Kelebihan Dan Fungsi Chest Freezer

Posted on
Kelebihan dan fungsi chest freezer

Chest freezer banyak dipakai oleh pengusaha di bidang kuliner untuk membekukan bahan makanan yang akan digunakan pada restorannya. Namun ada juga rumah tangga yang menggunakan jenis kulkas ini untuk menyimpan daging atau bahan makanan lain yang membutuhkan pembekuan.

Mungkin belum banyak yang tahu dengan jenis kulkas yang satu ini, karena freezer lebih banyak digunakan oleh industri rumahan atau pabrik makanan. Padahal sebenarnya kulkas ini memiliki fungsi yang sama dengan jenis kulkas rumah tangga. Hanya saja penggunaannya dikhususkan untuk membekukan bahan makanan tertentu, seperti daging atau es krim.

Fungsi chest freezer

Umumnya bentuk dari Freezer adalah kotak persegi dengan pintu yang ada di bagian atasnya. Kita dapat dengan mudah menemukan jenis kulkas ini digunakan untuk menyimpan daging, es krim, atau pun obat-obatan kedokteran yang membutuhkan penyimpanan pada suhu yang sangat dingin .

Suhu di dalam chest freezer bisa mencapai dibawah 15 hingga 26 derajat Celcius. Pada suhu ini makanan ataupun minuman yang dimasukkan akan membeku sehingga terjaga kualitasnya. Bakteri maupun jamur pembusuk tidak dapat berkembang pada suhu yang sangat dingin ini .

Pos Terkait:  7 Penyebab Mengapa Air Kulkas Tidak Dingin ?

Fungsi utama chest freezer adalah untuk membekukan makanan atau minuman. Karena itu kulkas dengan jenis ini kurang tepat jika dipakai pada skala rumah tangga.

Namun begitu, saat ini ada beberapa produsen lemari pendingin chest freezer yang dilengkapi dengan chiller yang bisa digunakan untuk menyimpan bahan makanan layaknya sebuah kulkas yang ada di rumah tangga. Hanya saja kapasitas penyimpanannya lebih besar dengan suhu yang cukup rendah.

Kelebihan chest freezer

Chest freezer memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan jenis kulkas biasa. Apa saja kelebihannya , berikut adalah penjelasannya:

1. Memiliki kapasitas yang lebih besar

Umumnya kapasitas ruang pendingin pada chest freezer mempunyai ukuran yang lebih besar dan luas. Bahkan ada chest freezer yang memiliki luas pendingin hingga 900 liter lebih. Tentu saja ini cukup luas untuk menyimpan banyak bahan makanan atau minuman.

Karena itu, tidak heran kulkas ini kebanyakan dipakai oleh penjual atau industri rumahan memerlukan pendingin untuk menyimpan stok bahan atau dagangannya.

2. Memiliki material korosi

Body atau bentuk dari chest freezer terbuat dari jenis bahan yang tahan terhadap karat atau korosi. Karena seperti yang kita ketahui, di sekitar kulkas chest freezer umumnya akan terbentuk tetes tetes air embun yang menggenangi lapisan atau di bagian bawah chest freezer.

Pos Terkait:  6 Penyebab Kulkas tidak Dingin Bagian Bawah

Karenanya, agar chest freezer tahan terhadap korosi atau karat maka material untuk membuat bagian body kulkas ini terbuat dari bahan yang tidak mudah karat.

Selain tahan terhadap karat, material yang membentuk perangkat ini telah di desain agar mampu mengisolasi udara panas yang ada di luar. Sehingga suhu dingin yang ada di dalam freezer dapat bertahan lebih lama dan stabil.

3. Perawatan lebih mudah

Bentuk dan desain chest freezer cukup sederhana dan biasanya hanya berupa wadah kotak tanpa ada rak atau kompartemen lain. Dengan bentuk yang sederhana ini, maka kita dapat dengan mudah untuk membersihkan atau merawat chest freezer dibandingkan dengan kulkas biasa pada umumnya.

Selain itu pada kulkas jenis ini jarang sekali terbentuk lapisan bunga es yang ada di bagian ruangan pendingin. Sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot untuk memeriksa dan membersihkan bunga es.

4. Mempunyai suhu yang lebih dingin dan stabil

Berbeda dengan jenis pada umumnya, chest freezer memiliki tingkat suhu dingin yang sangat ekstrem. Karena itu cocok untuk digunakan untuk menyimpan bahan makanan atau minuman yang akan digunakan dalam waktu yang lama.

Suhu dingin yang dihasilkan oleh freezer lebih konstan dan stabil karena desain dan bentuk dari chest freezer telah dirancang agar suhu dingin yang ada di dalam ruangannya tidak mudah bocor keluar.

Pos Terkait:  Memperbaiki Kulkas LG Bawah Tidak Dingin

Itulah Beberapa kelebihan dan fungsi chest freezer yang banyak digunakan untuk kebutuhan pembekuan bahan makanan minuman. Yang perlu diketahui, karena lemari pendingin ini bekerja untuk menghasilkan suhu yang sangat dingin, maka akan menghabiskan cukup energi listrik dirumah anda.

Sehingga chest freezer tidak termasuk pada perabotan rumah tangga. Perangkat ini lebih tepat digunakan pada industri atau rumah makan besar.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *