Penjelasan Cara Kerja Kompresor Kulkas

Posted on

Pada dasarnya cara kerja kompresor kulkas mirip dengan mesin kompresor udara, yaitu menghisap dan menekan gas. Gas yang yang dihisap oleh kompresor kulkas adalah gas refrigerant yang umumnya berupa gas freon. Gas freon ini dihisap dari pipa evaporator dan ditekan untuk dialirkan ke pipa kondenser.

Kompresor kulkas terdiri dari dua bagian utama, yaitu motor penggerak dan unit pompa yang terdiri dari beberapa komponen mekanik. Seluruh bagian dari kompresor terlindung di dalam tabung yang permanen sehingga tidak mudah untuk dibongkar pasang.

Dinamo penggerak dan unit pompa kompresor direndam di dalam minyak pendingin yang berfungsi untuk membuang panas yang dihasilkan saat kompresor bekerja.

Bagian bagian kompresor kulkas

cara kerja kompresor kulkas

Komponen utama pada sebuah kompresor kulkas adalah sebagai berikut :

  • Stator – merupakan kumparan yang akan menghasilkan medan magnet untuk memutar rotor. Kumparan pada dinamo kompresor kulkas terdiri dari : kumparan utama dan kumparan bantu, sama seperti yang ada pada dinamo kipas angin.
  • Rotor – Rotor adalah bagian dari dinamo pada kompresor yang dapat bergerak. Rotor terhubung dengan sistem pompa kompresor untuk menggerakkan piston di dalam silinder.
  • Silinder – Ruangan pompa yang untuk menampung gas yang dihisap oleh piston.
  • Piston – merupakan unit yang bergerak untuk menghisap dan menekan gas freon di dalam silinder
  • Poros engkol – Bagian dari piston yang terhubung ke rotor
  • Saluran hisap – Pipa saluran yang terhubung ke silinder sebagai lubang masuk gas freon
  • Saluran buang – Pipa saluran untuk mengeluarkan gas freon yang bertekanan tinggi
  • Terminal – Socket penghubung ke arus listrik
Pos Terkait:  Tips Cara Mengatur Suhu Kulkas Polytron

Fungsi utama kompresor kulkas

Kompresor kulkas merupakan bagian utama yang ada pada jaringan sistem pendingin kulkas, baik kulkas 1 pintu maupun kulkas 2 pintu. Bahkan semua jenis lemari es atau box pendingin menggunakan kompresor sebagai mesin utama untuk mengalirkan gas freon.

Fungsi kompresor kulkas adalah untuk mensirkulasikan gas freon di dalam pipa jaringan pipa sistem pendingin kulkas. Tanpa adanya kompresor mustahil kulkas dapat berfungsi dengan normal.

Baca Juga : Penyebab kulkas tidak dingin tapi kompresor panas

Cara kerja kompresor kulkas

Operasional kompresor kulkas dikendalikan oleh thermostat yang di dalamnya terdapat sensor suhu. Sensor suhu pada thermostat berfungsi untuk mendeteksi suhu yang ada di dalam freezer. Saat suhu di dalam freezer meningkat, maka sensor suhu thermostat akan mendeteksi dan menggerakkan relay di dalam thermostat untuk menghubungkan sumber listrik dengan kompresor.

Ketika kompresor terhubung dengan sumber listrik melalui relay di dalam thermostat, maka kumparan di dalam kulkas mulai menggerakkan rotor. Sehingga piston yang terhubung dengan rotor akan ikut bergerak untuk menghisap dan menekan gas freon.

Gas freon dari evaporator akan terhisap masuk dan ditekan keluar oleh piston lewat lubang keluar untuk selanjutnya dialirkan menuju jaringan pipa kondenser.

Pos Terkait:  Pengertian Kulkas Inverter, Harga Dan kelebihannya

Kompresor kulkas akan terus bekerja selama terhubung dengan sumber arus listrik. Sumber arus listrik akan terputus ketika sensor suhu telah mendeteksi suhu di dalam freezer sesuai dengan yang sudah disetel.

Baca Artikel : Skema kulkas 1 pintu

Besarnya suhu dingin yang dapat memicu sensor suhu untuk menggerakkan relay agar memutuskan sumber listrik dapat diatur dengan cara memutar knop pengatur suhu yang ada di dalam kulkas.

Letak thermostat kulkas

Tips merawat kompresor kulkas

Kompresor merupakan komponen di dalam kulkas yang akan bekerja terus menerus selama kulkas dinyalakan. Jika kompresor mengalami kerusakan akan membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Karena itu kita harus merawat kompresor agar tidak cepat rusak.

Berikut ini cara perawatan kompresor kulkas yang bisa nada lakukan sendiri di rumah dengan mudah :

1. Gunakan stabilizer tegangan

Terkadang sumber tegangan listrik yang ada di rumah rumah tidak selalu stabil. Tidak jarang besar tegangan listrik di rumah kuran dari 220 V. Tegangan listrik yang tidak stabil ini berpotensi dapat merusak kumparan yang ada di dalam kompresor.

Menggunakan stabilizer tegangan merupakan solusi terbaik untuk mencegah kerusakan kompresor kulkas akibat tegangan listrik yang tidak stabil. pilih stabilizer tegangan yang berdaya diatas daya maksimum kulkas, misalnya 1000 W.

Pos Terkait:  Kekurangan Kulkas Aqua AQR D240 Yang Harus Anda Tahu

Baca Juga : Cara memperbaiki kulkas mati total

2. Jangan memiringkan kulkas

Jika anda akan memindahkan kulkas, usahakan agar mengangkat kulkas dalam posisi berdiri. Membawa kulkas dengan posisi miring dapat menyebabkan kompresor mudah rusak.

3. Isi kulkas sesuai kapasitasnya

Mengisi kulkas dengan bahan makanan atau minuman yang terlalu banyak akan membuat proses pendinginan freezer lebih lama. Hal ini akan membuat kompresor bekerja lebih lama sehingga kompresor akan lebih panas.

Sebaiknya anda mengisi lemari es pendingin anda sesuai dengan kapasitasnya. Selain itu, jangan memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas karena dapat mempengaruhi proses pendinginan kulkas.

Demikian penjelasan cara kerja kompresor kulkas 1 pintu maupun 2 pintu. Semoga bermanfaat.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *