Memperbaiki Kulkas LG Bawah Tidak Dingin

Posted on

Kulkas LG bawah tidak dingin biasanya disebabkan oleh sistem defrost yang tidak berfungsi dengan baik. Kerusakan seperti ini bukan hanya dialami oleh lemari es LG saja. Menurut pengalaman, beberapa merk kulkas pintu lain pun kerap mengalaminya.

Kulkas LG bawah tidak dingin

Kerusakan bagian bawah kulkas tidak dingin umumnya tidak termasuk kerusakan parah yang memerlukan biaya besar. Karena kerusakan ini tidak mempengaruhi sistem pendingin kulkas.

Kulkas masih dapat menghasilkan suhu dingin seperti biasanya. Di ruangan freezer pun suhu masih normal dan dapat membuat es. Hanya saja suhu dingin ini tidak mengalir ke bagian bawah kulkas.

Apa itu sistem defrost ?

Sistem defrost biasanya ada pada kulkas lg 2 pintu dan semua kulkas merk lainnya. Sistem defrost berfungsi untuk mencairkan bunga es yang terbentuk pada evaporator atau ruangan freezer secara otomatis.

Komponen utama dari sistem defrost kulkas adalah heater atau elemen pemanas yang digunakan untuk memanasi evaporator sehingga tidak terbentuk bunga es.

Defrost kulkas terdiri dari : heater, timer dan sensor defrost. Jika salah satu dari ketiga komponen diatas mengalami kerusakan, maka pencairan bunga es tidak dapat berlangsung. sehingga lapisan bunga es akan menutupi area evaporator.

Pos Terkait:  Perlukah Stabilizer Untuk Kulkas ?

Area evaporator kulkas yang tertutup oleh bunga es akan menyebabkan sirkulasi udara dingin di dalam kulkas tidak berjalan. Kondisi akan mengakibatkan udara dingin tidak dapat mengalir ke bagian bawah kulkas. Sehingga bagian bawah kulkas LG tidak dingin.

Penyebab kulkas LG 2 pintu bawah tidak dingin

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, secara umum kerusakan kulkas lg 2 pintu bawah tidak dingin atau jenis kulkas lainnya dengan gejala yang sama itu disebabkan oleh sitem defrost yang tidak berfungsi dengan baik.

Karena itu, untuk mengatasi masalah kulkas lg bawah tidak dingin, Anda mesti memeriksa setiap komponen yang ada pada sistem defrost kulkas.

Berikut ini komponen defrost yang harus anda periksa untuk mencari penyebab kenapa kulkas LG tidak dingin pada ruangan bagian bawah.

1. Timer kulkas rusak

Penyebab kulkas lg 2 pintu bawah tidak dingin yang pertama adalah kerusakan pada bagian timer kulkas. Timer ini hanya terdapat pada kulkas 2 pintu saja, sementara pada jenis kulkas 1 pintu tidak ada.

Timer kulkas berfungsi untuk mengatur waktu operasi sistem defrost. Biasanya timer defrost akan bekerja tiap 6 atau 8 jam sekali untuk mencairkan bunga es yang muncul pada evaporator.

Pos Terkait:  Penjelasan Cara Kerja Kompresor Kulkas

Letak timer kulkas berada di bagian belakang kulkas dekat mesin kompresor kulkas. Biasanya terdapat knop pengatur kecil yang dapat diputar untuk mengatur putaran timer.

Kerusakan timer dapat berupa kumparan di dalam timer putus atau switch kontak timer kotor sehingga mengalangi aliran arus listrik.

Coba putar timer ke kanan dan lihat pada lubang kecil apakah gear di dalam timer berputar atau tidak. Bila gear tidak berputar kemungkinan timer kulkas rusak. anda perlu menggantinya dengan yang baru.

timer kulkas

2. Sensor defrost putus

Sensor defrost pada kulkas berada pada jaringan pipa evaporator di belakang freezer. Fungsi komponen ini adalah untuk mendeteksi suhu pada evaporator agar tidak terlalu dingin.

Sensor defrost akan menghubungkan arus listrik dari timer ke heater jika suhu di dalam ruangan evaporator sangat dingin. Hal ini untuk mencegah terjadinya penumpukan bunga es.

Jika sensor defrost tidak bekerja karena putus, maka dapat menyebabkan heater tidak bisa menerima arus listrik. Akibatnya suhu pada evaporator akan semakin dingin dan menyebabkan munculnya bunga es.

sensor defrost

3. Thermofuse terbakar

Komponen fuse thermofuse menyatu di dalam sensor defrost. Fungsinya adalah untuk mencegah panas berlebih pada evaporator.

Pos Terkait:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es batu

Ketika heater menyala, panas yang dihasilkan oleh elemen heater akan memanasi ruangan evaporator untuk mencairkan bunga es yang muncul. Makin lama ruangan evaporator akan makin panas meskipun bunga es telah mencari semuanya.

Agar panas heater tidak menyebabkan kerusakan pada komponen lain, dipasang thermofuse atau thermis. Thermofuse akan memutuskan aliran arus listrik ke heater ketika suhu pada ruangan evaporator mencapai 70°C.

4. Heater putus terbakar

Komponen terkahir pada sistem defrost kulkas yang bisa menyebabkan kerusakan kulkas lg bawah tidak dingin adalah heater bermasalah.

Heater merupakan elemen pemanas yang terletak pada bagian bawah pipa evaporator. Fungsi utama heater adalah untuk menghasilkan panas yang akan mencairkan bunga es pada ruangan di area evaporator.

Operasional heater dikendalikan oleh timer kulkas dan sensor defrost.

Kerusakan pada heater dapat menyebabkan kulkas LG bagian bawah tidak dingin.

Kesimpulan

Penyebab utama kulkas lg bawah tidak dingin umumnya adalah karena munculnya bunga es yang menumpuk di area pipa evaporator. Kondisi penumpukan bunga es ini menyebabkan kuantitas udara dingin yang mengalir ke bawah menjadi berkurang, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Penumpukan es pada area pipa evaporator terjadi karena sistem defrost tidak bekerja normal. Kerusakan ini terjadi karena ada salah satu komponen defrost yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *