5 Ciri Thermostat Kulkas Rusak Dan Cara Memeriksanya

Posted on
Letak thermostat kulkas

Jika kulkas atau lemari es anda mengalami masalah tidak dingin, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala ciri ciri thermostat kulkas rusak. Thermostat kulkas adalah komponen di dalam kulkas yang mengendalikan kerja kompresor melalui detektor suhu di dalam freezer box.

Tidak jarang ada teknisi yang menyebut kompnen ini sebagai mesin otomatis kulkas. Karena pernagkat ini bekerja seacara otomatis untuk menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap stabil.

Dengan adanya thermostat ini suhu di dalam freezer akan terjaga sesuai dengan pengaturan suhu yang telah disetel. Karena itu, jika thermostat kulkas rusak, maka dapat menyebabkan suhu lemari es tidak dingin atau bahkan terlalu dingin sehingga menimbulkan bunga es di dalam freezer.

Ciri thermostat kulkas rusak

Ada beberapa ciri yang dapat menandakan terjadi kerusakan pada kulkas yang disebabkan oleh thermostat kulkas rusak. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kulkas tidak dingin

Thermostat kulkas terhubung langsung dengan timer atau knop pengatur suhu kulkas yang terdapat di dalam kulkas. Jika thermostat bermasalah, maka lemari es atau kulkas memunculkan gejala tidak dingin. Meskipun kulkas sudah dinyalakan lama dan knop pengatur suhu sudah diatur maksimal, namun tetap saka lemari es tidak mau dingin.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Nyetrum Dan Cara Memperbaikinya

2. Munculnya bunga es di freezer

Pada kondisi normal, switch di dalam thermostat akan membuka ketika suhu di dalam freezer telah mencapai suhu rendah tertentu sesuai settingan pada knop pengatur suhu yang telah diatur. Apabila switch di dalam thermostat tidak dapat membuka ketika suhu kulkas telah dingin maka akan menyebabkan munculnya bunga es di dalam freezer box.

Lihat Juga :

Thermostat kulkas MURAH, Cek link di bawah ini :

https://shope.ee/7pH6FlDdqb

3. Kulkas menjadi kurang dingin

Selain bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin, kerusakan pada thermostat juga dapat mengakibatkan kulkas tidak mencapai dingin maksimal. Meskipun kita sudah mengatur knop pengatur suhu, namun suhu di dalam freezer box tidak dapat mencapai suhu dingin seperti biasanya.

4. Kompresor menyala terus menerus

Kompresor kulkas bekerja untuk menghisap dan mengalirkan gas freon atau refrigerant di dalam pipa kapiler pendingin. Normalnya, kompresor akan menyala ketika suhu di dalam kulkas meningkat dan akan berhenti beroperasi ketika suhu kulkas telah dingin.

Namun jika terjadi kerusakan pada mekanisme switch di dalam thermostat kulkas, maka dapat menyebabkan kompresor beroperasi terus menerus. Kondisi seperti ini tentu saja dapat mengakibatkan kompresor kulkas menjadi cepat rusak.

Pos Terkait:  Ini Penjelasan Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak

5. Kompresor tidak menyala

Kerja kompresor kulkas untuk mensirkulasikan gas freon di dalam pipa pendingin dikendalikan oleh thermostat. Saat terjadi kenaikan suhu di dalam ruangan freezer, maka thermostat akan menyalakan kompresor. Sebaliknya, apabila suhu di freezer sudah dingin, maka thermostat akan memutus aliran listrik ke kompresor sehingga kompresor akan berhenti menyala.

Artikel lain : Kompresor kulkas tidak bunyi

Bentuk thermostat kulkas

Biasanya thermostat kulkas berbentuk kotak dengan pipa sensor yang menjulur berisi gas. Pada salah satu sisi thermostat terdapat knop yang digunakan untuk mengatur suhu yang diinginkan oleh pengguna.

Letak thermostat berada di dalam kulkas atau lemari. Ada yang terletak di sisi samping atau di bagian tengah kulkas. Setiap jenis dan merk kulkas tidak selalu sama menempatkan thermostat pengatur suhu kulkas ini.

fungsi thermostat kulkas

Cara cek thermostat kulkas

Umumnya thermostat kulkas memiliki dua buah terminal kabel yang terhubung ke kompresor dan aliran arus listrik. Di dalam thermostat terdapat switch yang akan menghubungkan dan memutus sambungan kedua terminal tadi.

Baca juga : Fungsi dan cara kerja thermostat kulkas

Untuk mengecek kondisi thermostat kulkas, kita membutuhkan multimeter dan semangkuk air es yang dingin. Air es dingin digunakan untuk mengecek apakah sensor suhu pada thermostat masih bekerja atau tidak.

  • Lepas thermostat kulkas dari dalam kulkas.
  • Lepas soket terminal kabel yang terhubung ke thermostat.
  • Lepas pipa sensor suhu dari evaporator.
  • Diamkan beberapa lama thermostat agar terkena suhu luar
  • Ukur hambatan kedua terminal thermostat menggunakan multimeter pada skala pengukuran Ohm.
  • Pada kondisi thermostat normal, jarum multimeter akan bergerak ke kanan.
  • Celupkan ujung pipa sensor ke air es yang dingin, setelah beberapa saat seharusnya jarum multimeter akan kembali ke kiri.
Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es batu
Ciri ciri thermostat kulkas rusak

Harga mesin otomatis kulkas

Apabila didapati kondisi thermostat sudah tidak layak lagi, sebaiknya harus segera diganti agar kulkas dapat kembali berfungsi dengan normal. Harga thermostat untuk kulkas 1 pintu berkisar antara 30 ribu sampai 100 ribu, tergantu tipe dan kualitasnya.

Anda bisa mendapatkan thermostat di toko penyedia komponen kulkas di sekitar anda atau lewat toko online, seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak atau Lazada. Pastikan untuk membeli thermostat pengganti yang sesuai baik ukuran maupun jenisnya.

Demikian penjelasan tentang ciri ciri thermostat kulkas rusak dan cara mengeceknya menggunakan multimeter. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *