Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Posted on

Kali ini saya akan berbagi tips cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu yang benar. Kesalahan dalam mengatur suhu kulkas yang tepa akan berdampak pada kualitas bahan makanan yang anda simpan menjadi cepat busuk dan rusak.

Selain itu, jika anda sembarangan dalam mengatur suhu kulkas yang tidak sesuai standar bisa mengakibatkan pemakaian daya listrik rumah anda makin boros. Jadi bagaimana sih, pengaturan suhu kulkas Aqua yang benar ? Simak penjelasan saya berikut ini.

Berapa suhu kulkas yang normal ?

Agar bahan makanan atau minuman yang kita simpan di dalam kulkas tetap terjaga kualitas dan keamanannya dari bakteri jahat, baiknya anda harus mengatur suhu kulkas sesuai dengan aturan standar suhu kulkas.

Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika, suhu normal kulkas yang benar adalah sekitar 4°C untuk suhu refrigerator dan -18°C untuk suhu freezer. Sementara untuk suhu chiller sekitar 0 sampai 3°C .

Jika pengaturan suhu di dalam refrigerator kurang dingin, dimungkinkan akan tumbuh bakteri dan jamur yang akan merusak kualitas bahan pangan yang kita simpan. Hal ini tentu saja dapat membahayakan kesehatan keluarga.

Pos Terkait:  Tips Membeli Kulkas Baru

Pengaturan suhu kulkas Aqua yang benar

Kulkas Aqua japan termasuk produk lemari es yang terbilang baru beredar di Indonesia. Karena itu banyak pengguna yang masih bingung cara mengatur suhu kulkas 2 pintu ini.

Di dalam ruangan kulkas Aqua 2 pintu terdapat dua buah alat pengatur suhu yang dapat digunakan untuk mengatur suhu ruangan yang berbeda. Yang satu digunakan untuk mengatur suhu freezer, sementara yang satunya untuk mengatur suhu ruangan refrigerator.

Kedua pengatur suhu tersebut berada di dalam ruangan kulkas. Jadi, kita perlu membuka pintu kulkas ketika ingin mengatur suhu kulkas Aqua japan.

Baca Juga : Tips cara mengatur suhu kulkas Polytron

Mengatur suhu freezer

Alat pengatur suhu pada freezer kulkas Aqua japan berupa knop geser yang berada di sisi sebelah kanan box pembuat es. Di atas knop geser terdapat deretan angka 1 hingga 7 untuk menunjukkan level suhu dingin yang bisa dicapai ruangan freezer.

Untuk mengatur suhu freezer kulkas Aqua bisa dilakukan dengan cara menggeser knop ke kanan atau ke kiri. Semakin ke kanan arah knop digeser akan menghasilkan suhu di dalam freezer makin dingin.

Cara mengatur suhu freezer kulkas aqua 2 pintu

Agar tidak berdampak pemborosan pada daya listrik di rumah anda, sebaiknya anda mengatur suhu freezer pada level angka 3 atau 4 saja. Pada level suhu ini sudah bisa membekukan daging atau air.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kenapa Lampu Kulkas Mati

Jika muatan di dalam freezer terlampau banyak, anda bisa mengatur maksimal agar dapat mendinginkan semua makanan yang tersimpan di freezer. Namun tentu saja biaya tagihan listrik anda akan melonjak.

Mengatur suhu refrigerator

Ruangan refrigerator terletak di bagian pintu bawah kulkas. Ruangan ini memiliki ukuran yang jauh lebih besar sehingga dapat memuat beragam makanan dan minuman di dalamnya.

Untuk mengatur suhu ruangan refrigerator kulkas Aqua 2 pintu bisa dilakukan dengan cara memutar knop yang ada di bagian atas ruangan refrigerator. knop pengatur suhu ini biasa disebut dengan nama thermostat.

Pada knop pengatur suhu refrigerator terdapat juga beberapa angka yang menunjukkan derajat suhu dingin yang dihasilkan oleh kulkas. Semakin kita memutar ke kanan maka suhu kulkas akan semakin dingin. Dimana level derajat maksimal suhu dingin pada kulkas Aqua adalah di angka 7.

Pengaturan suhu standar pabrik berada pada angka 3 atau 4. Namun anda bisa menyesuaikan derajat pengaturan suhu sesuai dengan banyaknya muatan di dalam kulkas.

Baca Juga : Berapa watt suhu kulkas 2 pintu ?

Cara mengatur suhu kulkas Aqua layar sentuh

Untuk produk kulkas Aqua japan seri terbaru yang menggunakan layar sentuh, pengaturan suhu kulkas dilakukan tanpa perlu membuka pintu kulkas. Semua pengaturan suhu dan fungsi kulkas dapat diakses melalui tombol menu yang ada di pintu kulkas.

Pos Terkait:  Apa Itu Kulkas Portable ?
Cara mengatur suhu kulkas aqua 2 pintu layar sentuh

Ada pun cara mengatur suhu kulkas Aqua layar sentuh adalah sebagai berikut :

  • Sentuh tombol menu Compartment untuk memilih ruangan di dalam kulkas yang akan diatur suhunya.
  • Tipe ruangan atau rak yang akan diatur suhunya ditunjukkan dengan nyala lampu yang terdapat diatas tombol compartment
  • Nyala lampu paling atas menunjukkan freezer, kemudian lampu tengah menunjukkan rak magic room dan lampu paling bawah adalah refrigerator.
  • Jika anda sudah memilih ruangan mana yang akan diatur suhunya, selanjutnya anda dapat mengatur suhu dengan cara menekan tombol Temperature .
  • Informasi level suhu ditunjukkan pada tampilan display diatas tombol temperature

Baca Juga : Perlukah stabilizer untuk kulkas ?

Cara mengetahui suhu kulkas Aqua

Pada jenis kulkas Aqua Magic Cooling terbaru sudah dilengkapi dengan layar display yang munujukkan suhu di dalam ruangan kulkas. Sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui suhu kulkas secara realtime.

Berbeda dengan jenis kulkas standar 2 pintu atau 1 pintu yang belum dilengkapi dengan layar informasi suhu.

Sehingga untuk mengetahui suhu kulkas yang sebenarnya kita mesti menggunakan alat pengukur suhu atau termometer.

Saat ini kita dapat dengan mudah membeli termometer secara online dengan harga yang terjangkau untuk mengukur suhu kulkas. Pilihlah jenis termometer yang berkualitas baik sehingga bisa menunjukkan suh kulkas secara akurat.

Demikian informasi dan penjelasan tentang cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu yang benar. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *