Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

Posted on
Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin yang paling sering terjadi adalah karena terdapat kerusakan pada sistem pendinginan kulkas, terutama pada jaringan pipa pendingin. Kerusakan tersebut menyebabkan aliran gas freon kulkas terganggu.

Umumnya, kerusakan kulkas yang menimbulkan gejala tidak dingin tidak dapat ditangani secara mandiri karena membutuhkan peralatan dan instrument alat ukur untuk memeriksa kondisi kulkas dan memperbaikinya.

Karena itu, jika kulkas 2 pintu Anda mengalami gejala seperti ini sebaiknya menghubungi teknisi perbaikan kulkas yang Anda kenal.

Mengatasi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin

Secara umum, penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin sama saja seperti pada kulkas 1 pintu. Menurut pengalaman. penyebabnya tidak jauh dari dari terganggunya sistem pendinginan kulkas.

1. Terjadi kebocoran gas freon

Apabila gas freon kulkas bocor tentu saja akan menyebabkan kulkas 2 pintu tidak tidak dingin. Hal ini dikarenakan gas freon merupakan zat yang berperan dalam memindahkan suhu panas yang ada di dalam ruangan kulkas.

Pos Terkait:  7 Penyebab Mengapa Air Kulkas Tidak Dingin ?

Kebocoran gas freon dapat terjadi pada pipa kondensor, evaporator maupun pipa kapiler. Bahkan sering juga kebocoran gas freon terjadi pada kompresor kulkas.

Untuk memeriksa kebocoran gas freon dilakukan menggunakan alat ukur tekanan atau manifold sehingga diketahui penurunan tekanan gas dari kondisi yang standar.

Penyebab kebocoran gas freon biasanya terjadi karena korosi atau tertusuk benda tajam saat membersihkan pipa pendingin.

2. Gas freon mampet

Gas freon yang mampet atau alilrannnya tidak lancar pun bisa menyebabkan kulkas 2 pintu tidak dingin. Kondisi seperti ini biasa terjadi pada kulkas yang telah berusia lama.

Penyumbatan gas freon biasanya terjadi pada jaringan pipa kondensor atau pipa kapiler. Umumnya disebabkan oleh kotoran minyak kompresor atau kerak korosi pipa yang masuk ke dalam aliran gas freon.

Penumpukan kotoran dan kerak pada pipa pendingin menyebabkan gas freon mampet, sehingga proses pendinginan tidak dapat berjalan dengan benar.

3. Kompresor rusak

Penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin lainnya adalah terjadi masalah pada kompresor kulkas. Kompresor kulkas merupakan jantung dari mesin pendingin kulkas yang berfungnsi untuk memompa gas freon agar mengalir di jaringan pipa pendingin kulkas.

Kerusakan kompresor dapat berupa tidak bisa menyala sama sekali atau lemah. Jika kompresor tidak menyala sama sekali, penyebabnya adalah kumparan dinamo kompresor terbakar atau putus.

Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Sementara pada kasus dimana kompresor masih bisa menyala namun kulkas tidak dingin, bisa kemungkinan kompresor kulkas lemah. Tekanan kompresor tidak mampu mensirkulasikan gas freon. Hal ini dapat diketahui dengan cara mengukur arus yang mengali pada kompresor menggunakan tang ampere.

4. Kipas evaporator mati

Kipas evaporator hanya dimiliki oleh kulkas 2 pipntu saja. Sedangkan untuk jenis kulkas 1 pintu tidak dilengkapi dengan kipas. Karena biasanya desain evaporator kulkas 1 pintu menyatu dengan body atau wadah freezer.

Pada jenis kulkas 2 pintu, hawa dingin yang dihasilkan oleh evaporator dihembuskan oleh kipas supaya masuk ke dalam ruangan freezer dan biagian bawah kulkas. Apabila kipas evaporator tidak berputar, maka udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator akan tertahan di dalam ruangan evaporator saja.

Penyebab kipas evaporator tidak berputar biasanya karena kumparan kipas terbakar atau karena macet oleh lapisan es yang terlalu tebal. Untuk memeriksa kondisi kipas, Anda perlu membuka cover bagian belakang freezer.

5. Terjadi penumpukan bunga es

Dalam keadaan normal, penumpukan bunga es di dalam ruangan evaporator kulkas 2 pintu tidak akan terjadi, karena terdapat sistem defrost yang akan mencairkan bunga es. Namun jika sistem defrost ini tidak berfungsi, maka dapat menyebabkan penumpukan bunga es di sekitar ruangan pipa evaporator.

Pos Terkait:  Cara membuang Air Di Belakang Kulkas LG Dengan Mudah

Penumpukan bunga es yang makin tebal ini akan memakan volume ruangan evaporator. Akibatnya adalah udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator akan berkurang kapasitasnya. Sehingga tidak mampu mendinginkan ruangan dalam kulkas.

6. Pintu kulkas tidak menutup rapat

Penyebab lain kulkas 2 pintu tidak dingin yang sepele namun berakibat besar adalah pintu kulkas tidak menutup dengna rapat. Kondisi ini menyebabkan hawa dingin yang dihasilkan oleh kulkas keluar sehingga tidak mampu mendinginkan ruangan kulkas.

Sebaiknya Anda periksa kondisi karet pelapis pintu kulkas barangkali ada yang bocor akibat kondisi karet yang sudah lapuk atau rusak.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *