Gambar Skema Kulkas 1 Pintu

Posted on

Jika anda ingin menjadi seorang teknisi kulkas, hal yang pertama perlu anda lakukan adalah membaca dan memahami skema kulkas 1 pintu maupun 2 pintu. Karena pemahaman anda terhadap jalur kabel kelistrikan kulkas akan sangat membantu dalam menganalisa kerusakan yang terjadi pada kulkas.

Pada dasarnya skema kelistrikan atau wiring diagram kulkas tidak terlalu rumit karena tidak melibatkan banyak komponen di dalamnya. Bahkan skema kulkas 2 pintu pun tidak terlalu berbeda dengan kulkas 1 pintu. Perbedaannya hanya pada penambahan komponen saja, seperti defrost dan heater.

Umumnya produsen kulkas akan menempelkan wiring diagram skema kulkas di sisi bagian belakang body kulkas. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan teknisi saat memperbaikinya. Akan tetapi ada beberapa jenis kulkas yang tidak menyertakan skema kelistrikan kulkas. Sehingga kita yang baru belajar memperbaiki kerusakan kulkas akan sedikit kesulitan mengatur jalur kabel yang benar.

Contoh skema kulkas 1 pintu

Di bawah ini merupakan contoh diagram jalur kabel kulkas 1 pintu serta penjelasannya fungsi tiap komponennya.

Skema kulkas 1 pintu

Fungsi komponen kulkas 1 pintu

Kompresor

Kompresor pada dasarnya adalah sebuah mesin pompa listrik yang berfungsi untuk menghisap dan mengeluarkan gas freon agar bersirkulasi di dalam pipa pendingin atau kapiler. Di dalam kompresor terdapat kumparan yang menghasilkan putaran untuk menggerakkan pompa di dalam kompresor.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara Kerja Lemari Es

Seluruh komponen kompresor terbungkus di dalam tabung dan direndam didalam oli pendingin untuk mencegah panas yang berlebihan. Karena itu jika ingin memperbaiki kompresor, kita harus membuka tabung kompresor dengan cara membelahnya.

Baca juga : Penyebab kulkas tidak bunyi

Thermostat

Thermostat kulkas adalah sensor suhu yang berguna untuk menjaga agar suhu di dalam kulkas stabil sesuai dengan yang diinginkan. Thermostat kulkas terhubung langsung dan merupakan bagian dari sistem timer kulkas. Timer kulkas ini berfungsi untuk mengendalikan kerja mesin kompresor.

Ketika suhu kulkas mencapai dingin tertentu yang telah diatur, maka timer akan memutus arus listrik yang menuju ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti bekerja. Sebaliknya, jika suhu di dalam kulkas meningkat, maka sensor akan menggerakkan timer agar menghubungkan arus listrik ke kompresor.

fungsi thermostat kulkas

Door switch

Door switch sebenarnya merupakan saklar biasa atau switch yang berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik yang menuju ke lampu di dalam kulkas. Saat kita membuka pintu kulkas, door switch akan menutup sehingga mengalirkan listrik ke lampu. Sehingga lampu kulkas pun menyala.

Sebaliknya, apabila pintu kulkas tertutup, maka door switch akan membuka dan memutus aliran listrik ke lampu. Door switch ini diperlukan agar lampu di dalam kulkas tidak terus menerus menyala yang bisa membuat kulkas tidak mudah dingin.

Pos Terkait:  Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Lampu

Lampu kulkas berfungsi untuk menerangi ruangan di dalam kulkas agar kita mudah untuk meletakkan atau mengambil sesuatu di dalam kulkas. Saat ini sebagian besar lampu kulkas telah menggunakan jenis lampu led yang lebih tahan lama.

PTC

PTC (Positive Temperatur Coeffisient) merupakan salah satu dari jenis resistor yang nilai hambatannya dipengaruhi oleh suhu penampangnya. Saat suhu resistor PTC meningkat maka nilai hambatannya pun akan semakin besar.

Di dalam kulkas, PTC berfungsi untuk mengatur pemberian arus listrik ke kumparan bantu kompresor. Ketika kompresor mulai beroperasi atau berputar, hambatan PTC cukup rendah sehingga aliran listrik dapat mengalir ke kumparan bantu kompresor.

Kumparan bantu berfungsi untuk membantu kumparan utama dalam menghasilkan moment putaran yang besar untuk memutar rotor. Saat rotor sudah berputar, maka PTC akan semakin panas akibat adanya aliran listrik yang melewatinya.

Suhu panas pada PTC ini mengakibatkan hambatan PTC makin besar sehingga aliran listrik yang menuju ke kumparan bantu kompresor akan terhenti. Selanjutnya hanya kumparan utama saja yang beroperasi memutar rotor.

Artikel lain : Mengatas kulkas berair

Overload relay

Fungsi overload relay pada kulkas adalah untuk mencegah panas yang berlebihan terjadi pada kompresor. Biasanya overload relay terpasang melekat pada body kompresor dan berada di dalam atau di luar mesin kompresor kulkas.

Pos Terkait:  Kekurangan Kulkas Aqua AQR D240 Yang Harus Anda Tahu

Di dalam overload relay terdapat bimetal yang dapat berubah bentuk akibat panas yang diterimanya. Perubahan bentuk bimetal inilah yang nantinya akan menggerakkan batang konduktor untuk terhubung ke terminal listrik.

Jika kompresor mengalami panas yang berlebih, maka overload relay akan memutus aliran listrik yang menuju ke kompresor. Hal ini untuk mencegah agar kompresor tidak terlalu panas yang bisa merusak kumparan kompresor.

Secara mendasar, diagram kulkas 2 pintu memiliki kesamaan dengan kulkas 1 pintu. Hanya saja pada kulkas 2 pintu terdapat tambahan komponen heater dan defrost yang berfungsi untuk memanaskan freezer box agar tidak terbentuk bunga es.

Jadi apabila kita bisa memahami jalur skema kulkas 1 pintu dan fungsi masing masing komponennya, maka kita akan lebih mudah untuk mempelajari gambar diagram kulas 2 pintu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *