8 Penyebab Freezer Tidak Beku [Kulkas Tidak Beku]

Posted on

Pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab freezer tidak beku pada jenis kulkas 1 pintu dan kulkas 2 pintu.

Freezer merupakan salah satu ruangan atau box yang ada di dalam kulkas yang memiliki suhu paling dingin. Biasanya box freezer kulkas terletak di bagian paling atas dengan volume yang lebih kecil.

Suhu rata rata freezer yang direkomendasikan adalah minus 18 derajat celsius. Karena itu freezer menjadi tempat khusus untuk membekukan bahan makanan atau untuk membuat es krim dan es batu.

Berapa lama freezer box membeku

Freezer tidak beku

Tiap produk kulkas memiliki durasi waktu maksimum yang berbeda hingga freezer menjadi dingin atau membeku. Umumnya kulkas membutuhkan waktu 3 jam sampai 5 jam untuk mencapai suhu dingin yang optimal.

Durasi waktu ini akan lebih lama lagi jika anda sering membuka pintu kulkas.

Jika dalam durasi waktu hingga 5 jam freezer kulkas tidak beku, maka kemungkinan ada kendala yang terjadi pada mesin pendingin kulkas anda. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab freezer box tidak dingin.

Masalah freezer kulkas tidak dingin

Penyebab utama freezer tidak dingin pada kulkas 1 pintu dan 2 pintu adalah biasanya karena gas freon kulkas habis. Hal ini bisa terjadi karena ada kebocoran gas freon pada sistem pendingin kulkas.

Pos Terkait:  Apa Itu Kulkas Portable ?

Selain karena volume gas freon yang mulai berkurang, ada beberapa faktor lain yang dapat mengakibatkan suhu di dalam freezer tidak dingin.

Baca Juga : Perlukan stabilizer untuk kulkas ?

Freezer kulkas 1 pintu tidak beku

Beberapa penyebab freezer kulkas 1 pintu tidak bisa beku adalah :

1. Freon bocor

Jika terjadi kebocoran gas freon akan menyebabkan volume gas freon di dalam kulkas menjadi berkurang. Sementara gas freon merupakan zat utama yang berfungsi untuk menghasilkan hawa dingin di dalam freezer.

Kebocoran gas freon dapat terjadi pada evaporator dan kondensor serta jaringan pipa kapiler kulkas. Penyebabnya bisa karena korosi atau tertusuk benda tajam.

2. Freon mampet

Penyebab freezer kulkas tidak beku karena gas freon mampet sering dialami pada kulkas yang telah berusia lama. Kotoran dan kerak pada saluran pipa pendingin menyebabkan munculnya sumbatan sehingga membuat aliran freon menjadi tidak lancar.

Untuk mengatasi ini, anda mesti membersihkan sumbatan yang ada didalam pipa pendingin menggunakan cairan pembersih khusus yang dimasukkan menggunakan tekanan pompa atau kompresor.

3. Kondensor kulkas kotor

kondensor pada kulkas berfungsi untuk membuang panas pada gas freon. Ketika bersirkulasi di dalam sistem pendingin, freon akan menyerap suhu panas yang ada di dalam kulkas dan membuangnya keluar.

Pembuangan panas pada freon terjadi didalam jaringan pipa kondensor kulkas. Jika kondisi kondensor kulkas kotor maka pembuangan panas pada freon tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga pendinginan pada freezer kurang optimal.

Pos Terkait:  Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin

4. Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Pintu kulkas didesain agar dapat menutup dengan rapat. Tujuannya adalah untuk mengisolasi ruangan di dalam kulkas dari pengaruh udara luar kulkas yang panas.

Jika pintu kulkas tidak rapat dapat menyebabkan udara luar akan masuk ke dalam ruangan pendingin kulkas. Akibatnya bagian dalam kulkas tidak dingin meskipun kompresor masih bekerja dengan normal.

Penyebab pintu kulkas tidak tertutup rapat paling sering terjadi karena karet pelapis pintu yang sudah rusak atau sobek.

pintu kulkas tidak rapat

5. Thermostat kulkas rusak

Thermostat kulkas berfungsi sebagai pengatur suhu freezer kulkas. Kita dapat mengatur suhu kulkas sesuai dengan kebutuhan dengan cara memutar knop yang ada pada thermostat.

Jika thermostat rusak maka sistem pendingin tidak dapat mengatur suhu freezer dengan benar. Coba anda lepas dan periksa thermostat untuk mengetahui kondisinya.

6. Kompresor tidak bekerja

Kerusakan kulkas karena kompresor yang tidak bekerja atau rusak dapat diketahui dari ciri kulkas tidak bunyi.

Dalam keadaan normal, kulkas kadang mengeluarkan bunyi yang berasal dari putaran kipas atau kompresor kulkas. Namun jika anda tidak mendengarkan bunyi kompresor pada kulkas, maka kemungkinan ada masalah pada kompresor kulkas.

Penyebab kompresor kulkas tidak bekerja bisa karena relay yang rusak atau karena overload kulkas yang tidak normal. Penyebab paling parah adalah kumparan pada kompresor kulkas terbakar atau putus.

Baca Juga : Cek berapa watt kulkas di rumah anda

Freezer kulkas 2 pintu tidak beku

Penyebab umum dari kerusakan freezer tidak beku pada jenis kulkas 2 pintu sama saja dengan yang terjadi pada kulkas 1 pintu. Hanya ada beberapa faktor tambahan lain yang dapat menyebabkan freezer kulkas 2 pintu tidak dingin :

Pos Terkait:  8 Penyebab Kompresor Hidup Tapi Tidak Dingin

1. Kipas evaporator mati

Tidak seperti kulkas 1 pintu, letak evaporator pada kulkas 2 pintu terpisah dari ruangan atau box freezer. Hawa dingin yang dihasilkan oleh evaporator dihembuskan ke dalam box freezer oleh kipas kecil yang ada di belakang box freezer.

Jika kipas evaporator ini mati atau mengalami kendala, maka udara dingin yang dihasilkan oleh pipa evaporator tidak sampai ke dalam ruangan freezer.

2. Evaporator penuh dengan bunga es

Penyebab terakhir kenapa freezer tidak beku pada kulkas 2 pintu adalah karena terjadi penumpukan bunga es.

Pada setelan suhu kulkas yang sangat dingin, biasanya akan terbentuk bunga es pada area pipa evaporator. Munculnya bunga es yang makin banyak akan menutupi semua pipa evaporator, sehingga udara dingin dari evaporator tidak dapat dialirkan secara maksimal ke dalam freezer.

Pada kulkas 2 pintu, penumpukan bunga es terjadi karena disebabkan oleh sistem defrost kulkas yang tidak bekerja. Penyebabnya bisa karena heater, sensor defrost atau timer yang rusak.

Freezer tidak beku merata

Gejala lain yang berhubungan dengan proses pembekuan pada freezer box adalah freezer tidak beku merata atau hanya beku saja sebagian. Sementara di sisi lain freezer tidak terlihat adanya air atau bunga es yang terbentuk.

Kerusakan seperti ini sering terjadi karena adanya kotoran yang menyumbat pipa evaporator. Ini banyak dialami pada kulkas 1 pintu. Dimana pipa evaporatornya menyatu dengan box freezer.

Selain karena ada sumbatan pada pipa evaporator, kebocoran kecil pada pipa evaporator juga bisa menyebabkan freezer tidak beku sebagian. Kebocoran kecil ini lama kelamaan akan membuat gas freon kulkas habis sehingga freezer tidak akan dingin.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *