Satelit k vision

Satelit K Vision Ku Band dan C Band 2023

Posted on
Satelit k vision

Di artikel ini saya akan memberikan update frekuensi satelit k vision c band dan ku band terbaru tahun 2022. K Vision merupakan salah satu provider layanan tv berbayar yang cukup banyak penggunanya.

Apalagi di tengah pelaksanaan program peralihan tv analog ke digital, banyak masyarakat yang akhirnya berlaih menggunakan tv parabola k vision dibandingkan harus membeli perangkat tv digital.

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh tv parabola jika dibandingkan dengan jenis tv digital siaran terrestial atau tv uhf. TV parabola mempunyai lebih banyak channel baik nasional maupun daerah.

Selain itu sinyal yang diterima pun lebih stabil karena didukung oleh perangkat anetna parabola yang memiliki daya penguatan sinyal yang tinggi.

Tentang k vision

Diantara banyak penyedia layanan jasa tv kabel, k vision nampaknya provider yang mempunyai jumlah pelanggan lebih banyak. Terlebih setelah tv berbayar ini dikelola oleh perusahaan media raksasa mnc group.

Di bawah naungan mnc group, k vision yang sebelumnya miliki gramedia kompas group ini terus berbenah diri untuk meningkatkan kualitas layannya. Diantaranya adalah dengan menghadirkan penawaran paket siaran tv dengan harga bersaing yang diisi oleh channel k vision premium pilihan.

Pos Terkait:  Cara Pasang parabola Mini K Vision (Panduan Untuk Pemula)

Hingga saat ini, pelannggan k vision tersebar hampir di semua wilayah Indonesia, terutama di daerah yang belum terjangkau oleh siaran tv analog.

Untuk mendapatkan siaran k vision, pelanggan bisa mengakses frekuensi transponder melalui satelit k vision baik di c band maupun ku band. Dengan adanya akses satelit c band dan ku band, pengguna k vision diberi keleluasaan untuk menggunaka perangkat antena parabola.

Bagi pelanggan yang hendak menggunakan antena parabola mini, bisa mengakses satelit k vision yang mempunyai spektrum sinyal ku band di measat 3a. Sedangkan bagi Anda pelanggan k vision yang memiliki parabola besar, bisa menerima siaran k vision dari satelit telkom 4 c band.

Frekuensi satelit k vision

K vision menempatakan frekuensi siarannya pada unit transponder di satelit yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya :

K Vision Ku band

Untuk frekuensi k vision ku band, provider ini menempatkannya pada satelit measat 3a. Satelit ini adalah kepunyaan negara Malaysia dan mengorbit di area sekitar sebelah barat pulau Sumatera.

Untuk mendapatkan sinyal dari satelit measat 3a ku band Anda tidak perlu memakai parabola dengan ukuran yang besar. Dengan parabola mini ukuran diameter 45 cm pun sudah bisa mendapatkan sinyal dari satelit k vison ini.

Pos Terkait:  Paling Mudah, Cara Beli Paket Cling K Vision

Hal ini dikarenakan daya pancar transponder k vision ku band pada satelit ini cukup besar. Receiver k vision yang bisa digunakan untuk menangkap frekuensi ini adalah jenis receiver k vision Cartenz k2000 dan sejenisnya.

Di satelit measat 3a, k vision mempunyai 2 unit transponder dengan frekuensi yang berbeda. Anda harus memasukan kedua frekuensi transponder tersebut agar dapat melihat siaran k vision secara lengkap.

Berikut ini adalah frekuensi k vision yang ada di satelit measat ku band :

Data SatelitKeterangan
Nama SatelitMeasat 3a
Frekuensi12396
PolaritasHorizontal (H)
Symbol Rate31000
Format SiaranDVB-S2 MPEG 4 / SD
Data SatelitKeterangan
Nama SatelitMeasat 3a
Frekuensi12436
PolaritasHorizontal (H)
Symbol Rate31000
Format SiaranDVB-S2 MPEG 4 / SD

Satelit k vision C band

Selain di frekuensi ku band, k vison pun menghadirkan siarannya melalui spektrum frekuensi c band. Frekuensi k vision c band dikenal memiliki kestabilan yang baik dalam mengahdapi cuaca buruk, seperti hujan maupun mendung tebal.

Untuk bisa mendapatkan frekuensi k vision c band, Anda pelanggan k vision harus menggunaka jenis parabola dengan diameter yang lebih besar. Meskipun harganya lebih mahal, namun ini sebanding dengan kualitas sinyal k vision yang bisa diterima lebih baik dan stabil.

Pos Terkait:  Frekuensi Indosiar K Vision Terbaru

Frekuensi k vision c band berada di satelit telkom 4. Satelit ini merupakan milik pemerintah Indonesia yang dikendalikan oleh perusahaan Telkom tbk.

Untuk menerima frekuensi k vision c band, pelanggan k vision bisa memakai jenis receiver k vision bromo c2000 atau k vision Gol, seperti Optus HD, Garmedia dan lgsat star.

Berikut ini adalah data lengkap frekuensi transponder k vision yang ada di telkom 4 :

Data SatelitKeterangan
Nama SatelitTelkom 4
Frekuensi3860
PolaritasVertikal (V)
Symbol Rate31000
Format SiaranDVB-S2 MPEG 4 / SD
Data SatelitKeterangan
Nama SatelitTelkom 4
Frekuensi4060
PolaritasVertikal (V)
Symbol Rate31000
Format SiaranDVB-S2 MPEG 4 / SD

Garis bujur satelit k vision

Letak garis bujur satelit k vision c band

Garis bujur atau titik koordinat untuk kedua satelit k vision berbeda. Untuk satelit measat 3a yang mentransmisikan frekuensi k vision ku band, berada pada titik 91.2°E. Posisi ini berada di bagian barat pulau Sumatera.

Jika Anda berada di bagian timur Indonesia, arah antena k vision akan sangat condong ke barat karena letaknya sudah sangat jauh.

Sementara itu garis bujur k vision c band yang ada di telkom 4 berada pada posisi 108.0°E. Titik ini ada di area sekitar sebelah barat pulau Kalimantan.

Cara menambah satelit di k vision

Berikut ini adalah panduan menambahkan satelit baru ke daftar satelit di receiver k vision :

  • Tekan tombol menu pada remote
  • pilih menu instalasi
  • Tekan tombol tambah satelit
  • Masukkan nama satelit k vision dan garis bujurnya
  • Tekan tombol exit
  • Simpan pengaturan
Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *