Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Posted on

Gejala kerusakan kulkas sharp tidak dingin banyak terjadi pada kulkas yang telah berusia lama, sekitar 5 tahun lebih. Umumnya disebabkan oleh gas freon dalam sistem pendingin kulkas yang habis atau berkurang akibat ada kebocoran pipa pendingin.

Gas freon merupakan jenis zat refrigerant yang banyak dipakai pada mesin pendingin seperti kulkas atau lemari es. Karena sifatnya yang berupa gas dan memiliki tekanan tinggi, maka ketika ada lubang yang kecil sekali pun pada jaringan pipa pendingin bisa menimbulkan kebocoran gas freon kulkas.

Selain disebabkan karena freon kulkas habis, lemari es sharp yang tidak bisa dingin juga dapat diakibatkan oleh adanya kerusakan pada komponen pendingin lainnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Penyebab kulkas sharp tidak dingin

Kulkas sharp tidak dingin

1. Gas freon habis

Kendala kerusakan kulkas tidak dingin karena kehabisan gas freon biasanya menimpa pada kulkas yang sudah lama pemakaiannya dan ada kebocoran kecil pada pipa pendingin. Kebocoran pipa pendingin bisa terjadi pada kondensor, evaporator maupun pada pipa kapiler yang menghubungkan kondensor dengan evaporator.

Lubang pada evaporator bisa terjadi karena tertusuk logam tajam saat anda membersihkan ruangan freezer dari bunga es. Sementara kebocoran pada kondensor biasanya disebabkan karena korosi yang sudah parah pada pipa kondensor.

Pos Terkait:  Cara membuang Air Di Belakang Kulkas LG Dengan Mudah

Untuk mengatasinya anda perlu mencari sumber kebocoran pada jaringan pipa pendingin kulkas, mulai dari evaporator, kondensor hingga pipa kapiler.

2. Thermostat kulkas rusak

Penyebab berikutnya yang dapat membuat kulkas sharp tidak dingin adalah karena kerusakan pada thermostat kulkas. Sehingga kompresor tidak dapat bekerja dengan baik.

Thermostat pada kulkas berfungsi untuk mengatur dan menjaga agar suhu di dalam kulkas tetap dingin. Caranya adalah dengan mendeteksi perubahan suhu kulkas.

Jika Suhu didalam kulkas meningkat dari suhu kulkas yang sudah ditetapkan, maka thermostat akan menggerakkan kompresor agar beroperasi untuk mensirkulasikan gas freon. Sirkulasi gas freon di dalam sistem pendingin kulkas ini dapat mendinginkan kembali ruangan kulkas.

Ketika thermostat tidak bekerja karena rusak, maka mekanisme pemicu untuk menggerakkan kompresor kulkas tidak berjalan. Sehingga kompresor tidak mau beroperasi meskipun suhu di dalam kulkas tidak dingin.

3. Gas freon tersumbat

Idealnya, gas freon harus bisa bersirkulasi dengan lancar di dalam jaringan pipa pendingin kulkas. Sirkulasi aliran gas freon ini akan menyerap suhu panas di dalam ruangan kulkas dan dibuang keluar oleh kondensor.

Jadi jika terjadi kendala pada aliran gas freon, maka akan menyebabkan proses pendinginan suhu di dalam kulkas terganggu. Akibatnya kulkas menjadi tidak bisa dingin seperti biasanya.

Sumbatan pada pipa pendingin kulkas biasanya terjadi karena adanya kotoran atau kerak sisa korosi pipa yang bertumpuk di dalam saluran.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es batu

Untuk memperbaikinya anda perlu melakukan flushing atau pembersihan saluran evaporator dan kondesor menggunakan cairan pembersih khusus bertekanan tinggi.

4. Kipas evaporator rusak

Pada jenis kulkas sharp 2 pintu dilengkapi dengan kipas evaporator yang diletakkan di belakang freezer. Kipas atau fan evaporator ini berfungsi untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan oleh evaporator ke freezer dan seluruh ruangan di dalam kulkas.

Jika kipas evaporator tidak berputar, maka aliran udara dingin tidak dapat mengalir ke ruangan kulkas. Sehingga kulkas menjadi tidak dingin atau kurang dingin.

Kipas evaporator tidak berputar dapat disebabkan karena kumparan motor kipas terbakar atau kabel arus listrik yang menuju ke kipas terputus.

Selain itu, seringkali ditemukan kerusakan kipas evaporator tidak berputar karena disebabkan oleh penumpukan bunga es disekitar kipas. Sehingga membuat putaran kipas macet.

5. Kompresor rusak

Penyebab terakhir yang juga dapat menimbulkan gejala kerusakan kulkas sharp tidak dingin adalah kompresor kulkas tidak bekerja.

Dalam keadaan normal, kompresor kulkas akan beroperasi dan standby secara bergantian yang dikendalikan oleh thermostat. Sehingga terkesan kompresor kadang bunyi kadang tidak.

Namun jika seharian kompresor tidak bunyi dan suhu di dalam kulkas tidak dingin, ini menandakan terjadi kerusakan pada kompresor kulkas.

Kerusakan kompresor kulkas bisa disebabkan karena overload atau relay ptc yang tidak berfungsi. Atau bisa juga karena kumparan kompresor terbakar karena beban yang berlebihan.

Kulkas sharp tidak dingin bagian bawah

Kerusakan kulkas sharp tidak dingin bagian bawah terjadi pada jenis kulkas 2 pintu. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh tidak bekerjanya sistem defrost kulkas.

Pos Terkait:  Kode Error Kulkas Samsung Inverter

Sistem defrost kulkas berfungsi untuk mencairkan bunga es yang muncul di freezer. Sehingga ruangan freezer kulkas akan terbebas dari lapisan bunga es yang menumpuk.

Apabila sistem defrost kulkas tidak bekerja, maka akan timbul penumpukan bunga es di area evaporator kulkas. Sehingga mengakibatkan aliran udara dingin dari evaporator tidak berjalan maksimal.

Penyebab kulkas sharp tidak dingin bagian bawah

Berikut ini penjelasan kenapa sistem defrost kulkas sharp tidak bekerja :

1. Heater mati

Heater merupakan elemen pemanas pada kulkas yang berfungsi untuk mencairkan bunga es yang muncul di sekitar pipa evaporator kulkas. Letak heater biasanya di bawah pipa evaporator.

Kerusakan heater pada kulkas biasanya berupa elemen putus karena terbakar.

2. Sensor defrost rusak

Sensor defrost berguna untuk mendeteksi suhu pada evaporator kulkas agar tidak terlalu dingin. Ketika suhu kulkas sangat dingin dan menyebabkan munculnya bunga es, maka defrost akan aktif dan menyalakan heater untuk mencairkan bunga es pada evaporator.

Kerusakan pada sensor defrost umumnya ditandai dengan munculnya penumpukan bunga es pada pipa evaporator.

3. Timer kulkas error

Selain oleh defrost, kerja elemen pemanas atau heater kulkas juga dikendalikan oleh timer kulkas. Setiap 7 atau 8 jam sekali timer kulkas akan menyalakan heater kulkas untuk mencegah munculnya penumpukan bunga es pada freezer.

Timer error sering menyebabkan heater tidak bekerja, sehingga terjadi penumpukan bunga es.

Demikian penjelasan kenapa kulkas sharp tidak dingin. Sebaiknya anda segera membawa kulkas atau lemari es anda ke jasa service kulkas agar diperbaiki. Sehingga kulkas anda kembali normal seperti biasanya.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *