Kulkas 2 Pintu Dingin Tapi Tidak Beku

Posted on

Ada beberapa faktor penyebab yang dapat mengakibatkan kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku. Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman memperbaiki kendala seperti ini.

Kulkas 2 pintu memiliki sistem pendingin yang berbeda dengan kulkas 1 pintu. Dimana pada kulkas 2 pintu telah dilengkapi dengan defrost yang berguna untuk mencegah agar tidak muncul bunga es di sekitar evaporator atau freezer.

Saat memperbaiki kerusakan kulkas 2 pintu yang tidak bisa beku meskipun masih mengeluarkan hawa dingin, sering kali disebabkan oleh sistem defrost yang tidak berfungsi normal.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan ada faktor kerusakan komponen lainnya yang mengganggu fungsi freezer untuk membuat es.

Penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku

1. Kipas evaporator bermasalah

kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku

Pada kulkas 2 pintu terdapat evaporator yang berfungsi untuk menghembuskan udara dingin dari evaporator ke freezer dan bagian bawah kulkas. Kipas evaporator terletak di belakang box freezer dengan ukuran yang kecil.

Pos Terkait:  5 Ciri Thermostat Kulkas Rusak Dan Cara Memeriksanya

Apabila kipas mengalami kendala, seperti tidak berputar atau berputar lambat maka dapat menyebabkan udara dingin dari evaporator tidak dapat mengalir ke freezer.

Penyebab kipas evaporator tidak berputar bisa karena kumparan motornya terbakar atau karena macet yang disebabkan oleh penumpukan bunga es di sekitar kipas.

Berikut ini langkah perbaikannya :

  • Buka dan lepaskan box freezer untuk melihat kondisi kipas evaporator
  • Bersihkan kipas dan ruangan di sekitarnya dari kotoran dan bunga es yang menghambat putaran kipas
  • Lepaskan kipas dan periksa kumparannya menggunakan multimeter, apakah sudah putus atau masih normal
  • Cek kondisi bearing kipas
  • Coba hubungkan kipas secara langsung dengan aliran listrik
  • Pastikan kipas masih dapat berputar dengan normal dan cepat
  • Pasang kembali kipas jika masih dalam kondisi baik

Baca Juga : Perlukah stabilizer untuk kulkas ?

2. Thermostat tidak normal

Thermostat berfungsi untuk mengatur suhu kulkas agar tetap stabil dan konstan. Dalam keadaan normal, setelan medium pada thermostat sudah mampu untuk membuat ruangan freezer beku.

Namun jika meskipun thermostat telah disetel maksimum, suhu di dalam freezer masih kurang dingin, maka kita perlu mencurigai adanya kerusakan pada thermostat pengatur suhu tersebut.

Pos Terkait:  Apa Itu Kulkas Portable ?

Ganti thermostat bila sudah tidak berfungsi normal dengan jenis dan ukuran yang sama agar bisa pas masuk ke house atau rumah thermostat.

3. Sistem defrost tidak bekerja

Pada kulkas 2 pintu telah dilengkapi dengan sistem defrost yang berguna untuk mencairkan bunga es yang terbentuk disekitar freezer. Apabila defrost tidak bekerja maka sering menyebabkan munculnya bunga es yang menumpuk di sekitar evaporator dan ruangan freezer.

Tumpukan bunga es ini sering menghambat kipas evaporator. Sehingga evaporator tidak dapat berputar menghembuskan udara dingin ke freezer.

  • Cek kondisi thermofuse atau sensor dingin heater menggunakan multimeter
  • Dalam kondisi normal, relai di dalam thermofuse akan terhubung ketika terkena suhu dingin
  • Celupkan thermofuse ke air es yang dingin, kemudian ukur menggunakan multimeter pada skala Ohm.
  • Jika jarum tidak bergerak, maka thermofuse sudah rusak
  • Cek kondisi heater dengan cara menghubungkan langsung ke aliran listrik
  • Apabila heater masih bisa panas dengan normal, maka heater masih berfungsi dengan baik
Fungsi defrost pada kulkas

Baca Juga : Cek penyebab lampu kulkas mati

4. Aliran gas freon terhambat

Penyebab kulkas 2 pintu dingin tapi tidak belu lainnya adalah karena aliran gas freon di dalam sistem pendingin tidak lancar.

Pos Terkait:  Ini Jawaban, Listrik Kulkas Berapa Watt ?

Freon merupakan zat pendingin atau refrigerant yang berperan untuk menyerap suhu panas di dalam ruangan kulkas. Gas ini bersirkulasi di dalam sistem pendingin kulkas secara terus menerus untuk menjaga agar suhu kulkas tetap stabil.

Jika aliran gas freon terhambat atau macet, dapat menyebabkan mesin pendingin kulkas tidak bisa menghasilkan suhu dingin yang optimal.

Penyebab aliran gas freon tidak lancar biasanya karena ada kerak atau kotoran yang menumpuk di dalam saluran pipa kapiler pendingin.

Cara mengatasinya adalah anda harus melakukan flushing atau pembersihan saluran pipa pendingin menggunakan cairan pembersih dan pompa tekanan.

5. Kerja kompresor sudah lemah

Kondisi kompresor yang sudah lemah juga bisa menjadi faktor penyebab kulkas 2 pintu tidak bisa beku pada ruangan freezernya. Kompresor kulkas yang lemah membuat tekanan gas freon berkurang, sehingga sirkulasinya tidak lancar.

Cek kondisi ampere kompresor menggunakan tang ampere pengukur arus listrik. Pastikan agar arus yang mengalir ke kompresor sesuai standar.

Periksa juga kondisi tekanan gas freon apakah normal sesuai standar atau tidak. Jika tekanan gas kecil, kadang bisa juga disebabkan oleh kerja kompresor kulkas yang mulai lemah.

Baca Juga : Cara kerja kompresor kulkas

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulkas 2 pintu dingin tapi tidak beku. Berdasarkan pengalaman, kerusakan seperti ini banyak disebabkan oleh sistem defrost yang tidak bekerja dengan benar. Sehingga menimbulkan penumpukan bunga es pada area evaporator.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *