lihat artikel cara memasang lnb c band pada situs ini.
  3. Miringkan disk parabola sedikit ke arah utara dengan mengatur baut inklinasi
  4. Arahkan disk tepat ke arah vertikal, seperti posisi payung terbalik
  5. Gerakkan disk ke barat atau ke timur secara perlahan sambil melihat indikator kualitas sinyal pada receiver k vision
  6. Jika sudah ada penampakan level sinyal pada indikator kualitas sinyal, kencang sedikit baut penyetel kemiringan antena
  7. Gerakkan perlahan disk antena parabola ke utara – selatan atau barat – timur hingga didapatkan kualitas sinyal yang maksimal. Maksimum kualitas sinyal yang bagus adalah diatas 65%
  8. Kencangkan semua baut penyetel kemiringan disk parabola
  9. Lakukan scan buta (blind scan) untuk mendapatkan semua siaran k vision yang ada di telkom 4
Pos Terkait:  Cara Mengatasi Remot K Vision Tidak Berfungsi

Baca Juga : Posisi satelit telkom 4

Cara pasang parabola mini

Cara pasang parabola k vision mini

Cara pasang parabola k vision yang menggunakan jenis parabola mini lebih mudah dan tidak membutuhkan tempat yang luas. Anda bisa memakai jenis parabola mini apa saja dengan diameter minimal 45cm.

Beberapa contoh parabola mini yang sering digunakan adalah merk tanaka, optus, venus dan viva. Semua jenis antena parabola mini dan receiver k vision dapat dengan mudah anda beli di toko online atau toko elektronika terdekat di kota anda.

1. Menyiapkan perangkat parabola dan receiver

Seperti biasa, hal pertama yang perlu anda lakukan agar dapat mengakses siaran k vision adalah mempersiapkan perangkat set parabola yang dibutuhkan.

Anda bisa menggunakan receiver parabola k vision Cartenz K2000 atau receiver dari jenis gol garmedia agar dapat berlangganan siaran k vision.

Pilih lnb ku band karena anda akan menerima siaran k vision yang ada di satelit measat 3a ku band.

2. Merakit disk parabola mini

Untuk merakit disk parabola mini tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu memasang tiang penyanggah disk parabola pada tempat yang ditentukan. Posisikan tiang parabola tegak lurus dan terpancang dengan kuat.

Pasang lnb ku band pada disk parabola, kemudian arahkan konektor lnb ke bawah atau ke samping.

Pos Terkait:  Paket HBO K Vision | Update Terbaru

Sambungkan lnb dengan receiver menggunakan kabel antena yang bagus agar tidak cepat putus rapuh. Pastikan konektor kabel terpasang dengan benar dan kuat.

3. Mensetting receiver k vision

Selanjutnya anda perlu mensetting receiver k vision anda dengan cara menambahkan frekuensi transponder dan mengatur frekuensi antena.

Jika satelit measat 3a belum ada di daftar satelit pada receiver anda, maka anda mesti menambahkan satelit baru. Masukkan data satelit measat 3a dan frekuensi transponder k vision ku band di receiver.

Berikut ini data frekuensi k vision ku band di satelit measat 3a :

Nama satelitMeasat 3A
Garis koordinat91.4°E
Frekuensi transponder12396 H 31000
12436 H 31000
Frekuensi LNBUniversal / 9750 – 10600

4. Mulai tracking

Sebelum memulai tracking, pastikan anda sudah mengatur receiver dengan benar. Pengaturan receiver yang benar ditunjukkan dengan munculnya indikator intensitas sinyal minimal 60%. Jika intensitas sinyal belum muncul, berarti anda belum mensetting receiver dengan benar atau sambungan lnb dengan receiver kurang baik.

  1. Pasang disk antena pada tiang parabola
  2. Kendurkan dulu baut penyetel kemiringan (elevasi) disk parabola
  3. Arahkan disk parabola tepat ke arah barat
  4. Posisikan konektor ke bawah atau ke selatan
  5. Gerakkan secara perlahan disk ke atas sambil melihat indikator kualitas sinyal
  6. Jika sudah terlihat ada sinyal pada indikator kualitas sinyal, kencangkan sedikit baut elevasi
  7. Putar atau gerakkan perlahan lahan disk parabola hingga didapatkan peningkatan level kualitas sinyal
  8. Kencangkan baut elevasi bila sinyal sudah besar ( > 65%)
  9. Lakukan scan buta atau blind scan untuk mendapatkan channel tv yang ada di k vision

Biaya pemasangan k vision

itulah penjelasan cara pasang parabola k vision sendiri. Sebenarnya tidak terlalu sulit, apalagi jika anda sebelumnya sudah terbiasa tracking sinyal satelit.

Namun jika kesulitan dalam melakukan pemasangan parabola sendiri, sebaiknya anda menghubungi jasa pemasangan antena parabola di kota anda.

Biaya pemasangan parabola k vision bervariasi tergantung jenis antena parabola yang digunakan. Untuk parabola k vision menggunakan antena disk parabola besar biasanya memasang harga sekitar Rp.1,2 juta atau lebih tergantung kualitas parabola yang dipilih.

Sementara itu untuk k vision dengan parabola mini, biasanya mematok tarif pemasangan satu set parabola k vision sebesar Rp.700 ribu.

Gimana ? apakah anda berminat menggunakan jasa pemasangan parabola atau anda ingin belajar memasang parabola sendiri ?

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *