Kumpulan Kode Error Kulkas LG Inverter

Posted on

LG merupakan salah satu produsen perangkat elektronika rumah tangga yang telah lama memproduksi kulkas dengan kualitas yang cukup baik. Selain kulkas 1 pintu dengan teknologi standar, LG juga telah merilis kulkas jenis inverter yang telah dilengkapi dengan modul digital .

Modul digital kulkas LG telah menggunakan sistem mikrokontroller yang berfungsi untuk mengatur dan mendeteksi kerusakan atau error ketika kulkas dioperasikan. Jika terjadi masalah pada kulkas, sistem akan mengeluarkan kode error tertentu pada layar modul sehingga kita dapat dengan cepat mengetahui bagian atau komponen mana yang bermasalah di dalam kulkas.

Sayangnya tidak semua orang tahu arti dari setiap kode error kulkas LG inverter yang ditampilkan saat terjadi kerusakan atau masalah pada kulkas. Karena itu di artikel ini saya akan memberikan daftar arti kode error yang ada pada kulkas LG jenis inverter.

Tabel kode error kulkas LG

Untuk memudahkan anda menemukan arti dari kode error yang ditampilkan oleh kulkas LG, dibawah ini merupakan tabel kode error kulkas LG dan penyebabnya :

Pos Terkait:  Penjelasan Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu
Kode ErrorPenyebab
OFFKulkas dalam mode DEMO
IS, 15Kipas pembuat es bermasalah
22 Relay kompresor tidak bekerja
67Switch pintu kulkas bermasalah
ErCFKipas kondenser tidak bekerja
ErCOKoneksi modul dengan display kurang baik
FdH, ErdH, rdHSistem defrost tidak berfungsi dengan baik
FdS, ErdS, rdSSensor defrost atau refrigerator korslet atau terputus dengan modul
FFKipas freezer tidak berputar
FSJalur sensor freezer ke modul terputus atau korslet
gFSensor tekanan air pembuat es tidak bekerja
HSSensor kelembaban bermasalah
IF, F1Kipas di freezer rusak
ItFreezer atau pembuat es bermasalah
rFDinamo kipas refrigerator rusak
rSSensor kulkas rusak atau tidak bekerja
rTSensor suhu refrigerator tidak bekerja
SSSensor pantry box tidak bekerja
Ad, dL, drMotor pintu kulkas tidak bekerja
CIKoneksi modul dan display bermasalah
Kode error kulkas lg inverter

Arti kode error kulkas LG inverter

Berikut ini merupakan contoh kode error kulkas LG inverter dan cara memperbaikinya :

1. Kode error Off

Kulkas LG tipe inverter keluaran baru telah dilengkapi dengan fitur mode DEMO yang mengkondisikan kulkas agar berada dalam keadaan standby. Pada kondisi ini modul akan mematikan sistem pendinginan kulkas sehingga ruangan di dalam kulkas tidak dingin.

Untuk mengaktifkan kulkas kembali agar dapat beroperasi dengan normal dilakukan dengan cara keluar dari mode DEMO atau DISPLAY MODE. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Biarkan pintu kulkas dalam keadaan terbuka
  • Tekan secara bersamaan tombol REFRIGERATOR dan tombol ICE PLUS selama sekitar 5 detik.
  • Lepas tombol ketika terdengar nada beep dan selanjutnya layar display akan menampilkan pesan DEMO MODE tidak aktif.
Pos Terkait:  Kulkas Tidak Bunyi, Ini Dia Penyebabnya

Baca Juga : Penjelasan diagram kulkas 2 pintu

2. Kode error IS atau 15

Kode ini menunjukkan adanya kerusakan pada sistem freezer atau pembuat es. Biasanya penyebab kerusakannya adalah kipas evaporator yang mati atau kabel daya yang terhubung ke kipas. Selain itu, error seperti ini juga dapat disebabkan oleh kabel sensor freezer.

Coba cek jalur kelistrikan pada kipas evaporator dan sensor freezer atau pembuat es. Pastikan tidak ada bagian kabel yang terputus. Cek juga apakah dinamo kipas dan sensor suhu pada freezer masih berfungsi dengan baik atau tidak. Ganti komponen yang rusak agar kulkas tidak menunjukkan error lagi.

3. Kode error 22

Kode error 22 menunjukkan relay kompresor tidak bekerja. Penyebab kerusakan bisa karena relay sudah rusak atau tidak ada sinyal dari modul ke relay.

Relay kompresor dikendalikan oleh modul melalui sinyal tegangan. Jika hubungan antara relay dengan modul terputus maka relay tidak dapat berfungsi.

Periksa kabel penghubung antara relay dengan modul. Cek juga apakah modul masih bisa mengeluarkan sinyal tegangan untuk relay atau tidak. Jika tidak ada sinyal dari modul, biasanya disebabkan karena bagian driver relay mengalami kerusakan.

Pos Terkait:  Kulkas Sharp Berapa Watt ? Cek Datanya !

Cek juga relay menggunakan multimeter untuk mengetahui kondisinya. Ganti relay jika telah mengalami kerusakan.

4. Kode error 67

Arti dari kode error kulkas LG inverter ini menunjukkan pintu kulkas tidak tertutup rapat. Hal ini bisa disebabkan karena ada sesuatu yang mengganjal pintu kulkas sehingga tidak bisa menutup dengan benar.

Selain itu kerusakan pada sensor atau switch pintu kulkas juga dapat menjadi penyebab kulkas LG inverter mengeluarkan kode error 67. Coba periksa kondisi switch pintu kulkas dan jalur kabel yang menguhubungkknya ke modul mikrokontroller.

5. Kode error CF atau ErCF

Kode error ini menunjukkan terjadi kerusakan pada kipas kondenser. Kipas kondenser terletak di bagian bawah kulkas di sisi belakang.

Periksa jalur kabel kipas kondenser untuk memastikan tidak ada bagian kabel yang terputus. Periksa juga kondisi dinamo kipas apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak.

Contoh kode error kulkas lg inverter

6. Kode error C0 atau ErC0

Kode kesalahan ini mengindikasikan adanya masalah pada jalur komunikasi antara mikrokontroller atau mainboard utama dengan layar display. Kerusakan ini biasanya terjadi karena kabel penghubung mainboard dan display terputus atau socket kabel yang terlepas atau tidak terpasang sempurna.

Periksa kabel dan socket yang ada pada mainboard dan display. Jika perlu anda bisa membersihkan kedua socket kabel dari kotoran.

Cek : Ciri kulkas yang bagus

7. Kode error FdH, ErdH, rdH

Kode error kulkas lg inverter seperti ini menandakan ada masalah pada sistem defrost kulkas. Idealnya sistem defrost akan beroperasi memanaskan freezer hingga mencapai suhu preset kulkas. Namun jika dalam 1 jam suhu di dalam freezer tidak mencapai suhu preset maka kulkas akan menampilkan kode error ini.

Penyebab kerusakan biasanya pada sistem defrost kulkas yang tidak berjalan dengan baik.

Periksa jalur kabel dari heater defrost dan relay yang terhubung ke modul utama kulkas untuk memastikan tidak terputus. Cek juga kondisi relay dan heater apakah masih berfungsi normal atau tidak.

8. Kode error dS

Kode error ini menunjukkan adanya hubungan singkat atau korslet pada sensor defrost atau refrigerator. Selain itu koneksi yang terputus antara sensor defrost dan modul pun dapat mengakibatkan error seperti ini.

Cek kondisi kabel dan sensor refrigerator atau defrost yang terhubung ke modul. Periksa juga kondisi sensor untuk memastikan masih berfungsi dengan baik.

Itulah beberapa contoh kode error kulkas LG inverter yang sering dialami oleh pengguna. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *