Berapa Watt Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Posted on

Tidak sedikit orang yang bertanya berapa watt kulkas ? Apakah membutuhkan daya listrik yang besar, sehingga membebani tagihan listrik? Simak jawaban selengkapnya di artikel ini.

Kulkas atau lemari es bagi sebagian orang dianggap sebagai peralatan elektronik rumah tangga yang berdaya besar. Apalagi kulkas dinyalakan selama 24 jam penuh. Tentu akan menghabiskan daya listrik rumah yang tidak sedikit.

Pikiran tersebut sebenarnya tidak selamanya benar. Karena daya listrik yang dikonsumsi oleh kulkas sangat tergantung dengan ukuran kapasitas kulkas dan perilaku kita dalam menggunakan kulkas atau lemari es.

Berapa watt kulkas

Sebenarnya ada banyak jenis kulkas dengan watt yang kecil. Sehingga tidak terlalu membutuhkan daya listrik yang besar. Misalnya, jenis kulkas 1 pintu atau kulkas yang sudah menggunakan teknologi inverter.

Apa itu daya listrik ?

Apa sih pengertian dari watt atau daya listrik ?

Watt adalah satuan yang digunakan untuk mengukur berapa banyak daya listrik yang digunakan oleh oleh perangkat listrik. Watt kulkas sangat erat hubungannya dengan kapasitas maksimal kulkas.

Pos Terkait:  Kulkas 1 Pintu Berapa Watt ? Ini Datanya !

Sehingga makin besar kapasitas maksimal atau daya tampung kulkas, maka akan membutuhkan watt atau daya listrik yang makin besar.

Baca Juga : Suhu normal kulkas yang benar

Berapa watt kulkas ?

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, daya listrik yang dibutuhkan oleh tiap kulkas berbeda beda tergantung kapasitas kulkas. Semakin besar kemampuan kulkas untuk menampung bahan makanan dan minuman, maka akan membutuhkan daya listrik yang makin banyak pula.

Kulkas 1 pintu

Jenis kulkas 1 pintu umumnya memiliki watt atau daya listrik yang kecil. Mulai dari 60W hingga 90Wsaja. Sehingga biasanya masih bisa digunakan untuk rumah yang menggunakan listrik 450 watt.

Bahkan untuk jenis kulkas inverter memiliki efisiensi watt listrik yang lebih baik sehingga lebih hemat.

Kulkas 2 pintu

Sementara untuk jenis kulkas 2 pintu atau lebih, membutuhkan konsumsi daya listrik yang lebih besar lagi. Rata rata watt kulkas 2 pintu adalah sekitar 90W hingga 120W.

Karena itu kulkas 2 pintu biasanya dipakai untuk rumah yang memiliki daya listrik 900 watt atau lebih.

Anda bisa mengecek lebih dulu spesifikasi daya maksimum kulkas yang ingin anda beli lewat internet atau meminta brosur pada agen toko penjual kulkas. Sehingga anda bisa memperkirakan kemampuan daya listrik di rumah anda.

Anda mungkin bisa melihat ukuran watt kulkas LG di artikel yang pernah saya tulis sebelumnya sebagai referensi informasi watt kulkas sebelum membeli kulkas.

Pos Terkait:  Apa Itu Kulkas Portable ?

Cara menghemat daya listrik kulkas

Kulkas termasuk perabotan elektronika rumah tangga yang mengkonsumsi energi listrik rumah secara rutin. Selama 24 jam non-stop kulkas terus terhubung dengan listrik di rumah kita.

Hal ini tentu saja akan berpengaruh terhadap tagihan listrik bulanan yang tinggi. Apalagi jika watt kulkas anda besar, tentu tagihan listrik akan semakin melonjak.

Namun tenang saja, ada beberapa tips yang dapat anda terapkan agar tagihan listrik bulanan anda bisa lebih hemat meskipun ada kulkas di rumah anda.

1. Isi kulkas jangan terlalu banyak

Mengisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman yang banyak, akan membuat kerja mesin kulkas anda semakin berat. Karena kompresor kulkas akan beroperasi dalam waktu lama dengan sedikit waktu standby.

Kondisi ini tentu saja akan berdampak pada kebutuhan konsumsi energi listrik yang makin besar.

Jadi sebaiknya anda tidak terlalu banyak mengisi kulkas. Bahan makanan yang dimasukkan hendaknya hanya yang membutuhkan penyimpanan pada ruang bersuhu dingin saja.

2. Jangan memasukkan makanan panas ke kulkas

Ketika anda memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas, maka akan terjadi peningkatan suhu kulkas secara drastis. Kondisi ini akan memicu sistem pendingin kulkas bekerja ekstra untuk mendinginkan kembali ruangan kulkas.

Peningkatan suhu kulkas yang signifikan akibat adanya makanan atau minuman panas tersebut membuat mesin kompresor kulkas beroperasi dalam waktu yang cukup lama dari biasanya. Efeknya tentu saja pemakaian daya listrik akan bertambah.

Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Baca Juga : Cara kerja kompresor kulkas

3. Jangan sering buka tutup kulkas

Saat anda membuka pintu kulkas untuk mengambil sesuatu, saat itu juga udara panas dari luar akan masuk ke dalam kulkas. Akibatnya adalah suhu kulkas menjadi meningkat karena pengaruh suhu luar yang masuk tersebut.

Kalau anda sering membuka pintu kulkas, maka suhu di dalam kulkas menjadi tidak konstan dan stabil. Hal ini memaksa mesin kompresor menjadi sering beroperasi, sehingga pemakaian daya listrik menjadi boros.

4. Pengaturan suhu kulkas jangan terlampau dingin

Mengatur suhu kulkas yang terlalu dingin atau pada posisi maksimal akan membuat beban kerja kompresor kulkas makin bertambah. Waktu standby kompresor akan menjadi lebih sedikit untuk menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap konstan.

5. Pilih kulkas hemat energi

Saat ini teknologi kulkas makin berkembang. Produsen kulkas saling berlomba untuk menciptakan kulkas dengan fitur dan kemampuan yang lebih baik. Salah satunya adalah dengan menciptakan teknologi kulkas hemat energi.

Contoh kulkas yang diklaim lebih hemat dalam pemakaian daya listrik adalah kulkas inverter. Dengan sistem pendinginan yang dikendalikan oleh unit kontroller, kerja kompresor menjadi lebih efisien. Sehingga penggunaan daya listrik bisa ditekan.

Kesimpulannya, kulkas berapa watt yang harus anda pilih bergantung dari kapasitas kulkas yang anda butuhkan. Jika anda hanya keluarga kecil, mungkin lebih baik memilih kulkas dengan watt kecil saja.

Namun sebaliknya jika anda memiliki keluarga besar yang membutuhkan ruang penyimpanan kulkas yang besar, mau tidak mau anda harus membeli kulkas dengan daya watt kulkas yang besar.

Pos Terkait:

2 comments

    1. Seharusnya masih kuat karena jumlah watt total ketiga peralatan tsb masih jauh di bawah 900W. Hanya saja terkadang di dalam satu rumah kita pakai peralatan elektronika lainnya, jadi bisa menyebabkan kekurangan daya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *