Suhu Normal Kulkas 1 Pintu

Posted on

Mungkin banyak di antara ibu rumah tangga yang bertanya tanya, berapa sih suhu normal kulkas 1 pintu ? Apakah setelan suhu kulkas yang selama ini dipakai sudah tepat dan sesuai dengan standar kesehatan ?

Mengatur suhu kulkas atau lemari es yang tepat akan menjaga bahan makanan yang kita simpan di dalam kulkas tetap terjaga kualitasnya dan kesegarannya. selain itu, dengan mengatur suhu normal kulkas sesuai dengan standar kesehatan dapat menghindarkan kita dari bahaya terkena paparan bakteri dan sumber penyakit lainnya.

Kulkas merupakan perangkat pendingin modern yang berguna untuk menyimpan bahan makanan dan minuman kita. Pengaturan suhu kulkas yang tepat makanan yang kita simpan tetap terjaga dari munculnya bakteri penyakit dan perubahan rasa makanan.

Suhu normal kulkas 1 pintu

Saat suhu kulkas meningkat diatas suhu idealnya, maka bakteri dan jamur akan tumbuh dan mencemari makanan yang kita simpan di kulkas. Karena itu mengatur suhu kulkas yang normal dan sesuai standar dapat mencegah berkembangnya organisme parasit penyebab keracunan makanan.

Berapa suhu normal kulkas 1 pintu ?

Menurut panduan badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA), suhu kulkas yang ideal untuk kulkas atau lemari es adalah maksimum 4°C. Sementara itu untuk suhu normal freezer adalah dibawah -18°C .

Pos Terkait:  Penjelasan Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Pada penerapan sehari hari, usahakan suhu kulkas berada di antara 1 hingga 3°C atau mendekati titik beku. Hal ini untuk menjaga agar bakteri penyebab penyakit tidak dapat berkembang biak. Selain itu, mengatur suhu kulkas hingga ke titik 0 akan mengurangi kualitas makanan anda.

Mengatur suhu kulkas diatas 4°C akan menyebabkan bakteri dapat berkembang biak sehingga akan mengakibatkan makanan anda cepat rusak. Selain itu anda akan terancam oleh bakteri penyebab sakit, seperti Salmonella dan E Colli.

SuhuKeterangan
> 4°CMemungkinkan berkembangnya bakteri dan jamur pada makanan
4°C Suhu ideal lemari es atau kulkas
1°C – 4 °C Kisaran suhu yang direkomendasikan oleh FDA
< 1 °C Makanan akan mulai membeku

Baca Juga : Cara mengatur suhu kulkas Polytron

Bagaimana cara mengetahui suhu kulkas ?

Cara terbaik untuk mengetahui suhu kulkas yang benar adalah dengan menggunakan termometer suhu. Anda bisa membeli alat pengukur suhu ini dengan harga murah di toko online.

Tempatkan termometer di dalam kulkas selama sekitar 30 menit, kemudian lihat berapa suhu yang ditunjukkan oleh termometer. Cek apakah suhu kulkas anda sudah sesuai dengan suhu ideal yang disarankan. Jika belum sesuai, silahkan anda atur setelan suhu kulkas sehingga kulkas memiliki suhu yang normal.

Pada jenis kulkas 1 pintu umumnya tidak dilengkapi dengan panel display penunjuk suhu kulkas. Selain itu, skala suhu yang tertera pada setelan pengatur suhu kulkas juga tidak menunjukkan informasi suhu yang sebenarnya.

Skala suhu pada pengatur kulkas biasanya hanya menuliskan angka 1 sampai 5 saja yang menunjukkan level suhu dingin yang dapat dicapai oleh kulkas. Akan tetapi kita tidak tahu berapa suhu kulkas yang sebenarnya.

Pos Terkait:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

Karena itu, kita perlu menggunakan alat pengukur suhu termometer untuk mengetahui suhu kulkas yang benar. Sehingga kita dapat melakukan pengaturan suhu kulkas dengan tepat sesuai standar.

Suhu kulkas normal

Bagaimana menjaga suhu kulkas tetap dingin ?

Pada dasarnya di dalam kulkas telah dilengkapi dengan sistem untuk menjaga suhu agar tetap stabil dan konstan. Namun karena perilaku dan ketidak-tahuan kita, terkadang menyebabkan suhu kulkas menjadi tidak normal.

Ada beberapa tips yang berguna dan bisa anda terapkan agar suhu kulkas anda tetap dingin dan sesuai dengan standar kesehatan.

Baca Juga : Cek penyebab kulkas tidak dingin

1. Dinginkan makanan sebelum dimasukkan ke kulkas

Sebaiknya anda menghindari memasukkan makanan panas atau tempat makanan dan minuman yang masih panas ke dalam kulkas. Suhu panas dari makanan tersebut akan dapat meningkatkan suhu ruangan kulkas yang kecil dengan cepat.

Biarkan lebih dulu makanan atau minuman anda agar lebih dingin terkena udara luar, setelah itu anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

2. Cek lapisan karet di sekeliling pintu kulkas

Lapisan karet atau gasket yang dipasang di sekeliling kulkas berfungsi untuk memastikan agar pintu kulkas tertutup dengan rapat. Sehingga ruangan di dalam kulkas dapat terisolasi dari udara luar yang panas.

Kondisi karet pintu kulkas yang sudah aus atau rusak dapat menimbulkan kebocoran udara dingin dari dalam kulkas. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan pendinginan kulkas tidak maksimal.

3. Jangan sering buka tutup kulkas

Setiap kali anda membuka pintu kulkas untuk mengambil makanan atau minuman, udara luar yang panas akan masuk dan meningkatkan suhu kulkas dengan cepat. Kondisi ini tentu akan membuat mesin kulkas bekerja terus menerus untuk menstabilkan suhu kulkas agar normal kembali.

Pos Terkait:  Tips Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Sebaiknya anda tidak sering membuka pintu kulkas terlalu sering agar suhu di dalam kulkas dapat terjaga.

4. Isi kulkas jangan terlalu banyak

Kulkas penuh

Semakin banyak anda mengisi kulkas, maka akan semakin berat mesin kulkas untuk menjaga ruangan kulkas agar tetap dingin. Karena masing masing benda yang anda masukkan ke dalam kulkas akan menyerap suhu dingin yang dihasilkan oleh kulkas.

Karena itu sebaiknya anda mengisi kulkas sesuai dengan kapasitas maksimum kulkas. Atau kalau memungkinkan, anda mengisinya dibawah kapasitasnya. Selain untuk menjaga kulkas tetap dingin, juga turut menghemat pemakaian daya listrik.

Baca Juga : Apa itu kulkas inverter, ini penjelasannya

Tips mengatur suhu normal kulkas 1 pintu

Umumnya kulkas 1 pintu yang banyak dimiliki oleh rumah tangga adalah jenis kulkas standar tanpa dilengkapi dengan petunjuk suhu. Karena itu agar bisa memperoleh suhu kulkas yang ideal, anda perlu menggunakan alat pengukur suhu termometer saat menyetel pengaturan suhu kulkas.

Berikut ini adalah tips mengatur suhu kulkas normal 1 pintu anda :

  • Siapkan termometer suhu untuk mengukur suhu kulkas
  • Tempatkan termometer di dalam kulkas yang sedang digunakan
  • Atur setelan pengatur suhu kulkas pada posisi medium, biasanya angka 3 atau di tengah tengah
  • Biarkan termometer di dalam kulkas selama sekitar 30 menit
  • Ambil termometer dan lihat berapa suhu yang ditunjukkan oleh termometer
  • Pastikan suhu ruangan kulkas anda dibawah 4°C
  • Jika suhu kulkas diatas 4°C , putar pengatur suhu kulkas ke kanan sedikit. Masukkan lagi termometer ke dalam kulkas dan diamkan selama sekitar 20 menit
  • Atur setelan suhu kulkas agar mendapatkan hasil pengukuran suhu di bawah 4°C .
  • Jika sudah tepat tandai skala pengaturan suhu untuk memudahkan anda mengatur suhu kulkas yang standar

Karena kulkas 1 pintu hanya memiliki satu buah pengatur suhu maka, kita tidak perlu mengatur suhu freezer. Cukup berpatokan pada suhu standar kulkas, maka suhu freezer akan jauh di bawah suhu kulkas.

Demikian penjelasan suhu normal kulkas 1 pintu yang perlu anda ketahui. Semoga artikel in bermanfaat untuk anda.

Pos Terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *