Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Posted on

Menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay sering dilakukan oleh teknisi kulkas untuk mengetahui apakah kumparan relay PTC kulkas masih berfungsi dengan baik atau sudah rusak. Cara ini dilakukan jika anda tidak yakin relay yang menjadi penyebab kompresor kulkas tidak bekerja.

Hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menyalakan kompresor secara langsung tanpa menggunakan relay adalah selalu berhati hati saat memegang kabel yang berisi arus listrik dari PLN.

Fungsi relay PTC dan Overload

Cara kerja relay PTC

Relay PTC pada kompresor berfungsi untuk memberikan arus listrik sementara ke kumparan starting kompresor. Ketika dinamo kompresor sudah berputar maka arus listrik yang menuju ke kumparan starting akan terputus oleh relay PTC ini.

PTC pada dasarnya adalah sebuah resistor nilai berubah. Dimana perubahan nilai hambatan resitor ini akan dipengaruhi oleh suhu resistor.

Besar hambatan PTC berbanding lurus dengan peningkatan suhu penampang resistor PTC. Semakin panas suhu resistor, maka hambatannya akan semakin besar. Sehingga menyebabkan sulit untuk dilewati arus listrik.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Ternyata Karena Ini Lho..

Cara kerja overload

Berbeda dengan PTC, overload pada kompresor berfungsi untuk mencegah kerusakan kumparan kompresor akibat panas yang berlebih. Panas berlebih pada kompresor dapat terjadi ketika kompresor mengalami kelebihan beban atau karena oli pendingin kering.

Di dalam overload terdapat switch atau relay yang diaktifkan oleh logam bimetal. Komponen inilah yang akan menghubungkan dan memutuskan arus listrik yang mengalir ke kompresor.

Dalam keadaan suhu normal, relay overload menghubungkan arus listrik dengan kompresor.

Ketika suhu kompresor sangat panas, maka logam bimetal di dalam overload akan memuai. Pemuaian ini menyebabkan bimetal melengkung sehingga mengaktifkan relay sehingga aliran arus listrik terputus.

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak dingin

Menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay

Susunan socket terminal kompresor

Sebelum mencoba menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay, kita harus tahu dulu socket terminal yang ada pada kompresor. Kita mesti bisa mengidentifikasi ketiga terminal yang ada pada socket di kompresor.

Biasanya terdapat 3 buah terminal socket pada kompresor kulkas :

  1. Terminal Com
  2. terminal Starting
  3. Terminal Running

Gambar di bawah ini menunjukkan salah satu contoh susunan terminal yang ada pada kompresor.

Susunan socket terminal kompresor kulkas

Kumparan starting pada kompresor kulkas berfungsi untuk membantu kumparan running saat kompresor dinyalakan pertama kali. Ketika kumparan running telah mampu memutar poros dinamo kompresor, maka kumparan starting tidak lagi berfungsi.

Pos Terkait:  6 Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total

Tanpa adanya kumparan starting, kumparan utama dinamo kompresor tidak akan mampu memutar poros saat kompresor dinyalakan. Sementara itu, kumparan starting dikendalikan oleh relay ptc.

Karena itu, ketika terjadi kerusakan pada relay ptc maka kompresor kulkas tidak dapat beroperasi dengan benar.

Baca Juga : Cara kerja kompresor kulkas

Menghidupkan kompresor tanpa relay

  • Hubungkan terminal Com dan Running dengan colokan listrik. Jangan dulu dicolokkan ke terminal listrik PLN
  • Siapkan kabel pendek untuk starting
  • Sambungkan salah satu ujung kabel pendek ke terminal Running. Pegang ujung yang satunya.
  • Masukkan colokkan ke terminal listrik PLN agar arus listrik mengalir ke kumparan running kompresor
  • Sentuhkan ujung kabel pendek ke terminal Starting hingga kompresor menyala, lalu cabut
  • Jangan terlalu lama menyentuhkan kabel ke terminal starting, karena dapat mengakibatkan kerusakan pada kumparan kompresor

Menghidupkan kompresor kulkas dengan switch

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk menyalakan kompresor kulkas tanpa relay adalah menggunakan switch. Untuk cara ini anda membutuhkan sebuah saklar switch untuk menghubungkan kumparan starting kompresor dengan arus listrik.

  • Siapkan saklar switch
  • Sambungkan terminal com dan running ke colokan atau stop kontak
  • Hubungkan terminal starting dengan kabel ke terminal com atau nol switch
  • Sementara terminal NO switch hubungkan ke terminal running kompresor
  • Colokkan stop kontak ke terminal listrik PLN
  • Tekan switch hingga kompresor menyala, kemudian lepas
Pos Terkait:  Daftar Lengkap Watt Kulkas LG 2 Pintu [UPDATE]
Cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay

Itulah penjelasan cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Kita bisa melakukannya secara langsung menggunakan kabel atau memakai relay switch.

Namun demikian, anda harus hati hati karena tegangan yang masuk ke kompresor merupakan tegangan listrik 220 V yang dapat membahayakan jika tersengat.

Jika kompresor dapat menyala saat dihubungkan menggunakan cara diatas, berarti kemungkinan penyebab kompresor tidak berputar atau mati adalah karena kerusakan relay ptc. Semoga bermanfaat

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *