Cara membuang Air Di Belakang Kulkas LG Dengan Mudah

Posted on

Tips mudah cara membuang air di belakang kulkas LG. Bagi sebagian besar keluarga Indonesia, LG menjadi salah satu merk favorit ketika hendak membeli peralatan elektronika, tidak terkecuali kulkas.

Kulkas LG dikenal memiliki kualitas yang cukup baik, terutama daya tahan motor kompressornya yang bisa bertahan hingga beberapa tahun. Sehingga kita tidak dipusingkan lagi dengan kerusakan motor kompressor kulkas.

Cara membuang air di belakang kulkas lg

Agar kulkas LG bisa bertahan lama dengan kualitas pendinginan yang terjaga, kita tentunya harus melakukan perawatan rutin. Selain membersihkan ruangan dalam kulkas, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah membuang sisa air hasil proses pendinginan yang terdapat pada penampungan air di belakang kulkas LG.

Di artikel ini kita admin akan menjelaskan cara membuang air yang ada di wadah penampungan air di belakang kulkas.

Begini cara membuang air di belakang kulkas LG

Pada dasarnya, cara membuang sisa air hasil proses pendinginan kulkas LG sama saja dengan jenis atau merk kulkas lainnya, seperti Sharp, Polytron maupun Panasonic. Karena itu cara ini dapat digunakan untuk merk kulkas selain LG.

  • Lepas kabel kulkas yang terhubung dengan aliran listrik. Namun sebelum itu anda dapat mematikan lebih dulu pengatur suhu ke posisi Off.
  • Pastikan area belakang kulkas dapat mudah dijangkau agar anda leluasa membersihkan wadah penampung air.
  • Perhatikan kondisi air yang ada di dalam wadah. Jika sudah banyak dan kotor, sudah waktunya harus dibuang. Karena dapat menjadi sumber sarang penyakit.
  • Lepaskan wadah penampung air dari posisinya secara hati hati agar air tidak tumpah dengan cara membuka mur atau baut penguatnya.
  • Buang air kotor yang ada di dalam wadah tersebut, kemudian bersihkan wadah menggunakan sabun.
  • Jika terdapat kerak kotoran yang sulit dibersihkan, anda bisa menggunakan air panas dan tunggu selama beberapa menit hingga kerak dapat terlepas. Selanjutnya anda bisa membersihkan wadah penampung air menggunakan sabun.
  • Pasang kembali wadah penampung air setelah dibersihkan dengan lap kering ke posisinya semula.
  • Selanjutnya anda bisa mulai menjalankan kembali kulkas LG anda seperti biasa.
Pos Terkait:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt ? Ini Datanya !

Tips perawatan kulkas LG

Agar dapat awet dan terjaga fungsinya, setiap barang elektronika memerlukan perawatan rutin. Begitu pula dengan kulkas LG, membutuhkan perawatan agar selalu terjaga suhunya dan tahan lama.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat kulkas LG :

Membersihkan ruangan kulkas

Kita mungkin tiap hari selalu mengisi dan mengeluarkan isi kulkas yang bermacam macam. Sayuran, daging, kue atau minuman menjadi salah satu barang yang sering dimasukkan ke dalam kulkas.

Untuk menjaga kebersihan dan kesegaran isi kulkas, sebaiknya anda rutin untuk membersihkan bagian dalam kulkas dari kotoran makanan yang tumpah. Kulkas yang bersih akan lebih membuat barang barang yang ada di dalamnya terlihat segar dan menarik.

Selain itu, dengan rutin membersihkan kulkas, lapisan body kulkas akan terjaga keindahannya. Karena tidak terkontaminasi oleh kerak dan sisa makanan.

Atur suhu sesuai kebutuhan

Pengaturan suhu kulkas yang sesuai dapat membuat kulkas anda dapat bertahan lebih lama dari kerusakan. Selain itu, pengaturan suhu yang tidak terlalu rendah akan lebih menghemat penggunaan listrik yang dikonsumsi oleh kulkas.

Penetapan suhu yang terlampau dingin dapat mengurangi usia kompressor kulkas. Karena kompressor akan lebih sering bekerja untuk mensirkulasi freon. Hal ini bisa membebani kompressor sehingga akan mudah rusak.

Pos Terkait:  Perlukah Stabilizer Untuk Kulkas ?
Kulkas LG

Membersihkan es di dalam kulkas LG

Terkadang kita mendapati adanya lapisan es yang menempel pada box pendingin di dalam kulkas. Untuk membersihkannya tidak disarankan anda langsung melepas lapisan es tersebut menggunakan alat logam. Karena dapat menyebabkan kerusakan atau kebocoran pipa saluran pendingin.

Untuk menangani lapisan es yang terbentuk pada sisi dalam kulkas LG, anda bisa mematikan lebih dulu kulkas atau mengatur posisi pengatur suhu pada kondisi minimum. Sehingga es dapat mencari sendiri.

Memindahkan kulkas

Jika anda ingin memindahkan kulkas ke tempat lain, perhatikan cara menanganinya. Anda tidak disarankan memindahkan kulkas dengan cara miring atau direbahkan. Karena akan dapat mengganggu sirkulasi cairan pendingin yang ada di dalam sistem pendingin.

Pindahkan kulkas dengan cara diangkat secara vertikal untuk menjaga posisi cairan pendingin dan kompressor agar tidak rusak.

Kesimpulan

Demikian penjelasan cara mudah membuang air yang ada di belakang kulkas LG. Tidak terlalu sulit sehingga dapat dilakukan oleh ibu ibu. Hanya yang perlu diperhatikan adalah anda harus memastikan aliran listrik yang terhubung ke kulkas sudah diputuskan. Ini untuk menghindari bahaya tersengat aliran listrik. Semoga membantu.

Pos Terkait:
Pos Terkait:  Mengatasi Pintu Kulkas Tidak Rapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *