Fungsi Fuse Pada Kulkas 2 Pintu Dan Cara Kerjanya

Posted on

Penjelasan fungsi fuse pada kulkas 2 pintu – Fuse atau thermo fuse merupakan salah satu komponen pengaman pada kulkas 2 pintu. Komponen ini menjadi bagian dari sistem defrost yang hanya ada pada kulkas dua pintu.

Fungsi dari defrost adalah untuk mencegah munculnya bunga es pada ruangan freezer lemari es atau kulkas 2 pintu. Kita tidak menemukan sistem ini pada kulkas 1 pintu. Karena itu tidak jarang kita temui timbunan bunga es di dalam freezer kulkas 1 pintu tersebut.

Defrost pada pada kulkas menggunakan elemen pemanas atau heater untuk mencairkan lapisan bunga es yang muncul pada freezer. Kerja heater ini dikendalikan oleh thermostat yang akan mengatur kapan waktunya heater menyala atau mati.

Ini fungsi fuse pada kulkas 2 pintu

Fungsi utama fuse pada kulkas 2 pintu adalah untuk memutuskan aliran listrik ke heater ketika suhu heater telah mencapai 70 °C. Jika tidak ada thermo fuse maka suhu heater akan terus meningkat sehingga bisa merusak komponen kulkas yang lainnya.

Peningkatan suhu heater dapat terjadi jika ada kerusakan pada thermostat atau timer defrost. Akibat kerusakan ini, thermostat akan menghubungkan arus listrik secara terus menerus ke heater yang akhirnya dapat menyebabkan heater makin panas.

Pos Terkait:  Pengertian Kulkas Inverter, Harga Dan kelebihannya

Baca Juga : Fungsi dan cara kerja thermostat

Dengan adanya thermo fuse, peningkatan suhu heater secara terus menerus akan dapat dicegah sehingga tidak sampai membuat kerusakan.

Bentuk fuse kulkas 2 pintu

Fungsi fuse pada kulkas 2 pintu

Fuse atau thermo fuse kulkas 2 pintu mempunyai bentuk yang sederhana karena hanya terdiri dari bimetal dan terminal 2 buah kabel. Bimetal di dalam thermo fuse memiliki karakteristik yang mudah berubah bentuk apabila terpapar oleh suhu panas.

Perubahan bentuk bimetal ini akan mempengaruhi kontak antara kedua terminal kabel tersebut. Jadi dapat dikatakan, thermo fuse pada dasarnya adalah sebuah saklar yang diaktifkan oleh perubahan suhu yang diterimanya.

Bentuk dan susunan terminal kabel thermo fuse berbeda beda sesuai dengan merk dan tipe kulkas. Namun demikian sebenarnya memiliki cara kerja yang sama.

Baca Juga : Ini penyebab kulkas tidak bisa bisa buat es batu

Cara kerja thermo fuse

Diagram kulkas 2 pintu

Umumnya thermo fuse yang digunakan pada pengaman sistem defrost adalah yang mempunyai batas maksimum suhu 70 °C atau 85 °C . Artinya, jika thermo fuse mendeteksi peningkatan suhu heater melebihi batas maksimum suhu fuse, maka fuse akan memutuskan aliran listrik ke heater. Sehingga peningkatan suhu heater dapat dicegah.

Pos Terkait:  Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Letak thermo fuse biasanya menempel pada heater defrost agar memungkinkan dapat mendeteksi suhu heater dengan baik.

Cara kerja thermo fuse pada kulkas 2 pintu adalah sebagai berikut :

  • Ketika thermostat mendeteksi suhu kulkas telah mencapai tingkat suhu dingin yang diatur, maka thermostat akan memutuskan arus listrik ke kompresor dan memindahkan ke sistem defrost.
  • Jika thermo defrost mendeteksi suhu freezer yang sangat dingin, biasanya -13 °C, maka timer defrost akan mengalirkan arus listrik ke heater defrost untuk memanaskan ruangan freezer agar tidak terbentuk bunga es.
  • Dalam keadaan normal, aliran arus listrik ke heater akan terputus jika suhu freezer mulai naik karena ada sensor thermo defrost.
  • Namun jika thermostat atau sensor thermo defrost mengalami kerusakan, maka peningkatan suhu pada heater akan terjadi terus menerus.
  • Ketika suhu heater telah mencapai 70 °C, maka thermo fuse akan memutus aliran listrik ke heater. Dengan begitu peningkatan suhu tinggi dapat dicegah.

Dengan kata lain, fungsi thermo fuse pada kulkas 2 pintu adalah sebagai pengaman jika terjadi kerusakan pada thermostat. Demikian penjelasan fungsi dari fuse ini. Semoga bbermanfaat.

Pos Terkait:
Pos Terkait:  Ukuran Kulkas LG 2 Pintu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *