Penyebab Kulkas Tidak Dingin, Ternyata Karena Ini Lho..

Posted on

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Dan ini dapat terjadi pada kulkas merk apapun dan jenis apapun. Apakah itu kulkas polytron, kulkas Daewoo ataupun kulkas merk Sharp tidak akan luput dari masalah kerusakan berupa suhu kulkas tidak dingin.

Umumnya, kulkas yang mengalami kerusakan seperti ini adalah kulkas yang sudah berusia lama pemakaiannya. Meski begitu, ada juga kulkas yang masih baru mengalami kerusakan seperti ini.

Faktor penyebab kerusakan kulkas tidak dingin bisa terjadi karena perilaku kita yang kurang tepat dalam memperlakukan kulkas atau karena ada masalah pada sistem pendingin kulkas . Kita akan membahasnya satu persatu apa saja faktor atau penyebab kulkas anda tidak bisa dingin tersebut.

Penyebab kulkas tidak dingin

1. Gas freon kulkas sudah habis

Gas freon merupakan zat refrigerant yang umum digunakan pada peralatan pendingin seperti kulkas, showcase, ac atau pun ruang pendingin. Sifat dari gas freon adalah mudah menyerap panas karena memiliki titik didih yang rendah.

Gas freon disirkulasikan di dalam pipa pendingin untuk menyerap panas yang ada di dalam kulkas dan membuangnya keluar. Sehingga secara bertahap suhu di dalam kulkas atau lemari es menjadi dingin.

Jika gas freon pada sistem pendingin kulkas habis, maka dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak bisa dingin.

Ada beberapa penyebab kenapa gas freon kulkas bisa habis :

Kondensor bocor

Kondensor merupakan bagian di dalam sistem pendingin kulkas yang berfungsi untuk menurunkan suhu gas freon kulkas. Komponen ini berupa jaringan pipa kapiler yang kecil dan berliku. Pipa kondensor kulkas biasanya terletak di belakang body kulkas.

Kebocoran pipa kondensor kulkas sering terjadi karena ada bagian dari jaringan pipa kapiler kondensor yang sudah korosi sehingga berlubang. Lubang yang terbentuk ini cukup kecil, meski begitu dapat menjadi penyebab gas freon kulkas mengalir keluar.

Kebocoran gas freon akibat pipa kondensor yang berlubang jarang terjadi pada kulkas yang masih baru. Kerusakan seperti ini biasa dialami pada kulkas yang sudah lama dipakai dalam ruangan dengan kelembaban yang tinggi.

Evaporator bocor

Evaporator adalah bagian dari kulkas yang berfungsi untuk mendinginkan suhu kulkas dengan cara menyerap panas yang ada di sekitarnya. Pada kulkas 1 pintu, evaporator terletak di bagian atas ruangan kulkas yang biasa kita sebut sebagai freezer box atau ruangan beku.

Sementara pada kulkas 2 pintu, beberapa produsen kulkas menempatkan evaporator di belakang freezer box. Udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator dihembuskan oleh kipas kecil ke dalam freezer untuk mendinginkan suhu di dalam freezer secara merata.

Sama seperti kondensor, evaporator pun terbentuk dari jaringan pipa kapiler kecil sebagai saluran mengalirnya gas freon kulkas.

Pos Terkait:  8 Penyebab Freezer Tidak Beku [Kulkas Tidak Beku]

Kebocoran pada evaporator sering terjadi akibat kesalahan pengguna ketika berusaha membersihkan bunga es atau lapisan es di dalam freezer menggunakan logam yang keras dan tajam. Tanpa disadari penggunaan logam tajam tersebut bisa membuat pipa evaporator bocor karena tertusuk sehingga gas freon akan keluar.

Evaporator dan komdensor

Tips perbaikan

  • Jika ada kebocoran gas freon biasanya ditandai dengan munculnya bau gas yang tidak enak. Jadi anda harus menelusuri sumber kebocoran gas tersebut berasal berdasarkan arah bau yang tercium.
  • Jika bagian pipa pendingin yang bocor atau berlubang sudah ketemu, selanjutnya bisa dilakukan penambalan menggunakan las.
  • Namun sebelum itu, keluarkan dulu semua gas freon yang tersisa di dalam jaringan pipa pendingin dan kompresor kulkas.
  • Setelah memastikan tidak ada lagi bagian pipa yang berlubang, anda bisa mulai mengisi kembali gas freon yang baru ke dalam jaringan sistem pendingin kulkas.

Baca Juga : 8 Penyebab kompresor kulkas hidup tapi tidak dingin

2. Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Selain karena gas freon kulkas yang sudah habis, penyebab kulkas tidak dingin pun bisa terjadi karena pintu kulkas yang tidak tertutup sempurna.

Idealnya, bagian dalam kulkas harus benar benar terisolasi dari suhu luar kulkas. Hal ini dimaksudkan untuk memaksimalkan fungsi pendinginan kulkas.

Karena itu desain bentuk dan ruangan kulkas telah dirancang agar suhu di dalam kulkas tidak mudah keluar. Sehingga pada bagian sisi pintu kulkas pun diberikan lapisan karet yang berfungsi untuk memastikan agar kulkas tertutup rapat.

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat pintu kulkas tidak menutup dengan sempurna.

Karet pelapis pintu aus

Lapisan karet dipasang di sekeliling pintu kulkas agar kulkas dapat menutup dengan erat. Sehingga tidak ada celah yang terbuka dan menjadi jalan keluar aliran udara dari dalam dan luar kulkas.

Pada kulkas yang sudah berusia lama, sering kali dijumpai kondisi lapisan karet yang sudah rusak atau cacat di sana sini. Kondisi ini tentu saja akan menyebabkan celah udara pada lapisan karet.

Engsel pintu kulkas rusak

Karena perilaku yang kurang hati hati, tidak jarang dapat menyebabkan kerusakan pada engsel pintu kulkas. Akibatnya kulkas tidak dapat menutup dengan benar.

Pintu kulkas terganjal

Kita kadang tidak menyadari pintu kulkas tidak menutup dengan baik karena terganjal oleh sesuatu. Bisa karena memasukkan bahan makanan yang terlalu besar atau panjang sehingga mengganjal pintu untuk bisa menutup dengan rapat.

Atau kadang bisa juga karena ada benda lain yang menempel pada pintu kulkas sehingga menyebabkan pintu kulkas tidak bisa menutup sempurna.

Karet pintu kulkas

Tips perbaikan

  • Cek kondisi karet pintu kulkas
  • Jika ada bagian karet pelapis pintu kulkas yang aus atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.
  • Pergantian karet pintu kulkas harus yang sama ukurannya dengan karet yang telah rusak agar pintu bisa menutup rapat.
  • Engsel pintu kulkas yang rusak biasanya karena ada baut yang sudah kendur. Coba kencangkan kembali semua baut pintu kulkas agar terlihat lebih kokoh dan kuat.
  • Hindari memasukkan sesuatu yang besar ke dalam kulkas agar tidak mengganjal saat kulkas ditutup.
  • Periksa juga sekeliling pintu kulkas untuk memastikan tidak ada sesuatu yang mengganjal pintu

Baca Juga : Yuk, intip cara memperbaiki kulkas mati total

3. Muatan kulkas kebanyakan

Setiap kulkas memiliki ukuran dan dimensi yang berbeda beda. Karena itu tiap kulkas memiliki kapasitas maksimal yang tidak sama. Ada kulkas jumbo yang berdimensi besar sehingga bisa memuat beragam jenis bahan makanan dan minuman. Namun ada juga kulkas kecil 1 pintu yang berkapasitas terbatas.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Karena itu kita harus menggunakan kulkas sesuai dengan kapasitasnya agar dapat bekerja dengan normal dan tahan lama.

Muatan kulkas over kapasitas

Memasukkan banyak bahan makanan ke dalam kulkas tanpa menghiraukan kapasitas maksimum kulkas dapat menjadi penyebab kulkas tidak dingin. Semakin banyak barang yang ada di dalam kulkas, berarti semakin banyak panas yang harus diserap oleh sistem pendingin kulkas.

Jika barang yang dimasukkan melebihi kemampuan kulkas maka suhu dingin kulkas yang diinginkan tidak akan tercapai.

Memasukkan makanan panas

Satu lagi perilaku pengguna kulkas yang kurang tepat adalah memasukkan makanan yang masih panas ke dalam kulkas. Selain dapat mempengaruhi kualitas bahan makanan lain yang ada di dalam kulkas, juga dapat menyebabkan kulkas tidak bisa dingin maksimal.

Tips mengatasinya

  • Sesuaikan jumlah barang yang dimasukkan ke dalam kulkas dengan kapasitas maksimum kulkas
  • Hindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.
  • Alih alih memasukkan langsung makanan yang masih panas ke dalam kulkas lebih baik diamkan dulu hingga makanan menjadi lebih dingin.

4. Munculnya bunga es

Bunga es atau frost sering muncul di dalam freezer pada jenis kulkas 1 pintu. Namun demikian, kulkas 2 pintu pun dapat mengalami fenomena bunga es di dalam freezer nya jika terdapat kerusakan pada sistem defrost.

Jika tidak segera dibersihkan, lapisan bunga es yang tipis lama lama akan tebal dan menutupi seluruh ruangan freezer. Akibatnya lubang antara freezer dan ruangan kulkas bagian bawah menjadi tertutup.

Kondisi ini dapat menyebabkan kulkas tidak dingin pada bagian bawah. Sementara suhu pada freezer sangat dingin.

Bunga es pada kulkas

Suhu kulkas terlalu dingin

Pembentukan bunga es yang tebal pada kulkas 1 pintu terjadi karena pengaturan suhu kulkas yang terlalu dingin. Sehingga menyebabkan uap air di dalam ruangan freezer membeku dan memenuhi ruangan.

Hal ini tidak terjadi pada jenis kulkas 2 pintu karena telah dilengkapi dengan sistem defrost. Sistem defrost kulkas akan bekerja secara periodik untuk menghilangkan bunga es yang muncul pada ruangan freezer.

Anda dapat membaca penjelasan fungsi defrost pada kulkas lebih lanjut di website ini.

Defrost rusak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kulkas 2 pintu telah dilengkapi dengan sistem defrost yang berfungsi untuk mencegah pembentukan bunga es di dalam ruangan freezer.

Jadi jika pada kulkas 2 pintu terjadi pembentukan bunga es yang sangat tebal, maka kemungkinan ada masalah pada sistem defrost kulkas tersebut.

Tips perbaikan

  • Bersihkan bunga es secara berkala agar tidak menebal dan menutupi celah antara freezer dan ruangan bawah kulkas.
  • Hati hati ketika membersihkan freezer dengan menggunakan logam karena dapat menyebabkan kerusakan evaporator
  • Cek sistem defrost pada kulkas 2 pintu jika mengalami bunga es yang tebal

Baca Juga : Ini penyebab kulkas berair dan cara memperbaikinya

5. Kipas evaporator rusak

Kipas evaporator berfungsi untuk menghembuskan udara dingin agar merata di dalam ruangan kulkas. Jika kipas evaporator tidak berputar maka bisa menyebabkan kulkas tidak dingin.

Switchdoor rusak

Kipas evaporator kulkas dikendalikan oleh switchdoor atau saklar yang terpasang dekat pintu kulkas. saat pintu kulkas tertutup, maka switchdoor akan menghubungkan sumber listrik ke kipas evaporator agar berputar.

Sebaliknya jika pintu kulkas terbuka, aliran listrik akan terputus yang menyebabkan kipas akan berhenti berputar.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas Berair Dan Cara Memperbaikinya

Kondisi switchdoor kulkas yang rusak bisa menyebabkan kipas tidak bekerja.

Kumparan motor kipas terbakar

Selain karena kerusakan pada switchdoor, kipas evaporator yang tidak berputar juga bisa karena kumparan motor kipas terbakar. Ini biasanya disebabkan karena terjadi hubungan singkat kawat kumparan motor atau karena kelebihan beban.

Tips perbaikan

  • Cek kondisi switchdoor dengan cara membuka pintu kulkas dan menekannya. Idealnya saat switchdoor ditekan, lampu kulkas akan mati dan kipas evaporator akan menyala. Jika lampu kulkas tetap menyala meski saklar ditekan, kemungkinan switchdoor telah rusak.
  • Periksa jalur kabel switchdoor ke kipas.
  • Cek kondisi motor kipas evaporator menggunakan multimeter. Jika telah putus atau terbakar, maka harus diganti.

6. Pipa pendingin tersumbat

Faktor lain yang dapat menyebabkan kulkas tidak bisa dingin adalah aliran gas freon tersumbat. Sumbatan pada pipa pendingin ini bisa terjadi karena ada penumpukkan kotoran di dalam saluran pipa atau karena ada bagian pipa yang penyok.

Sumbatan pada pada pipa pendingin kulkas yang membuat aliran gas freon terhambat ini sering menjadi penyebab kulkas tidak tidak dingin tapi lampu menyala.

Kotoran menumpuk

Seiring usia kulkas yang makin lama, sering timbul kerak akibat korosi di dalam pipa pendingin kulkas, baik pada bagian evaporator maupun pada kondensor. Kondisi kerak yang menumpuk didalam saluran pipa kapiler yang kecil dapat menyebabkan aliran gas freon tersumbat.

Jika gas freon tidak dapat mengalir dengan lancar maka bisa membuat kulkas tidak dingin atau dinginnya kurang maksimal.

Pipa penyok

Pipa pendingin kulkas yang penyok disebabkan karena ada benturan dengan benda lain. Ini terjadi biasanya saat dilakukan perbaikan atau pemeliharaan kulkas yang tidak hati hati.

Akibat dari pipa yang penyok tentu saja proses pendinginan kulkas menjadi terganggu sehingga kulkas menjadi tidak dingin maksimum.

Tips perbaikan

  • Keluarkan gas freon yang tersisa di dalam sistem pendingin
  • Bersihkan bagian dalam pipa pendingin menggunakan cairan dan alat khusus
  • Perbaiki bagian pipa yang penyok atau sambung dengan pipa yang baru

7. Kompresor bermasalah

Penyebab terakhir yang dapat membuat kulkas tidak dingin adalah karena kompresor kulkas bermasalah. Kompresor merupakan komponen utama pada sistem pendingin kulkas. Karena itu jika komponen ini mengalami kendala maka proses pendinginan pada kulkas pun akan terganggu.

kompresor kulkas panas tapi tidak dingin

Kompresor tidak bunyi

Pada kulkas yang normal, kompresor akan bekerja secara berkala selama waktu tertentu untuk mensirkulasikan gas freon di dalam jaringan pipa pendingin. Jadi, jika kita perhatikan kulkas kadang bunyi kadang tidak karena memang demikian cara kerja kompresor kulkas.

Kompresor akan bekerja ketika suhu di dalam kulkas mulai meningkat dari yang telah diatur. Kemudian kompresor akan berhenti bekerja ketika suhu kulkas telah dingin sesuai yang diinginkan.

Jika kompresor kulkas tidak bunyi sama sekali untuk beberapa jam, maka kemungkinan kompresor kulkas mengalami kendala. Kerusakan bisa terjadi karena kompresor kulkas terbakar atau karena kompresor tidak mendapatkan arus listrik.

Kompresor lemah

Kerusakan kulkas akibat kompresor kulkas telah lemah biasanya dialami oleh kulkas yang telah berusia lama. Kompresor kulkas yang lemah tidak mampu untuk menghisap gas freon dengan baik, sehingga aliran freon menjadi kurang maksimal.

Putaran kompresor yang lemah juga bisa terjadi karena tegangan listrik di rumah kita yang menurun. Kondisi ini terjadi pada area yang pengguna listriknya cukup banyak.

Kompresor yang sudah tidak layak kadang ditandai dengan gejala berupa kompresor panas tapi kulkas tidak dingin. Jika dibiarkan maka pada akhirnya dapat menyebabkan kumparan di dalam kompresor akan terbakar.

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak bisa buat es batu

Tips perbaikan

  • Cek kondisi kompresor kulkas untuk memastikan apakah daya kompresor sesuai dengan yang dibutuhkan
  • Cek komponen overload kulkas dan thermostat kulkas.
  • Tambahkan stabilizer untuk menstabilkan tegangan listrik di rumah anda
  • Ganti kompresor jika sudah tidak layak

Demikian beberapa penyebab kulkas tidak dingin yang perlu anda ketahui karena bisa terjadi secara tiba tiba. Kendala yang terjadi pada kulkas tentu saja akan membuat jengkel karena bahan makanan yang anda simpan menjadi rusak dan mudah basi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *